TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Memahami Tipe Karakter dan Kepribadian ESFP pada Remaja

Anak ESFP memiliki karakter yang menghibur dan penuh keceriaan

19 Agustus 2022

Memahami Tipe Karakter Kepribadian ESFP Remaja
Freepik/REDfox

Saat ini sejumlah orang telah mencoba mengikuti tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. Tes MBTI ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana dan seperti apa tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang.

Tes MBTI terdiri dari 16 tipe kepribadian. Salah salah satu tipe kepribadian yang dimiliki oleh seseorang adalah ESFP (Extraverted, Sensing, Feeling, Perceiving).

Kepribadian ESFP sendiri terbagi menjadi dua, yakni ESFP-A dan ESFP-T. Anak remaja yang memiliki tipe kepribadian ESFP pada umumnya dikenal sebagai orang yang suka menghibur dan membantu orang-orang di sekitar mereka. Lantas, seperti apa sih kepribadian dan karakter ESTP?

Nah kali ini Popmama.com telah merangkum informasi untuk membantu Mama memahami tipe karakter dan kepribadian ESFP pada remaja. Yuk simak di bawah ini!

1. Apa itu ESFP?

1. Apa itu ESFP
Freepik/timeimage

Mengutip dari laman 16 personalities, remaja dengan tipe kepribadian ESFP atau kepribadian “Entertainer” merupakan remaja yang memiliki ciri  Extravert, Sensing, Feeling, dan Prospecting.

Anak dengan tipe ESFP dikenal memiliki semangat tinggi dan menyukai pengalaman hidup yang berkesan.

Mereka juga senang ketika menemukan hal-hal yang tidak diketahui sebelumnya. Memiliki kemampuan untuk mendorong orang lain agar melakukan kegiatan bersama.

2. Perbedaan ESFP-A dan ESFP-T

2. Perbedaan ESFP-A ESFP-T
Pexels/Naomi Shi

Meski termasuk dalam satu tipe ESFP, tipe ini juga masih dibedakan dalam dua tipe ESFP yang berbeda, yaitu ESFP-A dan ESFP-T. Apa sih perbedaan antara keduanya?

ESFP-A adalah kependekan dari Assertive Entertainer, sedangkan ESFP-T merupakan kependekan dari Turbulent Entertainer. Secara umum, ESFP-A cenderung cepat menunjukkan dan berbagi kebahagiaan mereka, tetapi kemungkinan juga mereka malah akan menekan emosi negatif yang dimiliki. Sementara itu, ESFP-T lebih suka menyimpan dendam terhadap orang lain karena tidak mau mengungkapkannya. Mereka juga lebih mudah terluka oleh kritik atau serangan balik dari orang sekitarnya.

Karena sifat tertutup yang dimiliki, seorang ESFP-T menjadi kurang transparan kepada teman-teman atau orang di sekitanya.

Editors' Picks

3. Ciri-ciri anak remaja dengan karakter ESFP

3. Ciri-ciri anak remaja karakter ESFP
Pexels/Monstera

Dari penjelasan di atas, selanjutnya apakah Mama sudah bisa tahu lebih dalam bagaimana ciri atau karakteristik anak dengan tipe ESFP?

Apabila belum, berikut beberapa ciri-ciri anak dengan karakter tersebut, antara lain:

Energik dan Lincah

Anak dengan tipe ESFP merupakan individu yang energik dan lincah. Mereka suka menjadi pusat perhatian. Biasanya suka dan menikmati momen ketika menghibur orang lain dan terlibat dengan orang-orang di sekitar.

Energi yang mereka miliki dapat menular. Selain itu, seorang ESFP selalu mencari petualangan atau pengalaman baru, dan aksi yang menggembirakan.

Menarik untuk Diajak Berteman

Sebagai individu yang energik, seorang ESFP mampu menerbarkan kehangatan juga ke lingkungan sekitarnya. Kepribadian ini akan terus-menerus mencari cara untuk menyampaikan optimisme dan antusiasme mereka kepada teman-teman.

ESFP benar-benar ingin orang-orang di sekitar mereka agar bisa merasakan kegembiraan yang sama seperti yang mereka rasakan. Oleh karena itu, sifat ini menimbulkan sebuah ketertarikan yang membuat orang lain ingin betereman dengan seorang ESFP.

Perseptif dan Jeli

Mereka sangat sadar akan lingkungan sekitar mereka dan memperhatikan hal-hal nyata yang mengalami perubahan.

Anak ESFP bisa menyesuaikan diri dengan emosi dan kebutuhan orang lain dan bersedia terjun untuk memberikan dukungan emosional atau nasihat praktis kapan pun jika dibutuhkan.

Terlihat Unik

Mereka adalah individu yang unik dan orisinal, terutama dalam hal fashion. Mereka suka bereksperimen dengan gaya baru dan sering mengenakan pakaian dengan warna-warna cerah.

Melalui kebiasaan itu, seorang ESFP cenderung menjadi trendsetter karena mereka suka mencari cara untuk menonjol di keramaian.

