28 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Seru Beserta Harga Tiket Masuk

Berbagai tempat wisata ini cukup menantang dan mampu meningkatkan kreativitas anak lho, Ma!

9 Oktober 2021

28 Tempat Wisata Anak Jakarta Seru Beserta Harga Tiket Masuk
tripadvisor.co.id

Sibuk dengan berbagai pekerjaan tentu membuat Mama dan keluarga jarang menghabiskan waktu berlibur bersama. Ditambah selama masa pandemi ini juga harus bekerja dan melakukan aktivitas di rumah.

Bosan rasanya apabila tidak mencoba mencari hal baru atau sekedar refreshing. Mau pergi wisata ke luar kota pun rasanya juga tidak memungkin.

Namun, di masa PPKM seperti ini, sudah terdapat beberapa tempat wisata yang sudah buka kembali lho, Ma!

Tidak perlu repot jauh-jauh pergi keluar kota, di Jakarta pun juga terdapat berbagai tempat wisata yang tidak kalah seru dan dapat Mama kunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai tempat wisata di Jakarta beserta harga tiket masuknya untuk Mama!

1. The Wave Pondok Indah Waterpark: Belajar surfing yang seru!

1. The Wave Pondok Indah Waterpark Belajar surfing seru
pondokindahwaterpark.co.id

Ingin memacu adrenalin dengan mencoba belajar olahraga ekstrim? Disini merupakan tempat yang tepat untuk belajar surfing. Di The Wave Pondok Indah Waterpark ini, anak dapat merasakan bagaimana rasanya berselancar seperti berada di tengah laut lho, Ma!

Flowrider merupakan wahana buatan surfing pertama yang ada di Indonesia.Tidak perlu khawatir Ma, karena sebelum memulai wahana ini anak pasti akan diberi pengarahan terlebih dahulu mengenai cara penggunaannya serta akan diberi pengawasan oleh para staf terlatih.

Tidak hanya itu, anak juga dapat menguji adrenalin dengan mencoba area Wizzard Slide. Area ini merupakan tempat berselancar yang memiliki ketinggian berbeda lho. Mama juga dapat bersantai sejenak di Lazy River sambil melihat anak mama bermain di area Aqua play. 

Bagi anak mama yang lebih senang bermain dan tidak mau mencoba wahana ekstrim, tentu Aqua play adalah tempat yang cocok karena anak dapat bermain tembak-tembakan air, berseluncur di perosotan mini dan juga menanti ember raksasa menumpahkan air.

Tidak perlu khawatir, apabila Mama dan anak sudah mulai merasa lapar, di area ini juga menyediakan berbagai macam makanan yang dapat Mama pilih. Mama juga dapat membawa makanan dari luar untuk di santap.

Tempat ini mulai dibuka dari pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB malam dengan harga Rp.100.000 di hari Senin-Jumat, Rp.150.000 di Sabtu-Minggu. Selain itu, untuk Flowrider sendiri memiliki harga Rp.50.000.

Tempat ini juga terletak di tempat yang sama dengan Pondok Indah Mall. Jadi, Mama dapat pergi ke mall ketika sudah selesai berenang.

2. Belajar tentang luar angkasa di Skyworld Taman Mini Indonesia Indah

2. Belajar tentang luar angkasa Skyworld Taman Mini Indonesia Indah
Instagram.com/mancil

Berbagai hal mengenai astronot dan luar angka selalu menjadi pilihan terbaik bagi anak-anak. Bagi anak mama yang tertarik mengenai dunia luar angkasa maka tidak ada salahnya untuk menjadikan Skyworld ini tempat wisata yang ingin dituju.

Pada tempat ini terdapat ruang pamer yang berisikan replika dari roket raksasa, serta menampilkan pajangan mengenai perjalanan astronot hingga tatanan dari tata surya. Anak juga dapat mencoba control room yang berada di area atas lho, Ma!

Selain itu, anak juga dapat berfoto dengan seorang astronot di area ini.

Skyworld ini juga menghadirkan dua macam wahana menarik yang tidak kalah seru untuk dicoba oleh anak mama. Kedua wahana tersebut adalah Planetarium dan juga Cinema 5D. 

Di Cinema 5D ini terdapat tayangan yang akan mengajak anak mama untuk menjelajahi ruang angkasa ditambah akan merasakan bagaimana sensasi seperti benar-benar merasa sedang terbang lho.

Selain itu, di tempat ini juga menyediakan playground, mulai dari trampolin, wall climbing, dan seluncuran serta ayunan yang dapat Mama kunjungi ketika anak merasa bosan.

Skyworld juga menyediakan mini waterpark yang sayang untuk Mama lewatkan. Mini waterpark ini juga sudah termasuk dalam tiket Skyworld, jadi jangan lupa sekalian bawa baju ganti ya, Ma!

Skyworld ini terletak di alamat Taman Among Putro Skyworld Indonesia, dan biasanya buka pada hari Senin-Kamis pukul 09.00 – 17.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp.70.000. 

Namun, selama pandemi Skyworld buka pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional pukul 08.00 - 17.00 WIB.

3. Melihat pemandangan indah kota Jakarta dari J-Sky Ferris Wheel

3. Melihat pemandangan indah kota Jakarta dari J-Sky Ferris Wheel
Instagram.com/awaneko20

Tempat wisata kali ini berbeda dari sebelumnya. Tempat ini terletak di area rooftop AEON Mall Jakarta Garden City yang bernama J-SKY Ferris Wheel. 

J-SKY Ferris Whel ini merupakan bianglala tertinggi di Indonesia yang memiliki diameter sebesar 50 meter serta memiliki puncak tertinggi lebih dari 100 meter dari permukaan tanah.

Bianglala yang berada di daerah Cakung, Jakarta Timur ini terbuat dengan LCD raksasa yang aman karena memiliki bahan material yang dibawa langsung dari Jepang dan mendapat klaim tahan gempa.

Buat Mama dan keluarga yang menyukai tempat tinggi, tentu bianglala ini dapat menjadi pilihan tempat wisata yang perlu masuk daftar list Mama. 

Dari puncak ketinggiannya, Mama bersama keluarga dapat melihat pemandangan yang indah dan keren yang dapat dinikmati. Selain itu, terdapat sekitar 32 gondola yang dapat Mama pilih sesuka Mama. 

Tiap gondola ini memiliki kapasitas maksimum sebanyak 6 orang. Tidak hanya itu, di setiap gondola juga terdapat penyejuk udara serta sofa kulit yang empuk untuk dua buah gondola khusus. Nyaman bukan?

J-SKY Ferris Wheel ini tetap buka selama masa PPKM lho, Ma! Mama dapat mengunjungi tempat wisata ini pada hari kerja maupun hari libur pada pukul 10.00-22.00 WIB.

Harga tiket masuk J-SKY Ferris Wheel juga berbeda-beda, pada Senin-Jumat Rp.50.000 dan Sabtu-Minggu Rp.60.000. Selain itu juga terdapat harga untuk couple sebesar Rp. 150.000, VIP Rp. 300.000 dan Jsky Rhythm sebesar Rp.200.000

4. Jakarta Aquarium: tempat melihat keindahan bawah laut

4. Jakarta Aquarium tempat melihat keindahan bawah laut
Instagram.com/jakartaaquarium

Jakarta Aquarium terletak di Neo SOHO dan berada dibawah naungan taman safari serta termasuk dalam aquarium indoor terbesar yang ada di Indonesia. Jakarta Aquarium ini dibagi berdasarkan jenis ikan-ikannya lho!

Yang membuat menarik dari Jakarta Aquarium terdapat lorong kecil yang dapat dilewati sambil melihat berbagai linsang yang bergerak secara lincah. Di Jakarta Aquarium ini juga terdapat berbagai satwa mulai dari satwa laut besar seperti hiu hingga hewan darat seperti binturong. 

Selain itu, Mama dapat mengajak anak mama untuk bertemu dan bermain dengan ikan-ikan kecil di area Touch Pool. Disini, anak mama dapat bebas menyentuh berbagai macam hewan laut yang lucu dan menggemaskan.

Tidak hanya itu, di Jakarta Aquarium juga terdapat berbagai pertunjukan teatrikal menarik kelas dunia yang tidak boleh Mama lewatkan, yaitu Pearl of the South Sea.

