TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Karakter Anak yang Lahir Hari Sabtu Berdasarkan Wetonnya

Menurut kalender Jawa anak yang lahir di weton hari Sabtu mempunyai sifat beragam

1 Oktober 2022

5 Karakter Anak Lahir Hari Sabtu Berdasarkan Wetonnya
Freepik/jcomp

Indonesia mempunyai budaya yang beragam di setiap daerah, begitu juga di Jawa. Salah satunya adalah weton. Bagi masyarakat Jawa, ilmu weton merupakan sesuatu yang sudah sangat familiar.

Weton adalah hitungan hari lahir seseorang yang digunakan sebagai acuan untuk menunjukkan ramalan tertentu.

Di Jawa, weton juga digunakan untuk menyebut hari ulang tahun seseorang dalam kalender Jawa. Satu pekan di kalender Jawa terdiri dari tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa, yakni Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing.

Oleh karena itu, meski seorang anak sama-sama lahir di hari Sabtu, ternyata mereka mempunyai perbedaan weton yang dapat memengaruhi karakter dan sifatnya lho, Ma.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai seperti apa watak anak yang lahir hari Sabtu menurut weton, berikut ini Popmama.commerangkum informasi mengenai karakter anak yang lahir hari Sabtu berdasarkan wetonnya. Disimak yuk Ma!

1. Sabtu Pon

1. Sabtu Pon
Pexels/Nothing Ahead

Bersumber pada ramalan Jawa, neptu Sabtu Pon adalah sejumlah 16, Sabtu 9 dan Pon 7. Anak yang lahir pada hari Sabtu Pon merupakan anak yang bertanggung jawab dan tidak mudah emosi. Tak hanya itu, anak dengan weton ini juga memiliki sifat unik yaitu mau mengalah. Sehingga, ia akan menjadi sosok pertama yang akan membantu temannya yang mengalami kesusahan.

Akan tetapi, sifat buruknya adalah ia memiliki ego yang besar. Ketika dewasa anak berweton ini memiliki sifat pemalu dan bukan merupakan tipe orang yang suka tampil di depan umum. Weton ini ada di bawah watak Lakune Bumi, sehingga anak akan menjadi pribadi yang lembut dan suka mengayomi.  

Editors' Picks

2. Sabtu Wage

2. Sabtu Wage
Pexels/Miggy Rivera

Sabtu Wage memiliki neptu 13, dengan rincian Sabtu 9 dan Wage 4. Bila anak mama lahir di hari Sabtu Wage, maka saat dewasa kelak ia akan memiliki sifat yang berpendirian teguh, murah hati, dan setia terhadap orang-orang yang disukai.

Namun, anak yang lahir pada hari Sabtu Wage, umumnya juga memiliki sifat buruk yaitu tidak sabaran, suka membantah, dan angkuh. Watak Lakuna Lintang dalam weton ini dipercaya akan menjadikan anak sebagai seseorang yang memiliki pesona luar biasa dan dapat membuat banyak orang di sekitarnya merasakan kebahagiaan juga.

3. Sabtu Kliwon

3. Sabtu Kliwon
Pexels/Mary Taylor

Sabtu Kliwon mempunyai neptu sejumlah 17, Sabtu 9 dan Kliwon 8. Karakter sabar dan bijaksana yang melekat pada anak yang lahir di hari Sabtu Kliwon dinilai sangat bagus. Anak yang lahir pada Sabtu Kliwon cenderung memperlakukan orang lain dengan baik sekalipun musuhnya sendiri. Ia juga pandai mengucapkan kata-kata yang menyenangkan.

Sayangnya, karena sifat suka mengalahnya, terkadang anak dengan weton ini akan dengan mudah memendam amarah. Apabila ia sudah marah, maka bisa menjadi orang yang sangat ditakuti. Weton ini ada di bawah watak Lakune Gunung yang artinya terlalu mudah percaya dengan apa yang dikatakan oleh orang-orang di sekitarnya.

4. Sabtu Legi

4. Sabtu Legi
Pexels/Frederik Trovatten

Sabtu Legi memiliki neptu 14, Sabtu 9 dan Legi 5. Anak yang lahir pada hari Sabtu Legi adalah anak yang mempunyai sifat kepemimpinan dan mandiri. Ia diperkirakan bisa menjadi seorang pemimpin di masa depan karena karakteristiknya ini. Anak yang lahir pada hari tersebut juga selalu tampak ceria dan pintar berteman atau berinteraksi dengan siapa saja di sekitarnya.

Kendati demikian, saat dewasa ia akan bersifat pemarah dan suka berbohong. Weton ini berada di bawah watak Lakune Mbulan, artinya dengan sifatnya yang mudah berteman, ia akan menjadi seseorang yang dibutuhkan oleh orang banyak untuk dimintai nasihat.

5. Sabtu Pahing

5. Sabtu Pahing
Pexels/Loifotos

Sabtu Pahing memiliki neptu banyak yaitu sejumlah 18, Sabtu 9 dan Pahing 9. Anak yang lahir dengan weton Sabtu Pahing adalah anak yang penolong dan baik hati. Sifat inilah yang membuatnya selalu siap membantu teman yang berada dalam kesusahan.

Namun, ia juga mempunyai sisi buruk yaitu sifatnya yang cenderung pemarah dan ceroboh saat mengerjakan suatu hal. Weton ini ada di bawah watak Lakune Paripurna yang berarti ia memiliki karakter sebagai seseorang yang egois dan dominan. Apabila keinginannya tidak dipenuhi, mereka akan marah atau mengomel.

Nah, itulah tadi karakter anak yang lahir hari Sabtu berdasarkan Wetonnya. Bagi Mama yang tetap memegang teguh tradisi, maka informasi terkait weton ini mungkin dapat menjadi informasi tambahan. Bagi Mama yang baru saja tahu, maka semoga informasi ini bisa menjadi pengetahuan baru ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk