Ada dalam Produk Skincare, Ketahui 5 Manfaat Cocoa Butter untuk Remaja

Bagus untuk kulit, bibir, hingga rambut remaja

8 Maret 2021

Ada dalam Produk Skincare, Ketahui 5 Manfaat Cocoa Butter Remaja
Pixabay/Zichrini and Pexels/Cottonbro

Bagi remaja mama yang telah mengenal beragam produk skincare, sepertinya sudah tidak asing lagi dengan cocoa butter. Lemak nabati yang berasal dari biji kakao ini memang sering ditemukan dalam produk perawatan tubuh. 

Misalnya, sabun mandi, sampo, body lotionlip balm, dan produk kecantikan lainnya. Kandungan cocoa butter dalam skincare bermanfaat untuk menjaga kulit, bibir, dan rambut tetap lembut.  

Cocoa butter juga kaya akan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Lebih lanjut, berikut Popmama.com berikan manfaat cocoa butter yang perlu diketahui remaja.

1. Sumber antioksidan yang baik

1. Sumber antioksidan baik
Pixabay/Deedee86

Cocoa butter termasuk salah satu sumber antioksidan yang sangat kaya. Antioksidan ini dapat membantu memerangi radikal bebas dan membantu menyelamatkan kulit dari tanda-tanda penuaan. 

Jadi, menggunakan skincare yang mengandung cocoa butter bisa menjaga kulit tetap sehat. Nutrisi dalam cocoa butter dapat membuat kulit tetap kencang, terhindar dari kerutan, maupun flek hitam. 

Editors' Picks

2. Membuat bibir lebih lembap dan lembut

2. Membuat bibir lebih lembap lembut
Pixabay/silviarita

Terkadang, bibir kering dan pecah-pecah merupakan masalah bagi remaja. Dalam mengatasinya, Mama bisa merekomendasikan remaja sebuah produk lip balm yang mengandung cocoa butter.

Cocoa butter memiliki kemampuan untuk melembapkan dan melembutkan sehingga bibir tampak lebih sehat. Gunakanlah secara rutin agar bibir remaja mama terhindar dari pecah-pecah, kering, atau kasar. 

3. Mampu merawat kulit yang sensitif

3. Mampu merawat kulit sensitif
Pixabay/chezbeate

Apabila remaja mama memiliki jenis kulit sensitif, menggunakan produk skincare yang mengandung cocoa butter mungkin akan cocok untuk mereka. Hal ini karena cocoa butter dapat merawat kulit yang sensitif.

Produk skincare, seperti krim pelembap atau body lotion dengan cocoa butter di dalamnya akan menenangkan kulit sensitif sehingga lebih lembap dan kenyal. Selain itu, dapat melindungi kulit dari panas matahari, menyembuhkan penyakit, seperti eksim dan masalah kulit lainnya.

4. Membantu proses penyembuhan luka

4. Membantu proses penyembuhan luka
Pixabay/jmexclusives

Kandungan cocoa butter yang terdapat dalam produk skincare bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Zat antioksidan pada cocoa butter dapat mengatasi bekas luka, goresan, hingga stretch marks.

Jika remaja mama memiliki masalah tersebut, rekomendasikanlah krim pelembap yang mengandung cocoa butter. Gunakan produk tersebut dengan teratur karena cocoa butter dapat membantu proses regenerasi kulit lebih cepat. Bekas luka pun akan tersamarkan dan hilang secara perlahan. 

5. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

5. Menyehatkan rambut kulit kepala
Pixabay/RyanMcGuire

Tidak hanya bagus untuk menutrisi kulit dan melembapkan bibir, cocoa butter juga bermanfaat bagi rambut remaja. Produk perawatan rambut yang mengandung cocoa butter akan membuat rambut lebih mudah diatur. 

Hal ini karena cocoa butter dapat melembapkan dan melembutkan rambut serta kulit kepala yang kering. Produk perawatan rambut dengan cocoa butter di dalamnya juga dapat menambah volume rambut remaja, Ma. 

Itulah 5 manfaat cocoa butter yang dapat remaja peroleh jika menggunakan skincare yang terdapat kandungannya . Semoga informasinya dapat bermanfaat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.