Biasanya Jakarta Aquarium buka mulai pukul 10.00-20.00 WIB pada hari Senin-Jumat dengan harga Rp. 150.000 untuk dewasa dan Rp.125.000 untuk anak-anak. Sedangkan pada Sabtu-Minggu memiliki harga sebesar Rp.200.000 untuk dewasa dan Rp.150.000 untuk anak-anak.

Namun, karena adanya PPKM, tempat ini juga tutup sementara. Mama dapat mengunjungi wisata ini bersama keluarga ketika sudah mulai buka ya, Ma!

5. Berbagai macam action figure di Museum of Toys

5. Berbagai macam action figure Museum of Toys
Instagram.com/anisahadra

Museum ini merupakan museum mainan pertama di Indonesia. Museum yang terletak di daerah Cipondoh, kota Tangerang ini menampilkan berbagai macam koleksi Win Satrya bersama para kolektor mainan lainnya selama 15 tahun. 

Museum ini juga menampilkan berbagai macam action figure sebanyak kurang lebih 3.000 figure dengan edisi terbatas dan ditampilkan dengan gaya yang unik, filosofi desain serta nilai sejarah yang ada.

Selain itu, di lantai dasar ini juga terdapat cafe yang dapat Mama kunjungi bersama keluarga untuk mengisi perut setelah mengelilingi area museum.

Museum of Toys ini buka pada hari Minggu-Kamis pukul 09.00 – 18.00 WIB dan Jumat-Sabtu pukul 09.00 – 20.00. Harga tiket masuknya yaitu sebesar Rp.60.000 untuk weekdays serta Rp.80.000 untuk weekend.

6. Belajar masak di Kitchen Magic, yuk!

6. Belajar masak Kitchen Magic, yuk
Instagram.com/layan_tala_funtime

Ingin mencoba belajar kelas memasak bersama anak? Mama dapat mengajak anak mama ke Kitchen Magic dan mengikuti kelas belajar memasak tanpa harus booking terlebih dahulu.

Disini terdapat berbagai macam masakan yang diatur berdasarkan usianya, yaitu kelas memasak untuk anak, remaja dan dewasa. Sementara itu, untuk anak-anak sendiri mereka akan dibebaskan berkreasi dalam menghias kue kering dengan berbagai bentuk dan warna.

Kitchen Magic ini terletak di Mall Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan. Di tempat ini juga terdapat program Mom & Kids yang tidak kalah seru lho, Ma! Mama dan anak mama dapat saling menguji kekompakan ketika mengikuti program ini.

Selain itu, Mama juga tidak perlu repot membawa berbagai macam alat masak karena sudah disediakan oleh tempat ini sendiri. Kitchen Magic buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB siang hingga 20.00 WIB malam.

Harga tiket masuknya juga bermacam-macam, untuk paket cookies decoration seharga Rp.60.000, untuk cooking class Rp. 150.000, sementara untuk cooking class dan cake decoration seharga Rp.210.000.

7. Memecahkan teka-teki di Pandora Experience

7. Memecahkan teka-teki Pandora Experience
Instagram.com/orkay.id

Bagi anak mama yang menyukai misteri dan detektif, Pandora Experience dapat menjadi pilihannya. Pada permainan akan melatih kekompakan dalam permainannya.

Permainan yang berdurasi 120 menit ini dipenuhi dengan berbagai macam tantangan dan misteri teka-teki yang mengharuskan untuk mengasah otak untuk memecahkannya.

Pandora Experience ini memiliki berbagai macam tema dan episode dalam setiap permainannya dan harus diselesaikan. Ditambah dengan area permainan serta dekorasi dari ruangan dan efek suara yang mendukung tentu akan membuat anak merasa tertantang dan tidak bosan selama bermain.

Pandora Experience ini memiliki tiket masuk sebesar Rp.150.000. Tempat ini pun juga terdapat di beberapa daerah, untuk Jakarta sendiri berada di tiga tempat, yaitu kelapa gading, Mall Ciputra dan Ruko Puri.

Untuk Mall Ciputra dan Ruko puri buka pada pukul 12.00-22.00 WIB, sementara di Kelapa Gading buka pukul 10.00–22.00 WIB pada hari Senin-Kamis dan 10.00–00.00 WIB pada Jumat-Minggu. Namun, diketahui Pandora Experience ini sedang tutup sementara karena masa PPKM.

8. Mengenal permainan boardgame di Arcanum Hobbies Board Game

8. Mengenal permainan boardgame Arcanum Hobbies Board Game
Instagram.com/arcanumhobbies

Mama dapat mengenalkan permainan boardgame pada anak yang tidak kalah seru. Di Arcanum Hobbies ini anak akan dipandu dengan sabar oleh para staf yang bekerja di sana untuk mempelajari permainan tersebut.

Permainan ini dimainkan secara berkelompok. Dengan begitu, anak pun dapat sekalian bersosialisasi dengan pemain lainnya ketika sedang bermain.

Terdapat berbagai macam tema permainan yang dapat dimainkan oleh anak, yang dimana pada setiap box permainannya tentu akan menguji kemampuan dari setiap pemainnya agar mendapat kemenangan.

Selain itu, tempat ini juga cukup luas dan tenang sehingga membuat anak akan lebih leluasa bermain disini.

Arcanum Hobbies ini buka pada hari Rabu-Minggu setiap pukul 13.00-22.00 WIB malam. Harga tiket masuknya sekitar Rp.55.000 dan lokasinya berada di Kuningan City.

9. Mengelilingi taman wisata Hutan Mangrove

9. Mengelilingi taman wisata Hutan Mangrove
Instagram.com/twa_mangrove

Apabila anak mama bosan berwisata di dalam ruangan, maka Mama bisa mencoba mengajak anak untuk berwisata ke Taman Wisata Alam Mangrove Muara Angke.

Disini Mama dapat menyusuri jembatan kayu yang mengelilingi hutan mangrove serta dapat menyewa kapal lho, Ma! Kapasitas kapal yang disediakan pun bermacam-macam, mulai dari dua hingga 8 orang.

Taman wisata ini memiliki tempat yang cukup luas, sehingga jangan sampai Mama melupakan topi dan menggunakan pakaian yang nyaman ya, Ma!

Di tempat ini pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar, sehingga jika anak Mama lapar maka Mama dapat membelinya di kantin terlebih dahulu.

Untuk mengambil gambar Mama dapat mengabadikannya dengan menggunakan kamera smartphone Mama. Hal ini karena penggunaan kamera profesional dilarang, dan apabila ingin menggunakannya akan dikenakan biaya tambahan.

Selain itu, di tempat ini memiliki spot foto favorit yang dimana para pengunjung dapat berfoto di depan deretan pondok kemah. Para pengunjung pun juga dapat menginap di pondok-pondok tersebut.

Taman ini terletak di Jalan Garden House dan buka pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuk pun juga bermacam-macam, untuk anak-anak sebesar Rp.10.000 dan dewasa Rp. 25.000 untuk hari weekdays serta Rp. 30.000 untuk weekend.

10. Theme park terbesar di Indonesia: Trans Studio Cibubur

10. Theme park terbesar Indonesia Trans Studio Cibubur
Instagram.com/transstudio.cibubur

Jika ingin bermain indoor, Mama dapat mengajak anak mama bermain di Trans Studio Cibubur. Ditempat ini memiliki berbagai macam wahana keren dengan teknologi yang baru. 

Salah satu wahana yang paling seru adalah Jurassic Island. Disini para pengunjung akan diajak berpetualang dengan seru di antara dinosaurus untuk menyelamatkan diri dari rekayasa yang mengancam.

Adanya efek suara dan tata cahaya dari teknologi 4D ini tentu akan memanjakan para pengunjung dan membuat petualangan terasa lebih nyata.

Selain itu, disini juga terdapat area snow playground. Disini, anak-anak dapat bermain salju sepuasnya dan membuat boneka salju bersama-sama.

Trans Studio ini terletak di Depok, Jawa Barat. Harga tiket masuknya sebesar Rp.300.000 untuk weekdays dan Rp.400.000 untuk weekend serta buka mulai pukul 09.00-22.00 WIB malam. Namun, karena adanya PPKM saat ini membuat tempat ini tutup sementara waktu.

11. Bertemu berbagai macam satwa di Faunaland Ancol

11. Bertemu berbagai macam satwa Faunaland Ancol
Instagram.com/kissmalikaqudwah

Berbeda dari kebun binatang kebanyakan, di Faunaland ini pengunjung dapat bercengkrama dan duduk disebelah hewan, tentunya tetap dibatasi dengan sekat kaca bening yang tebal untuk keselamatan dan keamanan para pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga dapat memberi makanan pada hewan-hewan yang terdapat di kebun binatang ini.

Di tempat ini juga menghadirkan hewan langka seperti kura-kura raksasa yang usianya diperkirakan sudah lebih dari 50 tahun.

Faunaland yang terletak di Ecovention Building, Ancol ini dibangun dengan nuansa hutan tropis. Faunaland ini terinspirasi dari daerah Papua yang di mana flora dan fauna eksotisnya hidup secara berdampingan dengan harmonis.

Disini pengunjung juga dapat menggunakan paket Safari River Cruise untuk mengarungi dan berlayar di sungai.

Tempat ini buka dari pukul 09.00-17.00 pada weekdays dan pukul 08.00-17.00 pada weekend. 

Harga tiketnya pun juga berbeda-beda, yaitu Rp.65.000 untuk weekdays dan Rp.75.000 untuk weekend. Sementara untuk HTM + Weekend Rp.90.000 pada weekdays dan Rp.100.000 untuk weekend. Sejauh ini Faunaland diketahui sedang tutup sementara waktu karena adanya PPKM

12. Melewati rintangan di Outbondholic Ancol

12. Melewati rintangan Outbondholic Ancol
Instagram.com/jil3009

Bagi anak mama yang suka berpetualang, dapat mengunjungi Outbondholic Ancol. Tempat ini memiliki rintangan dari kategori mudah hingga rintangan sulit. Selain itu juga terdapat flying fox yang memiliki ketinggian setara dengan gedung 7 lantai dan mencapai 480 meter.

Tidak hanya flying fox, disini juga terdapat berbagai wahana menarik lainnya seperti hiking bridge, monkey track, dan climbing wall.

Anak mama dapat menjelajahi area outbond ini beramai-ramai dengan teman atau saudara agar lebih seru. Setiap pengunjung yang ingin mengikuti outbond ini harus memiliki tinggi minimal 150 meter ya, Ma!

Apabila anak mama sudah mulai lelah dan lapar, disini juga terdapat beberapa booth yang menjual beraneka ragam makanan yang disediakan.

Outbondholic ini terletak di Pademangan, Ancol dan mulai buka pada pukul 09.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya pun bermacam-macam, yaitu Rp.100.000 pada hari weekdays dan Rp.120.000 untuk weekend.

13. Houbii Urban Adventure Park

13. Houbii Urban Adventure Park
Instagram.com/houbii_id

Di Urban Adventure ini Mama dan anak mama dapat bermain serta melompat di atas trampolin yang cukup luas. Terdapat sekitar 42 tantangan yang berada di area High Rope Course untuk menguji ketangkasan dan keseimbangan.

Tempat ini menyediakan berbagai macam wahana lainnya yang tidak kalah menarik, salah satunya adalah X Slide.

Di tempat ini pengunjung dari meluncur dari ketinggian 7 meter dengan sudut yang memiliki kemiringan 90 derajat. Tempat ini dibuat untuk pengunjung dengan berbagai usia, terutama anak mama yang sudah menginjak usia 1-2 tahun juga dapat bermain disini.

Mama tidak perlu khawatir karena tempat ini pastinya memiliki keselamatan dan keamanan yang terjadi bagi pengunjung. Walaupun begitu, Mama tetap harus mengawasi anak mama ya!.

Tempat ini terletak di Kebayoran lama dan memiliki harga tiket masuk Rp.225.000 untuk solo tiket. Selain itu, tempat ini biasanya buka pada Senin-Jumat pukul 12.00-20.00 WIB dan Sabtu-Minggu pada 10.00-20.00 WIB. Namun, karena di situasi PPKM saat ini, Houbii Urban pun tutup sementara.

Editors' Picks

14. Berolahraga di Allianz Ecopark

14. Berolahraga Allianz Ecopark
Instagram.com/allianz.ecopark/

Apabila Mama merasa bosan berolahraga di sekitar rumah saja, maka Mama dapat berolahraga di Allianz Ecopark bersama anak mama. Mama dapat mengunjungi tempat ini pada pagi dan sore hari, karena suasananya cukup tenang dan juga sejuk.

Di tempat ini para pengunjung dapat mengelilingi tempat ini dengan berlari maupun bersepeda.

Allianz Ecopark ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas olahraga gratis yang dapat Mama dan anak mama gunakan lho!

Setelah lelah berolahraga Mama dan anak mama juga dapat mengelilingi danau menggunakan sepeda bebek yang disediakan. Tempat ini juga menyediakan Eco Park dan Eco Nature yang dapat Mama perkenalkan pada anak mengenai berbagai macam hewan dan tumbuhan langka.

Allianz Ecopark berada di Ancol dan tidak dipungut biaya, kecuali apabila anak mama ingin memasuki beberapa wahana tertentu yang akan dikenakan tarif khusus. Selain itu, tempat ini juga buka mulai pukul 06.00-17..00 WIB setiap hari.

15. Mengelilingi berbagai macam wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

15. Mengelilingi berbagai macam wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
Instagram.com/tmiiofficial

Siapa yang tidak kenal dengan Taman Mini Indonesia Indah? Taman yang memiliki luas sekitar 150 hektar ini memiliki berbagai macam tempat wisata, wahana bermain hingga teater yang dapat dikunjungi oleh Mama dan keluarga.

Disini Mama dapat menjumpai paviliun yang terdapat di berbagai provinsi beserta dengan rumah adatnya masing-masing. Selain itu, juga terdapat lebih dari 15 museum serta 10 taman di tempat ini.

Mama juga dapat melihat berbagai macam atraksi yang ikonik di teater Keong Mas, Bioskop dengan 4D dan juga Istana Anak Indonesia.

Mama juga dapat mengunjungi wahana air yaitu Snowbay Waterpark yang memiliki tema pegunungan salju. Saat ini TMII sudah dibuka setelah sebelumnya sempat tutup karena PPKM, namun masih terdapat beberapa wahana yang masih tutup.

TMII yang terletak di daerah Ceger, Cipayung ini biasanya mulai buka pada pukul 07.00-22.00 WIB setiap hari dengan harga tiket masuk yang berkisar Rp.20.000.

16. Berenang bersama keluarga di Waterbom Jakarta

16. Berenang bersama keluarga Waterbom Jakarta
tripadvisor.co.id

Salah satu wisata air ini terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Selatan. Waterbom ini memiliki lahan seluas 3,8 hektar yang dibangun dengan tema taman tropis dan indah. Tempat wisata ini juga menyimpan berbagai macam wahana menarik lainnya.

Beberapa wahana tersebut merupakan perosotan dan seluncuran yang sangat luar bisa, diantaranya terdiri dari Speed Slide yang mempunya kecepatan mencapai 70 km/jam, selain itu juga terdapat Twitzer yang mempunyai rute melingkar dengan ujung kolam.

Pada setiap permainannya dilatih oleh staf dan kru profesional dan tentunya dilengkapi dengan berbagai alat keselamatan.

Tidak hanya itu, wahana di sekitar Waterbom ini juga dilengkapi oleh berbagai macam restoran dan kafe yang nyaman dan pas dinikmati bersama keluarga ketika bersantai.

Waterbom ini memiliki harga tiket masuk yang berbeda-beda. Tiket masuk untuk weekdays pada orang dewasa berkisar Rp.190.000 dan anak-anak Rp.130.000, sedangkan weekend Rp.290.000 untuk dewasa dan Rp.230.000 untuk anak-anak.

Waterbom ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB pagi hingga 19.00 WIB malam, namun saat kondisi PPKM seperti ini, Waterbom Jakarta diketahui tutup untuk sementara.

17. The Cat Cabin: Tempat bermain bersama kucing lucu dan menggemaskan

17. The Cat Cabin Tempat bermain bersama kucing lucu menggemaskan
Instagram.com/thecatcabinjakarta

Apakah Mama atau anak mama penyuka hewan berbulu seperti kucing? Jika iya, The Cat Cabin bisa menjadi pilihannya.

The Cat Cabin merupakan kafe kucing pertama yang ada di Indonesia. Kucing-kucing yang terdapat di kafe ini sudah dipastikan jinak ya, Ma. Jadi, mama tidak perlu khawatir.

Kucing di sini juga terawat dan selalu dijaga kebersihannya, selain itu kucing disini juga sudah diberi vaksin. Mama dan anak mama dapat bermain dengan hewan berbulu ini sambil menikmati makanan dan minuman yang dipesan.

Kafe yang terletak di daerah Kemang ini buka setiap hari Selasa-Kamis pukul 12.00-18.00 WIB dan Jumat-Minggu pukul 10.00-19.00 WIB. Harga tiket masuknya sebesar Rp.60.000 untuk weekdays dan Rp.70.000 untuk weekend, sementara untuk jam berikutnya dikenai biaya sebesar Rp.50.000.

18. The Bunker Board Game Cafe

18. The Bunker Board Game Cafe
Instagram.com/thebunkercafe/

Tempat yang satu ini terletak di kawasan Gading Serpong. Tempat ini merupakan kafe yang menyediakan sekitar 200 varian permainan boardgame. 

Selain boardgame, kafe ini juga menyediakan berbagai macam permainan seperti monopoli, ular tangga, panic tower dan beberapa mainan asing lainnya, seperti Ultimate Werewolf, Avalon, dan lain sebagainya.

Berbagai macam permainan tersebut dapat dimainkan bersama teman-teman maupun keluarga. Tentu saja, dalam permainannya pasti akan diajarkan oleh para staf yang ada di sana.

Di tempat ini anak-anak dapat menghabiskan waktunya bersama tanpa harus berfokus bermain gadget. Selain tempatnya yang nyaman disini juga menghadirkan beebrapa makanan dan minuman yang enak dan dapat Mama nikmati bersama keluarga.

Kafe ini buka pada hari Senin-Kamis & Minggu pukul 09.00 – 22.30 dan Jumat-Sabtu pukul 09.00 – 23.00. Makanan yang ditawarkan pun berharga cukup murah yakni sekitar Rp.25.000. 

Sementara untuk boardgamenya sendiri dapat disewa dengan harga Rp.15.000 per orang dan per jamnya.

19. Membuat layangan di Museum Layang-Layang

19. Membuat layangan Museum Layang-Layang
Instagram.com/museumlayanglayang.id

Museum ini terletak di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Museum ini awalnya terinspirasi dari koleksi pribadi sang pendiri museum.

Museum ini memiliki gaya arsitektur Jawa yang dapat dilihat dari logo dan bangunan utamanya. Tentunya, hal ini mampu membuat atmosfer yang etnik di setiap sudut museum tersebut.

Tidak hanya menghadirkan berbagai macam koleksi layangan yang terus bertambah, namun disini juga menghadirkan kelas belajar membuat layang-layang dan juga batik. 

Disini tentunya anak mama dapat menciptakan dan menggambar layang-layangnya sendiri.

Museum ini mulai buka pada pukul 09.00-16.00 WIB setiap hari kecuali hari libur nasional. Sementara untuk tiket masuknya sendiri berkisar Rp.15.000

20. Menginjaki berbagai wahana bermain di Dufan

20. Menginjaki berbagai wahana bermain Dufan
Instagram.com/infodufan

Dufan atau Dunia Fantasi merupakan taman bermain yang paling terkenal di Jakarta serta dinikmati oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun keluarga.

Dufan terletak di Jakarta Utara dan memiliki lebih dari 30 aktivitas yang dapat dinikmati, mulai dari wahana ekstrim hingga wahana yang asik dan bersahabat.

Dufan merupakan bagian dari resort yang memiliki luas 552 hektar dengan Taman Impian Jaya Ancol yang merupakan area terintegrasi terbesar yang ada di Asia Tenggara. 

Setelah menikmati berbagai keindahan di taman tersebut, Mama dapat mengajak anak mama untuk memasuki berbagai macam wahana yang terdapat di Dufan. 

Beberapa wahana atraksi, seperti Atlantis Water Adventure (taman bermain air), Ocean Dream Samudra (pertunjukan hewan laut), SeaWorld, pantai, eco-park dan sebagainya merupakan bagian dari Dufan yang dapat dinikmati.

Terdapat sekitar 8 area serta 1 area indoor special yang dapat dinikmati dan dijelajahi bersama keluarga seharian. Untuk pemesanan tiketnya sendiri Mama dapat membeli tiket annual pass yang mendekati tiket seharga akhir tahun.

