TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Doa Syafaat Kristen dan Cara Membacanya, Penting Diajarkan pada Anak

Pelan-pelan ajarkan doa ini pada anak ya, Ma

10 Agustus 2022

Doa Syafaat Kristen Cara Membacanya, Penting Diajarkan Anak
Freepik/Jcomp

Doa adalah bentuk komunikasi unik antara manusia dan Sang Pencipta. Sebagai umat beragama, manusia dianjurkan untuk berdoa kapan pun dan di mana pun sebab Tuhan Maha Mendengar.

Dalam agama Kristen, doa juga dimaknai dengan sakral. Inilah komunikasi tak terbatas ruang dan waktu antara Tuhan dan ciptaan-Nya.

Umat Kristen mengenal doa syafaat Kristen. Doa ini dipanjatkan untuk orang lain.

Nah, doa syafaat juga ada dalam ajaran Katolik. Selain doa Bapa Kami dan doa Salam Maria, doa syafaat (Doa Umat) Katolik juga sering diucapkan dalam Misa Kudus. Doa ini ditujukan untuk dunia dan gereja.

Bagaimana bunyi doa syafaat Kristen dan cara membacanya? Berikut Popmama.com telah merangkum ulasannya.

Simak penjelasannya, yuk!

1. Apa itu doa syafaat Kristen?

1. Apa itu doa syafaat Kristen
Freepik/Gpointstudio

Doa syafaat Kristen tidak berisi kepentingan pribadi. Doa ini memang ditujukan untuk mendoakan orang lain, bangsa, negara, gereja, atau teman.

Manusia dianjurkan berdoa untuk:

  1. Para hamba Tuhan.
  2. Gereja.
  3. Semua pemimpin yang berkuasa.
  4. Teman sebangsa.
  5. Teman.
  6. Orang sakit.
  7. Semua orang.
  8. Bahkan, musuh.

Nah, doa syafaat juga didaraskan oleh umat Katolik. Dalam agama Katolik, doa syafaat berfungsi sebagai doa permohonan.

Doa ini seperti doa Yesus Kristus. Selain itu, doa syafaat Katolik juga dimaknai sebagai satu-satunya perantara komunikasi Tuhan dan manusia. 

Bahkan, manusia yang berdosa pun bisa mendaraskan doa ini untuk berkomunikasi dengan Bapa di surga.

Editors' Picks

2. Makna doa syafaat Kristen

2. Makna doa syafaat Kristen
Freepik/Ijeab

Sesuai dengan fungsi dan pengertiannya, doa syafaat Kristen bukan doa pribadi. Doa ini dirancang untuk mendoakan orang lain.

Jadi, bukan kepentingan individu yang ditonjolkan, doa ini mengedepankan kepentingan kelompok atau kepentingan bersama.

Doa syafaat mengajarkan tentang kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Melalui doa ini, seseorang menunjukkan kepedulian dan cinta kasih pada orang lain, termasuk pada orang yang menyakiti atau tidak menyukainya.

Dengan doa ini pula, umat manusia berusaha meraih kemuliaan Tuhan. 

3. Pembuka doa syafaat Kristen

3. Pembuka doa syafaat Kristen
Freepik/Jcomp

Bacaan doa syafaat Kristen biasanya sama. Hanya pada bagian isi yang berbeda karena siapa sosok yang didoakan bisa jadi tak sama.

Satu hal yang pasti, bagian pembuka doa ini berisi rasa syukur dan terima kasih atas cinta Tuhan. Kemudian, doa juga berisi ketidakberdayaan manusia karena sering berbuat dosa dan salah.

Contoh bagian pembuka doa syafaat:

Bapa yang di surga, kami berterima kasih atas berkat dan penyertaan-Mu, sehingga pada kesempatan ini kami bisa berkumpul bersama untuk memuliakan nama-Mu.

Kami, umatmu menyadari bahwa kami masih sering berbuat dosa dan berbuat salah, namun Engkau tetap mengasihi kami seperti Bapa yang mengasihi anaknya.

Bapa, kami tahu bahwa kami adalah manusia yang berlumur dosa. Dengan segala kerendahan hati, kami  memohon ampun untuk segala kesalahan kami. Apa pun yang kami perbuat baik disengaja maupun tidak, semoga Kau berkenaan menyucikan hati kami.

Sebelumnya, kami paham bahwa Engkau mengetahui doa syafaat yang akan kami panjatkan bersama, namun izinkan kami mengucap doa dengan penuh keyakinan bahwa Kau Maha Melihat dan Maha Mendengar.

4. Isi doa syafaat Kristen

4. Isi doa syafaat Kristen
Freepik/Jcomp

Bagian isi doa syafaat Kristen bisa jadi berbeda-beda. Kamu perlu menyesuaikan isinya dengan objek yang akan didoakan. 

Beberapa contoh isi doa syafaat Kristen:

  • Doa untuk keluarga

Pada kesempatan ini, kami ingin berdoa bagi setiap keluarga di gereja ini. Kiranya Engkau menyertai mereka. Berkati suami, istri dan anak-anaknya. Berkati pekerjaan maupun pendidikan yang sedang ditempuh.

Kami juga berdoa bagi seluruh jemaat-Mu. Kiranya Engkau juga turut memberkati suami, istri, beserta anak-anaknya.

  • Doa untuk anak

Bapa, izinkan firman-Mu memberikan kekuatan dana kesehatan pada kami untuk bersyukur dan berjuang. Bapa, berkati anak kami, Bimbing mereka agar belajar dengan giat. 

Terima kasihTuhan atas kesehatan dan perlindungan-Mu senantiasa tertuju pada anak kamu. Sertai kami selalu di mana pun kami berada. 

  • Doa untuk kondisi pandemi

Bapa, kami bersatu hati untuk menaikkan syafaat kami agar kondisi pandemi segera berakhir. Saat ini, kami masih dilanda ketakutan dan kekhwatiran sebab Covid-19 masih mengancam umat manusia. 

Bapa, Kau yang pulihkan. Ajarkan kami untuk percaya kepada-Mu bahwa Engkau adalah Allah yang mampu memberikan hikmat. Sehingga kami bisa menghadapi persoalan ini. Kami berdoa untuk Indonesia dan para pemimpin. Agar mereka bisa mengambil keputusan yang terbaik bagi bangsa ini. 

Kami berdoa para tenaga medis. Kami berdoa untuk mereka yang masih berjuang melawan virus Cobid-19. Tuhan yang berkati, jaga, pulihkan mereka satu per satu. Apabila mereka lelah, Tuhan yang akan cukupkan kebutuhan mereka. 

Kami percaya setiap peristiwa yang terjadi merupakan bentuk kebaikan-Mu. Ampuni kami bila seringkali kami meragukan kekuasaan-Mu.

5. Penutup doa syafaat Kristen

5. Penutup doa syafaat Kristen
Freepik/Jcomp

Beberapa contoh penutup doa syafaat Kristen:

Bapa, sebenarnya masih banyak permohonan yang belum kami sampaikan. Namun, sesungguhnya Engkau tahu apa yang ada di dalam lubuk hati kami. Semoga Engkau tak lelah mendengar permohonan kami.

Kiranya sertai kami selalu dalam keadaan apa pun. Amin.

 Contoh lainnya:


Bapa, kami menyakini Kau Mengasihi kami. Engkau satu-satunya yang menguatkan kami dalam segala kondisi. Terima kasih Tuhan, kami bersyukur untuk setiap hal yang terjadi dalam hidup kami.

Bapak, kami menyerahkan seluruh waktu dan hidup kami kepada-Mu. Ajarkan kami tentang kasih, cinta, dan damai. Kiranya Engkau selalu mendengar dan melihat kami. Engkau tidak meninggalkan kami. Amin.

Itulah contoh doa syafaat Kristen. Doa ini bisa dipanjatkan untuk siapa saja. Jadi, doakan orang-orang sekitar agar Tuhan selalu menjaganya.

Panjatkan doa dengan penuh kelembutan, cinta, dan keikhlasan. Panjatkan dengan tutur kata yang baik.

Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk