Makna Memiliki Keluarga bagi Anak-Anak yang Kurang Beruntung

Bisa jadi renungan untuk orangtua sehingga bisa menyayangi anak dengan tulus

18 Mei 2020

Makna Memiliki Keluarga bagi Anak-Anak Kurang Beruntung
Pexels/Brother's Photo

Kita semua mungkin akan sepakat bahwa keluarga adalah tempat pertama dan paling utama dalam membentuk anak menjadi individu yang baik di masa depan. 

Hingga tak heran bahwa orangtua dalam keluarga selalu berusaha untuk memberikan segala hal terbaik bagi buah hatinya. Baik dari segi pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan penting lainnya. 

Semua hal baik orangtua ini pun akan terus membekas dalam ingatan anak. Terutama dalam membentuk makna keluarga bagi mereka. Namun, tidak semua anak di dunia ini terpenuhi hak-haknya dalam keluarga sehingga menimbulkan sudut pandang yang berbeda dalam memaknai arti keluarga. 

Seperti yang dialami oleh anak-anak asuh di SOS Childern Villages Indonesia, berikut rangkuman Popmama.com terkait beberapa hal yang Mama perlu tahu mengenai anak-anak yang kehilangan hak dalam keluarga. Mungkin saja, Mama dapat mengambil hikmah sehingga membuat kita senantiasa bersyukur. 

Editors' Picks

1. Tak semua hak-hak anak terpenuhi oleh keluarganya

1. Tak semua hak-hak anak terpenuhi oleh keluarganya
Pexels/Pixabay

Lingkungan keluarga merupakan pondasi kehidupan bagi setiap individu dan menjadi tempat pertama serta utama bagi anak-anak untuk memperoleh haknya.

Baik dalam mempertahankan kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang optimal, mendapatkan perlindungan, serta hak untuk turut berpartisipasi dalam membangun masa depannya.

Namun ternyata, tidak semua anak mendapatkan seluruh hak dari lingkungan keluarganya karena 1 dari 10 anak di dunia terpisah dari keluarga, ditelantarkan atau anak telah menerima kekerasan. 

2. Anak tetap bisa merasakan cinta keluarga dari orang lain

2. Anak tetap bisa merasakan cinta keluarga dari orang lain
Dok. SOS Childern Villages Indonesia

Anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orangtua tersebut tetap bisa merasakan kasih dan cinta keluarga, meskipun dari orang lain.

Misalnya, anak-anak yang diasuh dan didampingi dalam sebuah organisasi sosial, SOS Childern Villages Indonesia. 

Anak-anak ini diasuh oleh seorang ibu SOS yang mendedikasikan seluruh waktu dan hidupnya untuk 6-10 anak yang diasuhnya sehingga mereka dapat merasakan cinta keluarga yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

Anak-anak ini dirawat dari bayi hingga tumbuh besar dan mandiri hingga mampu menentukan  kehidupannya sendiri.

3. Makna keluarga bagi anak kurang beruntung

3. Makna keluarga bagi anak kurang beruntung
Dok. SOS Childern Villages Indonesia

Meskipun hanya merasakan kasih dan cinta keluarga dari seorang ibu asuh SOS, anak-anak yang kurang beruntung ini tetap bisa memaknai arti keluarga yang sesungguhnya. Karena dimana pun, kehangatan keluarga akan selalu hadir dan siapa pun membutuhkan keluarga. 

Untuk itu, sudah sepantasnya kita bersyukur karena telah bernasib lebih baik dibanding anak-anak tersebut. Mama sebagai orangtua pun bisa mengambil hikmah untuk terus mencintai dan mengasihi si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.