TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

IMGS 2022: Kreativitas Gen Z Membawa Perubahan bagi Dunia

Gen Z membawa perubahan yang cukup signifikan

2 Oktober 2022

IMGS 2022 Kreativitas Gen Z Membawa Perubahan bagi Dunia
Popmama.com/Novy Agrina

Seperti yang kita ketahui, Gen Z kini perlahan menjadi kelompok atau generasi yang mendominasi dunia sebagai agen pembawa perubahan. Hal ini dikarenakan, mereka yang lahir sebagai Gen Z hadir di saat dunia sedang berada dalam kemajuan teknologi yang canggih dan pesat. Tak mengherankan, apabila Gen Z juga disebut sebagai generasi internet.

Karakteristik yang dimiliki oleh Gen Z tentu saja berbeda dengan generasi sebelumnya. Mereka mempunyai karakter unik dan pikiran kreatif yang dapat membawa perubahan bagi dunia.

Oleh karena itu, acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 mengulas mengenai kreativitas dan karakter Gen Z dalam sesi Gen Z Vs Everybody and How They're Going to Rule the World di panggung Future is Female pada Jumat (30/9/2022) di The Tribrata Darmawangsa Jakarta. Turut hadir di dalamnya Grace Tahir, Marsha Nayla Zulkarnain, Mischka Aoki, dan Devon Kei Enzo.

Berikut Popmama.com telah merangkum ulasannya.

1. Gen Z mampu menjadi generasi yang lebih baik

1. Gen Z mampu menjadi generasi lebih baik
Popmama.com/Novy Agrina

Gen Z lahir ketika teknologi internet dan media sosial sudah maju dan menjadi bagian kehidupan dari manusia di dunia. Hal inilah yang menyebabkan Grace Tahir menyebutkan bahwa Gen Z harus bisa menjadi kelompok yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

“Mereka harus bisa mengendalikan dunia termasuk negara Indonesia. Karena negara ini adalah milik Gen Z. Dengan kepercayaan diri dan dorongan yang besar, Gen Z tentu akan bisa membuat perubahan yang lebih baik,” tutur Grace Tahir seorang Generasi X yang kini memiliki jabatan sebagai Direktur Mayapada Hospital.

Editors' Picks

2. Tak semua Gen Z itu pemalas dan manja

2. Tak semua Gen Z itu pemalas manja
Popmama.com/Novy Agrina

Beberapa orang beranggapan bahwa Gen Z adalah generasi pemalas, enggan bekerja, dan mudah mengeluh. Akan tetapi nyatanya, mereka mempunyai karakteristiknya masing-masing.

Seperti Gen Z yang hadir di acara Indonesia Millenial and Gen Z Summit 2022, Marsha Nayla Zulkarnain yang merupakan seorang musisi sekaligus artis. Dengan dukungan dan didikan dari kedua orangtuanya, Marsha kini mampu menjadi sosok perempuan produktif dan berperan penting sebagai salah satu agen perubahan lewat karyanya.

“Kedua orangtuaku sangat mendukung apapun yang dilakukan oleh anak-anaknya, termasuk aku. Selama hal itu positif dan bisa membuahkan hasil serta tetap beriringan dengan edukasi atau pendidikan,” ujar Marsha.

Tak hanya Marsha, dua remaja peraih medali olimpiade matematika dan sains yakni Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo merupakan contoh nyata bahwa Gen Z bukanlah kelompok pemalas.

Perolehan medali skala internasional, membuktikan bahwa kakak-beradik ini hidup dengan tujuan yang terarah dan mampu meraih kesuksesan melalui sebuah kerja keras.

“Selain harus rajin belajar dan pantang menyerah, kami percaya faktor-faktor yang mempunyai peran penting dalam kesuksesan kami berdua juga berasal dari life leasons yang diajarkan oleh orangtua kami,” ucap Devon Kei Enzo.

3. Kreativitas Gen Z juga merupakan sebuah dobrakan

3. Kreativitas Gen Z juga merupakan sebuah dobrakan
Dok. IDN Times

Terdapat hal-hal positif yang bisa diperoleh Gen Z dari internet, teman, dan jaringan. Dari hal positif tersebut, banyak dari mereka yang memakainya sebagai bekal untuk menciptakan perbuahan lewat kreativitas yang bisa mendobrak dunia.

Ada nilai dan ide-ide baru yang dapat dilakukan secara lebih baik oleh Gen Z terutama ketika mereka berada di lingkungan kerja.

Menurut Grace Tahir, Gen Z mampu membawa perubahan signifikan dalam sebuah perusahaan lewat ide dan cara mereka menemukan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

“Yang nomor satu adalah kreativitas. Kita benar-benar merasakan kalau kreativitas dari Gen Z itu seperti sebuah fresh air. Dan saya selalu suka ngobrol lama sama Gen Z untuk bertukar pendapat. Saya menjadi terasa sangat terbantu di perusahaan dengan kreativitas luar biasa dari mereka,” ujar Grace.

Terlepas dari sisi negatif yang terkadang disematkan pada Gen Z, Gen Z sebetulnya tentu saja membawa begitu banyak dampak positif bagi sebuah perusahaan apabila mereka telah menemukan cara yang tepat.

4. Karakter dari Gen Z dapat membawa perubahan bagi Indonesia

4. Karakter dari Gen Z dapat membawa perubahan bagi Indonesia
Popmama.com/Novy Agrina

Indonesia bisa menjadi negara maju dengan beberapa karakteristik yang dimiliki oleh Gen Z. Mereka mampu membawa perubahan lewat ide dan kreativitas tak terbatas.

“Gen Z mempunyai karakter kuat yaitu berpegang pada apa yang mereka yakini. Selain itu, Gen Z juga memiliki semangat yang penuh dalam menjalani kehidupan,” ucap Devon.

Teknologi yang canggih membuat Gen Z dengan mudah bisa mengakses segala infomasi. Hal inilah yang membuat individu dari Gen Z merasa menjadi sosok yang mandiri dan open minded.

Nah, itulah tadi obrolan yang dibicarakan di acara Indonesia Millenial and Gen-Z Summit 2022 mengenai Gen Z dan kreativitas mereka yang dapat membawa perubahan bagi dunia. Semoga informasi yang telah dirangkum di atas dapat bermanfaat, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk