Perlu Dibiasakan Sejak Remaja, Inilah 5 Manfaat Penggunaan Sunscreen

Melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polusi yang berbahaya

28 Februari 2021

Perlu Dibiasakan Sejak Remaja, Inilah 5 Manfaat Penggunaan Sunscreen
Pexels/Shiny Diamond

Tidak ada salahnya bagi Mama untuk mengajarkan anak remaja menggunakan produk skincare. Selain untuk mengatasi beragam masalah pada kulit, penggunaan skincare yang rutin akan bermanfaat ketika mereka tumbuh semakin dewasa. Kulit mereka pun akan tetap sehat di masa depan. 

Salah satu produk skincare yang tidak boleh dilewatkan untuk digunakan, yaitu sunscreen. Penggunaan produk yang biasa dikenal sebagai pelindung kulit dari sinar matahari berbahaya ini sebaiknya dibiasakan sejak remaja, Ma. 

Hal ini karena sunscreen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Lebih lanjut, berikut manfaat penggunaan sunscreen secara rutin yang telah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber. 

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV berbahaya

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV berbahaya
Pexels/Barbara Ribeiro

Seperti dijelaskan sebelumnya, sunscreen merupakan produk skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meskipun sinar matahari atau sinar UV ini baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh, tetapi cenderung berbahaya di kulit karena dapat merusak atau bahkan memicu kanker kulit. 

Maka, sebaiknya Mama membiasakan remaja untuk menggunakan sunscreen dengan rutin. Terutama ketika mereka akan beraktivitas di luar rumah dan terpapar sinar matahari langsung. Dengan menggunakan sunscreen, kulit remaja pun tidak akan terbakar atau menggelap. 

Editors' Picks

2. Mengurangi risiko kanker kulit

2. Mengurangi risiko kanker kulit
Pexels/Moose Photos

Sunscreen merupakan pelindung utama dalam mencegah terjadinya kanker kulit, seperti melanoma. Hal ini karena sunscreen dapat menangkal paparan sinar UV yang berbahaya dari sinar matahari. 

Menurut Skin Cancer Foundation, penggunaan sunscreen dengan SPF 15 atau lebih tinggi setiap hari dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit sekitar 40%. Namun, untuk mendapatkan manfaat perlindungan yang maksimal, sebaiknya rajinlah mengoleskan sunscreen kembali (re-apply).

Jadi, selain membiasakan remaja untuk menggunakan sunscreen setiap hari, Mama juga perlu memberitahu mereka untuk rutin mengaplikasikan sunscreen secara berulang. Setidaknya setiap 2 jam sekali dan pastikan seluruh produknya dapat terserap dengan baik ke dalam kulit. 

3. Menjaga warna kulit tetap merata

3. Menjaga warna kulit tetap merata
Pexels/Andrea Piacquadio

Seringkali remaja mengalami perubahan warna kulit saat terlalu lama beraktivitas di luar rumah. Kulit mereka cenderung menggelap di beberapa bagian sehingga terlihat belang atau tidak merata. 

Hal ini karena adanya paparan sinar UV berbahaya yang dapat merusak kulit dan menyebabkan hiperpigmentasi atau perubahan warna kulit. Maka, biasakanlah remaja mama untuk menggunakan sunscreen dengan rutin agar kulit terlindungi dan warna kulit mereka tetap merata, Ma.  

4. Membuat kulit tetap sehat

4. Membuat kulit tetap sehat
Pexels/Shiny Diamond

Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, kulit remaja akan terasa lebih sehat. Hal ini karena sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi yang berbahaya.

Perlu diketahui juga bahwa penggunaan produk skincare sebanyak atau semahal apapun tidak akan bekerja maksimal jika kulit tak dilindungi dengan sunscreen, Ma. Maka, biasakan remaja untuk selalu menggunakan dan mengaplikasikan sunscreen kembali secara rutin.

Gunakanlah sunscreen walaupun remaja mama hanya beraktivitas di dalam ruangan atau cuaca di luar sedang mendung tanpa sinar matahari sekali pun, karena sesungguhnya sinar UV tetap dapat menembus kulit secara tidak langsung.  

5. Mencegah tanda-tanda penuaan

5. Mencegah tanda-tanda penuaan
Pexels/Shiny Diamond

Mengingat salah satu manfaat utama dari penggunaan sunscreen adalah menciptakan penghalang antara kulit dan sinar UV dari matahari, hal ini akan membantu mencegah penuaan dini.

Kulit terbuka yang tidak terlindungi dapat menyebabkan kerutan, garis, dan hiperpigmentasi, yang seringkali tidak dapat diubah atau terjadi secara permanen. Jadi, sunscreen sebaiknya menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit rutin sejak remaja sebagai bentuk pencegahan dari tanda-tanda penuaan. 

Yuk, biasakan remaja untuk menggunakan sunscreen setiap hari agar kulit mereka tetap sehat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.