4. Kelebihan karakter ESFP

4. Kelebihan karakter ESFP
Pexels/Khesenia Chernaya

Mampu Menghidupkan Suasana

Seorang anak dengan tipe ESFP memiliki kepribadian yang hidup. mereka menggunakan itu untuk menghidupkan setiap lingkungan yang ditempati. Membawa senyum dan kesenangan kepada orang lain dapat memberi ESFP kepuasan yang lebih besar daripada apa pun di dunia ini.

Suportif

ESFP memang suka menjadi pusat perhatian, tetapi mereka juga menghargai semangat kerja sama sehingga tidak pernah mencoba menjadi pusat perhatian ketika diminta untuk mengerjakan proyek kelompok.

Mereka akan selalu mendengarkan apa yang dikatakan setiap orang dan tidak akan pernah mencoba memaksakan idenya pada siapa pun.

Bersifat Positif

Mereka sangat percaya bahwa sisi baik adalah satu-satunya yang layak untuk dilihat.

Selain itu, mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam menyampaikan antusiasme dan harapan mereka kepada orang lain di sekitarnya.

Berani

Mereka adalah seseorang yang berani dalam melakukan perkerjaan berkualitas tinggi dan bertekad mencapai hal-hal luar biasa. Mereka sangat ingin membantu orang lain.

Seorang ESFP suka ketika melihat peluang yang mampu berdampak konstruktif dalam kehidupan orang-orang yang paling disayangi.

5. Kekurangan karakter ESFP

5. Kekurangan karakter ESFP
Unsplash/Jeremy McKnight

Menghidar Dari Konflik

Terkadang mereka akan menyangkal kebenaran yang tidak menyenangkan atau menghindari situasi yang tidak nyaman.

Seoang ESFP merupakan individu yang membenci situasi atau keadaan malang lainnya yang tidak dapat dihilangkan atau diatasi dengan sikap ceria.

Sensitif

Sangat disayangkan seorang ESFP memiliki kekurangan ini, karena mengingat kecenderungan mereka untuk suka menampilkan pertunjukan dan bersifat blak-blakan.

Mereka merasa sangat sensitif dan dapat terluka ketika orang lain mengkritik ide, kepribadian, atau perilaku mereka. Karena mereka sulit melihat kritik seperti itu sebagai sesuatu yang membangun.

Mudah Bosan

Dengan kebutuhan akan kegembiraan yang terus-menerus, seroang ESFP menjadi sulit untuk mempertahankan fokus mereka pada topik yang ada sehingga mudah merasa bosan.

Sulit untuk Fokus

Anak dengan tipe ESFP ketika dihadapkan dalam keadaan dimana harus memilih antara A atau B, mereka akan sulit untuk memilihnya.

Ketidakpercayaan terdahap hal-hal yang abstrak dan tidak adanya proyeksi gambaran besar untuk masa depan membuat mereka menjadi perencana jangka panjang yang buruk dan sulit fokus.

6. Hal yang disukai karakter ESFP

6. Hal disukai karakter ESFP
Freepik/lookstudio

Jika dilihat dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa hal-hal yang disukai anak dengan karakter ESFP adalah menikmati pekerjaan langsung di mana mereka bebas untuk bersantai dan dilakukan secara naluriah. Mereka lebih suka bekerja dengan hasil yang langsung dan nyata.

Banyak ESFP memiliki ketertarikan terhadap hal-hal yang bercorak artistik, unik dan bernilai estetika. Mereka cenderung memilih kegiatan yang memungkinkan untuk melibatkan pengindraan baik melalui makanan, seni, atau musik.

Di saat luang seorang ESFP suka menikmati waktu dengan bersosialisasi, berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, mengerjakan proyek, memasak, bahkan juga menari.

ESFP menyukai pesta besar dan pertemuan sosial dengan orang-orang. Karena mereka memiliki kebiasaan selalu bersemangat untuk bergabung dengan kelompok mana pun atau berpartisipasi dalam aktivitas apa pun yang terdengar menyenangkan.

7. Tips membesarkan anak remaja dengan karakter ESFP

7. Tips membesarkan anak remaja karakter ESFP
Unsplash/Jonathan Borba

Seorang Mama yang memiliki anak remaja dengan tipe kepribadian ESFP, tentunya harus memberikan pola asuh yang sesuai agar mampu menunjang tumbuh kembang yang lebih optimal. Berikut beberapa tips membesarkan anak remaja dengan karakter ISFP:

  • Ciptakan waktu bersantai bersantai bersama anak terutama di rumah, karena anak dengan tipe ESFP suka akan hal-hal yang santai.
  • Berikan anak kebebasan untuk terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan seperti olahraga, hobi, atau petualangan di luar ruangan.
  • Hindari mengekang anak ataupun memaksakan aturan ketat atau kegiatan yang dijadwalkan secara ketat pada anak.
  • Hargai dan dukung setiap hal yang membuat anak merasa gembira .
  • Penting untuk bersikap jujur dan terus terang. Selain itu hindari bersikap terlalu keras atau konfrontatif terhadap anak.

Nah itulah penjelasan mengenai karakter ESFP. Jadi bagaimana, apakah anak mama termasuk dalam kategori anak dengan karakter di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk