TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Penyebab Mimpi Basah pada Anak Remaja

Yuk Ma, ketahui apa saja penyebab mimpi basah pada anak remaja

25 September 2022

7 Penyebab Mimpi Basah Anak Remaja
Pexels/Eren Li

Setiap anak pasti akan melewati masa pubertas. Pada masa inilah terjadi beberapa hal dan perubahan tertentu pada anak. Salah satunya adalah mengalami mimpi basah.

Mimpi basah dapat menyebabkan orgasme spontan saat anak sedang tidur. Orgasme adalah klimaks dari gairah seksual yang berpusat di sekitar alat kelamin.

Mimpi basah yang dialami anak laki-laki menandakan bahwa dirinya telah memasuki masa puber. Mengutip dari hasil penelitian American Academy of Sleep Medicine ditemukan fakta bahwa, rata-rata 8 persen mimpi berisi sesuatu yang berkaitan dengan seksualitas.

Selain itu, mimpi basah merupakan bagian normal dari pertumbuhan anak dan tidak ada yang dapat menghentikannya. Untuk mengetahui apa saja penyebab mimpi basah yang dialami oleh anak mama.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi mengenai 7 penyebab mimpi basah pada anak remaja. Yuk, simak di bawah ini!

1. Pikiran seksual

1. Pikiran seksual
everettcollection.com

Mimpi basah selalu berkaitan dengan kegiatan seksual. Inilah alasan mengapa pikiran seksual dapat menjadi penyebab anak mengalami mimpi basah.

Pikiran seksual mampu menyebabkan aliran darah dalam tubuh meningkat di sekitar kemaluan sehingga membuat laki-laki ejakulasi serta ereksi ketika tidur. Biasanya, aliran darah dapat meningkat tak hanya karena dirangsang oleh pikiran seksual, tetapi juga karena kontak langsung dengan penis.

2. Mimpi erotis

2. Mimpi erotis
Pexels/MART PRODUCTION

Penyebab mimpi basah paling umum adalah karena terdapat unsur seksual di dalamnya. Termasuk bermimpi erotis, mimpi ini bisa menyebabkan gangguan REM.

REM (Rapid Eye Movement) adalah salah satu fase tidur di mana ketika mata tertutup saat tidur, mata bergerak dengan cepat ke segala arah. Hal ini mempu meningkatkan aliran darah di sekitar kemaluan dan membuat anak remaja mama mengalami ejakulasi tanpa disadari.

Editors' Picks

3. Kandung kemih penuh

3. Kandung kemih penuh
thequint.com

Kandung kemih yang penuh juga menjadi salah satu penyebab dari mimpi basah. Dilansir dari Young Mens Health Site, peningkatan hormon testosteron atau kelebihan cairan semen yang tidak dikeluarkan melalui hubungan seksual dan masturbasi bisa menjadi penyebab mimpi basah.

Emisi noktural dari kandungan kemih ini biasanya terjadi karena adanya tekanan serta stimulasi pada alat kelamin anak remaja.

4. Pola hidup

4. Pola hidup
Pexels/Eren Li

Penyebab mimpi basah juga bisa dikaitkan dengan pola hidup seseorang. Pola hidup yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kronis, salah satunya adalah diabetes. Contohnya pada penderita diabetes, mereka akan lebih sering mengalami mimpi basah.

Bahkan sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang menderita diabeter memiliki risiko tekena masalah atau penyakit seksual. Selain itu, libido rendah, stres dan kecemasan dapat pula mempengaruhi keseimbangan hormon, melemahkan saraf yang menjadi penyebab mimpi basah.

5. Kurangnya aktivitas seksual

5. Kurang aktivitas seksual
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Anak remaja yang mulai memasuki masa puber tentu saja belum pernah melakukan aktivitas seksual secara langsung. Hal inilah yang menyebabkan anak mengalami mimpi basah.

Biasanya mimpi basah sering terjadi pada laki-laki yang belum memiliki pasangan. Tak hanya itu, mimpi basah juga sering kali terjadi pada laki-laki yang jarang melakukan masturbasi

6. Cara tubuh membersihkan diri

6. Cara tubuh membersihkan diri
Pexels/Nadezhda Moryak

Tahukah Mama bahwa penyebab mimpi basah tak selalu tentang gairah atau pikiran seksual? Mimpi basah juga dapat disebabkan karena tubuh sedang membersihkan sperma tua dan sperma yang telah memasuki masa kadaluarsa.

Jika laki-laki tidak melakukan masturbasi, maka tubuh akan mengeluarkan sperma yang sudah kadaluawarsa dan tidak bisa menggatinya dengan sperma baru yang siap untuk digunakan.

7. Tidur tengkurap

7. Tidur tengkurap
Pexels/Emma Filer

Posisi tidur tengkurap mampu menyebabkan mimpi basah pada anak remaja. Walau tidak selalu memicu terjadinya mimpi basah, tidur tengkurap dapat menyababkan alat kelamin seseorang sensitif sehingga mengalami mimpi basah.

Namun pada kenyataannya, masih diperlukan banyak penilitian agar dapat memastikan apakah posisi tidur benar-benar menjadi penyebab mimpi basah.

Nah, itulah informasi terkait 7 penyebab mimpi basah pada anak remaja. Semoga informasi tadi dapat menambah wawasan anak mama dan Mama tentang masa pubertas pada anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk