Veronica Tan Pilih Mengedukasi Anak-Anak Melalui Bidang Seni

Seni sebagai wadah berekspresi dan menciptakan kreativitas

26 Oktober 2020

Veronica Tan Pilih Mengedukasi Anak-Anak Melalui Bidang Seni
Unsplash/Laith Abuabdu

Sosok Veronica Tan mungkin sudah tidak asing lagi di masyarakat. Mantan istri gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama ini aktif dalam beragam kegiatan sosial dan kemanusiaan. 

Salah satunya memberdayakan anak-anak rusun. Melalui Yayasan Waroeng Imaji yang didirikannya, perempuan yang akrab disapa Vero ini mengasah kreativitas anak-anak rusun dengan pergelaran drama musikal.  

Saat pandemi seperti sekarang, Vero masih aktif mengurus yayasannya. Meski belum kembali menggelar drama musikal di ruang publik, Yayasan Waroeng Imaji tetap berkegiatan dengan mengadakan lomba vokal.

Lebih lanjut, berikut informasi yang telah Popmama.com rangkum dari Instagram live Veronica Tan bersama Lawrence Tjandra, pada Jumat (23/10/2020). 

Editors' Picks

1. Belajar seni bisa jadi pilihan kegiatan anak

1. Belajar seni bisa jadi pilihan kegiatan anak
Instagram.com/veronicatan_official

Masa anak-anak merupakan waktu yang penting untuk bertumbuh dan berkembang. Maka, ada banyak hal yang bisa dipelajari.

Selain menambah ilmu pengetahuan dan mengasah kemampuan, belajar beragam hal dapat mengarahkan anak untuk menemukan potensinya. Tidak hanya melalui sekolah, anak dapat belajar di tempat lain. 

Salah satunya dengan belajar kesenian. "Belajar musikal ini dapat menjadi alternatif bagi anak di luar pembelajaran akademik. Seni akan mengasah kreativitas dan juga dapat membentuk karakter anak," jelas Veronica Tan. 

2. Musik dapat membawa kebaikan

2. Musik dapat membawa kebaikan
Unsplash/Jason Rosewell

Menurut Vero, Waroeng Imaji merupakan yayasan yang didirikan karena adanya passion di bidang musik. Ia menungkapkan, "Jadi, karena suka dan saya sendiri merasakan adanya kebaikan dari musik."

Dengan alasan tersebut, Vero merasa tergerak untuk mengedukasi anak-anak melalui musik. Ia pun memberdayakan anak-anak rusun, khususnya dari rusun Pulogebang, Rawa Bebek, dan Daan Mogot untuk belajar kesenian. 

"Dari musik anak-anak bisa belajar beragam peran, mulai dari pemain drama musikal, pemain musik, sutradara, dan lainnya. Selain itu, musik juga menjadi wadah untuk berekspresi dan ada pesan moral yang bisa diambil dari cerita dalam musik," katanya. 

3. Manfaat musik yang bisa diperoleh anak

3. Manfaat musik bisa diperoleh anak
Unsplash/Elijah M. Henderson

Saat ini, Yayasan Waroeng Imaji yang bekerja sama dengan Soundkestra telah memiliki beragam prestasi. Mulai dari pertunjukkan operet yang diselenggarakan secara langsung di galeri seni, hingga ditayangkan pada salah satu chanel TV nasional. 

Ketika pandemi seperti ini, yayasan yang dikelola Vero tetap aktif berkegiatan. Salah satunya dengan mengadakan lomba vokal yang diselenggarakan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. 

"Kami percaya bahwa musik dapat menghadirkan nilai-nilai kebaikan, seperti percaya diri, partisipasi, koordinasi, hingga kreativitas. Maka, kami mengadakan kegiatan ini," jelasnya. 

Lagu yang diikutsertakan dalam lomba vokal, yaitu lagu Maju Tak Gentar. Menurut Vero, lagu ini dapat mencerminkan semangat juang pemuda. Jadi, anak-anak Indonesia bisa lebih berjiwa nasionalis.

Bagi anak-anak Mama yang tertarik berpartisipasi dalam lomba vokal, dapat menyimak syarat dan ketentuannya melalui akun Instagram @waroengimaji, ya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.