Sabar, Ma. Ini Dia 5 Cara Menghadapi Anak yang Susah Diatur

Ada hubungan nih antara perilaku susah diatur dengan kebiasaan nonton televisi

9 Juli 2019

Sabar, Ma. Ini Dia 5 Cara Menghadapi Anak Susah Diatur
Freepik/Pressfoto

Memiliki anak remaja memang membuat sebagian orangtua kewalahan. Mereka sering kali menimbulkan kekesalan tersendiri dengan sikapnya yang suka bertindak masa bodoh terhadap sekitarnya, sehingga jadi susah diatur.

Mengatur anak remaja tentunya harus dihadapi dengan cara khusus agar kejengkelan yang terjadi pada Mama tidak terus berlanjut.

Kali ini Popmama.com akan mengulasnya sebagai wawasan untuk para orangtua. Yuk, simak 5 cara menghadapi anak remaja yang susah diatur. 

1. Bekali anak dengan pendidikan agama

1. Bekali anak pendidikan agama
Freepik/Pressfoto

Masa remaja berbeda, mereka sudah merasa memiliki hak akan dirinya sendiri dan orangtua tidak bisa semuanya mengatur.

Peran orangtua sangatlah penting, maka dari itu buat batasan khusus yang sebelumnya telah dibicarakan terlebih dahulu dengan anak-anak.

Salah satunya membekali pendidikan agama. Pemberian pendidikan agama dari orangtua bertujuan untuk membuat mereka lebih religi, berkarakter dan dapat menghindari perbuatan yang tidak semestinya.

Mama dapat membuat peraturan mengenai kewajiban terhadap agamanya.

Dimana hal ini menjadi sebuah keharusan untuk orangtua yang memiliki anak remaja, karena mengingat banyaknya kasus yang terjadi pada anak remaja pada kemerosotan moral dan akhlak yang tidak baik.

2. Mencontohkan hal yang baik pada anak

2. Mencontohkan hal baik anak
Freepik/khromkrathok

Jika Mama ingin sang anak tumbuh menjadi sosok yang baik, patuh dan bisa diatur maka sebaiknya berikanlah contoh baik di kehidupan sehari-hari.

Usahakan untuk menjauhkan mereka dari perbuatan-perbuatan buruk atau kasar yang nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhannya.

Salah satu contoh untuk anak remaja yang notabene susah diatur yaitu harus menjauhkan dari tontonan televisi yang menayangkan kekerasan maupun tontonan kriminalitas. 

Luangkanlah waktu untuk melakukan kegiatan positif bersama anak yang dapat membawa dampak baik untuk perkembangan mentalnya.

Editors' Picks

3. Beri dukungan dan perhatian

3. Beri dukungan perhatian
Freepik/Katemangostar

Jangan heran kalau anak remaja akan cenderung sering melakukan pelanggaran, sehingga sulit diatur. Oleh sebab itu berilah mereka dukungan dan perhatian.

Luangkan waktu untuk mendengarkan saat ia ingin menyampaikan sesuatu kepada Mama, jelaskan bahwa orangtua adalah seseorang yang terbaik untuk bisa menerimanya dalam keadaan apa pun.

Agar komunikasi dengan anak berjalan baik, sebaiknya orangtua memberi dukungan maupun perhatian dalam memahami apa yang sedang disukai mereka.

Dengan belajar mengetahui kesukaan anak, maka jadi lebih mudah untuk masuk ke dunia mereka yang sudah menginjak usia remaja.

4. Menjadi orang yang dipercaya anak

4. Menjadi orang dipercaya anak
Freepik/lsantilli

Menjadi orangtua yang dapat dipercaya anak menjelang remaja itu sangatlah penting.

Agar mereka tidak membangkang atau susah diatur, ada baiknya Mama membuatnya merasa nyaman sebagai sosok orangtuanya.

Jadilah orang yang dipercaya anak dan memberikan rasa nyaman, sehingga mereka percaya pada orangtuanya sendiri.

Sebab anak remaja yang sulit diatur cenderung tidak pernah merasakan kasih sayang orangtua. Oleh karena itu mulailah menjalin komunikasi dan berusaha memahami posisi maupun apa saja yang dirasakan oleh anak.

5. Sabar dan lakukan pendekatan kepada anak

5. Sabar lakukan pendekatan kepada anak
Freepik/serhii_bobyk

Apakah anak Mama termasuk anak yang susah diatur? Tentunya punya anak yang beranjak remaja sudah mulai tidak mendengarkan ucapan orangtuanya.

Memang menghadapi anak yang sedang tumbuh menjadi remaja tidaklah mudah, anak terkadang bisa menjadi sangat sulit untuk dihadapi.

Sebaiknya jangan hadapi dia dengan emosional dan penuh amarah. Sebab cara tersebut tidak akan ampuh.

Sebaiknya Mama melakukan pendekatan yang baik, berilah nasehat secara lemah lembut bahwa apa yang dilakukannya tidak baik.

Mengatasi anak remaja yang susah diatur juga perlu mengalah dan penuh kesabaran, dengan begitu anak akan mengerti bahwa orangtua sangat memperhatikan dirinya.

Sabar ya, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!