TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

4 Jenis Kelangkaan yang Terjadi di Indonesia, Anak Perlu Tahu!

Kelangkaan bisa berdampak buruk pada ekonomi negara

5 Oktober 2022

4 Jenis Kelangkaan Terjadi Indonesia, Anak Perlu Tahu
Pexels/Tom Fisk

Kelangkaan merupakan salah satu masalah ekonomi yang masih dan akan terus berlangsung di Indonesia bahkan dunia.

Kelangkaan yang sering kita jumpai di Indonesia adalah kelangkaan sumber daya alam. Namun ternyata, kelangkaan dalam ekonomi tak hanya mencakup sumber daya alam saja, melainkan juga sumber daya manusia, modal, dan kewirausahaan.

Situasi kelangkaan ini menuntut orang-orang untuk membuat keputusan tentang bagaimana mengalokasikan sumber daya yang ada secara efisien guna memenuhi kebutuhan hidup yang mendasar dan keinginan sebanyak mungkin.

Lantas apa saja jenis kelangkaan yang dihadapi oleh negara ini? Berikut Popmama.com akan memberikan ulasan terkait 4 jenis kelangkaan yang terjadi di Indonesia. Simak yuk, Ma!

1. Kelangkaan sumber daya alam

1. Kelangkaan sumber daya alam
Pexels/Pok Rie

Keberlangsungan hidup makhluk hidup tentu tidak dapat lepas dari alam. Alam memberikan begitu banyak manfaat untuk makhluk hidup di sekitarnya. Semua yang ada di alam, disebut sebagai sumber daya alam. Contohnya yakni hutan, tanah, air, barang tambang, dan hasil laut.

Namun, sumber daya alam yang jumlahnya terbatas, tentu tidak mampu digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang populasinya semakin bertambah di masa depan. Penyebab kelangkaan sumber daya alam adalah karena semakin bertambahnya populasi manusia di dunia tetapi sumber daya alam jumlahnya terbatas.

Editors' Picks

2. Kelangkaan tenaga kerja

2. Kelangkaan tenaga kerja
Pexels/Tom Fisk

Kelangkaan tenaga kerja biasanya disebut juga sebagai kelangkaan sumber daya manusia. Kelangkaan tenaga kerja ini dapat terjadi ketika sulit menemukan tenaga kerja yang berkompeten untuk menjalankan proses produksi, baik produksi barang ataupun jasa.

Apabila keadaan ini terus berlanjut, maka produksi dapat terganggu dan menyebabkan masalah ekonomi di suatu wilayah atau daerah.

Penyebab dari kelangkaan tenaga kerja adalah upah kerja tidak sesuai, usia produktif berkurang, dan kualitas sumber daya manusia rendah.

Kelangkaan sumber daya manusia bisa diantisipasi dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan, menggali lebih dalam setiap sumber pengetahuan, mengikuti setiap perkembangan teknologi, dan lain-lain.

3. Kelangkaan modal

3. Kelangkaan modal
Pexels/Andrea Piacquadio

Supaya bisa mendukung suatu kegiatan produksi, maka diperlukan beberapa sumber daya yang berbentuk modal. Sayangnya modal juga mengalami kelangkaan. Modal merupakan istilah luas yang digunakan untuk mendeskripsikan segala hal yang memberikan nilai atau manfaat kepada pemiliknya.

Jumlah modal yang sangat terbatas atau kelangkaan modal akan memengaruhi kelangsungan produksi bahkan kehidupan ekonomi.

Salah satu contoh kelangkaan modal adalah penggunaan mesin produksi dengan kualitasnya rendah.

4. Kelangkaan kewirausahaan

4. Kelangkaan kewirausahaan
Pexels/Pew Nguyen

Kelangkaan kewirausahaan atau keterampilan bisa juga terjadi di Indonesia. Padahal kewirausahaan merupakan salah satu faktor terpenting yang digunakan dalam pengolahan sumber daya.

Kewirausahaan memerlukan keterampilan yang dapat mengombinasikan sumber daya alam, tenaga kerja serta modal.

Kelangkaan sumber daya kewirausahaan bisa diartikan sedikitnya jumlah pengusaha atau wirausaha dalam sebuah negara. Penyebab dari kelangkaan sumber daya kewirausahaan adalah karena terbatasnya kemampuan manusia, adanya sifat serakah, dan kurangnya tenaga ahli.

5. Cara mengatasi kelangkaan

5. Cara mengatasi kelangkaan
Pexels/Akil Mazumder

Keterbatasan atau kelangkaan sumber daya, mendorong manusia agar berdaya upaya untuk memenuhi segala kebutuhannya. Oleh karena itu betikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelangkaan:

  • Menghemat sumber daya dalam
  • Memelihara kelestarian alam sekitar
  • Menyusun skala prioritas
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
  • Memanfaatkan sumber daya pengganti

Nah itulah tadi informasi mengenai 4 jenis kelangkaan yang terjadi di Indonesia. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan memperluas wawasan yang dimiliki oleh anak mama dan Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk