Mengajarkan Anak Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk

Allah SWT akan meningkatkan derajat dan menghapus kejelekan orang yang membaca surat Al-Mulk!

23 Februari 2021

Mengajarkan Anak Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk
Pexels/Carlos Meneses

Memperdengarkan dan mengajarkan anak untuk membaca surat-surat dalam Alquran merupakan kewajiban setiap orangtua. Cara ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta anak terhadap Alquran sehingga mereka pun terbiasa mengamalkan setiap bacaan di dalamnya. 

Salah satu bacaan surat dalam Alquran yang bisa Mama dan Papa ajarkan pada anak, yaitu Surah Al-Mulk. Surat Al-Mulk merupakan surat dalam Alquran yang ke-67.

Surat Al-Mulk terdiri dari 30 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah karena diturunkan di Mekah. Surat Al-Mulk diambil dari kata “Al Mulk” pada ayat pertama yang artinya kerajaan atau kekuasaan.

Setiap surat dalam Alquran memiliki keutamaan. Tak terkecuali, surat Al-Mulk atau yang juga disebut surat Tabarak ini. Berikut Popmama.com rangkum keutamaan mengajarkan anak membaca surat Al-Mulk setiap hari yang dikutip dari laman IDNTimes.

1. Memperoleh syafaat dan diampuni dosanya

1. Memperoleh syafaat diampuni dosanya
Pexels/Pok Rie

Dengan mengajarkan anak mama bacaan surat Al-Mulk, maka Allah SWT akan memberikan syafaat atau pertolongan melalui perantara Nabi Muhammad SAW kelak. Selain itu, umat Islam yang senantiasa membaca dan mengamalkan isi kandungan surat Al-Mulk akan diampuni dosa-dosanya.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya, “Bahwasanya suatu surat di dalam Alquran mempunyai 30 ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni oleh Allah dosa orang itu, yaitu: Tabarakal-lazi bi yadihil-mulk, Maha Suci Allah yang ditangan-Nyalah segala kerajaan.” (HR Abu Dawud)

Editors' Picks

2. Pembaca surah Al-Mulk disenangi oleh Nabi

2. Pembaca surah Al-Mulk disenangi oleh Nabi
Pexels/Faseeh Fawaz

Setiap umat Islam pasti menginginkan agar disenangi oleh Nabi Muhammad SAW. Selain dari membaca sholawat, Nabi juga senang jika ada orang mukmin yang membaca dan mengamalkan surat Al-Mulk sehingga dapat memberi ketentraman di hati pembacanya.  

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, “Saya gemari supaya surat ini (Tabarakal-lazi bi yadihil-mulk) terdapat di setiap hati orang mukmin.” (HR. Al Hakim)

3. Penyelamat umat Islam dari siksa kubur

3. Penyelamat umat Islam dari siksa kubur
Pexels/Ahmed Aqtai

Seluruh manusia yang ada di bumi akan kembali kepada Allah SWT. Mereka akan meninggal dan berpindah dari alam dunia ke akhirat. Namun, setiap manusia harus melewati siksa kubur terlebih dahulu untuk mempertanggungjawabkan semua perbuataannya semasa hidup. 

Siksa kubur yang didapatkan bisa begitu pedih sehingga umat Islam hendaknya mempersiapkan amal ibadah sebagai penolong. Salah satunya dengan senantiasa membaca dan mengamalkan surat Al-Mulk. 

Surat Al-Mulk termasuk dalam golongan surat yang bisa menyelamatakan kaum muslim dari siksa kubur. Sebagaimana sabda Nabi SAW artinya “Barang siapa membaca Tabarakal-lazi bi yadihil-mulk (surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah Ta'ala akan menyelamatkannya dari siksa kubur.” (HR. An Nasa'i)

4. Ditingkatkan derajatnya dan dihapuskan kejelekannya

4. Ditingkatkan derajat dihapuskan kejelekannya
Pexels/Hebert Santos

Keistimewaan lain dari surat Al-Mulk, yaitu para pembacanya akan mendapat naungan malaikat, terhindar dari siksa dalam kubur, dan mahsyar. Dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Bahwasanya aku tidak menjumpai di dalam kitab Allah suatu surat yang terdiri 30 ayat. Barangsiapa membacanya ketika akan tidur, maka dengan pembacaan itu Allah menetapkan 30 kebaikan baginya, dihapuskan 30 kejelekannya, ditingkatkan baginya 30 derajat, dan Allah mengutus seorang malaikat dari para malaikat untuk mengembangkan sayapnya untuknya dan menjaganya dari segala kejahatan hingga ia bangun. Surah ini dapat menolak siksa kubur dan mahsyar, yaitu Tabarakal-lazi bi yahdihil-mulk.” (HR. Ad Dailami)

5. Membawa pertolongan di hari kiamat

5. Membawa pertolongan hari kiamat
Pexels/Tima Miroshnichenko

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, surat Al-Mulk memiliki keutamaan luar biasa. Tidak hanya menyelamatkan dari siksa kubur, memberikan ampunan, dan menetapkan kebaikan dan menghilangkan kejelekan bagi pembacanya. Surat Al-Mulk juga dalat memberikan syafaat (pertolongan) pada hari kiamat. 

Setiap umat Islam yang membaca dan mengamalkan surat Al-Mulk, mereka akan dikeluarkan dari neraka dan kemudian dimasukkan ke dalam surga. Sebagaimana hadist dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Bahwasannya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukannya ke surga yaitu surat "Tabarak".” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi, dan Beliau menghasankannya. Juga dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’)

Itulah 5 keutamaan dari surat Al-Mulk yang dapat orangtua ajarkan pada anak. Semoga dapat memperkaya ilmu pengetahuan agama Islam anak mama dan papa, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.