Tempat ini biasanya mulai buka pada hari Senin-Jumat pukul 10.00 – 18.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 10.00 – 20.00 WIB. 

Harga tiket yang dipesan pun terdiri dari berbagai macam, untuk tiket annual pass sendiri seharga Rp.200.000 sedangkan untuk fun pass seharga Rp.400.000. Untuk fun pass sendiri sudah termasuk 4 wahana, mulai dari Dufan, Seaworld, Atlantis dan Samudra.

21. Kidzania Jakarta

21. Kidzania Jakarta
Instagram.com/kiddipie

Kidzania adalah destinasi wisata yang menyenangkan serta sangat edukatif, terutama bagi anak-anak. Di tempat ini, anak-anak tidak hanya dapat bermain, namun juga saling mengenal, belajar serta mencoba langsung berbagai profesi yang ada.

Tempat yang terletak di Mall Pacific Place ini dibangun dengan menggambarkan kota secara nyata dalam skala kecil yang diperuntukkan bagi anak-anak. 

Berbagai macam wahana yang ada disini terdiri dari bangunan-bangunan fasilitas kota seperti supermarket, rumah sakit, bioskop dan juga terdapat jalan raya. 

Anak-anak pun dapat mencoba bermain seperti memiliki profesi tertentu, seperti pemadam kebakaran, koki, penyanyi, ilmuwan dan sebagainya. Terdapat sekitar 60 profesi yang dapat diperankan oleh anak.

Tempat mulai dibuka pada hari Senin-Jumat pukul 09.00-18.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-19.00. Harga tiket masuknya sendiri mulai dari Rp.50.000 hingga Rp.245.000 untuk weekdays dan Rp.100.000 hingga Rp.295.000 untuk weekend.

22. Taman bermain Playparq

22. Taman bermain Playparq
Instagram.com/playparq/

Anak ingin bermain di outdoor? Mama dapat mengajak anak untuk bermain di taman bermain Playparq ini. Taman ini terletak di 3 lokasi, yaitu Kemang, Bintaro dan Kuningan. Namun, Kemang merupakan lokasi yang lebih luas dibanding yang lainnya.

Pada taman ini, anak dapat menyalurkan berbagai energinya untuk dapat bermain dan menghabiskan waktunya disini.

Pada area ini terdapat berbagai macam permainan yang dapat dimainkan di dalam ruangan maupun di luar. Di outdoor sendiri dilengkapi dengan berbagai wahana perosotan, area bermain air, rumah pohon, trampolin, flying fox, dan lain sebagainya.

Sembari menunggu anak mama bermain, Mama dapat bersantai terlebih dahulu di lounge atau bangku taman yang disediakan dengan nyaman.

Tempat ini buka di hari Senin, Rabu-Minggu pada pukul 10.00-18.00 WIB dan Selasa pukul 14.00-18.00 WIB. 

Harga tiketnya sendiri bervariasi. Untuk Senin, Rabu, Kamis dan Jumat seharga Rp.60.000 namun khusus hari Kamis mendapat buy 1 get 1. Selain itu, untuk hari Selasa memiliki harga Rp.30.000 dan Sabtu-Minggu Rp.100.000

23. Peak To Peak Indoor Climbing

23. Peak To Peak Indoor Climbing
Instagram.com/evelovelle

Kebanyakan anak-anak tentu menyukai hal-hal baru. Peak To Peak Indoor Climbing dapat menjadi pilihan apabila anak menyukai aktivitas fisik. Di tempat ini pengunjung dapat memanjat sepanjang hari sesuai keinginannya.

Tempat ini juga diajarkan oleh beberapa staf profesional yang dapat membantu anak untuk mulai belajar memanjat. Tidak lupa pula juga dilengkapi dengan berbagai alat pengaman untuk menunjang keselamatan.

Tempat yang terletak di Serpong ini memiliki hal yang menarik. Mereka menawarkan pelatihan bagi anak mama yang ingin menekuni olahraga di bidang ini. 

Standar pelatihannya sendiri merupakan standar Singapore Mountaineering Federation (SMF) yang tentunya pelatihan ini memiliki sertifikat.

Tempat ini mulai buka pada hari Selasa-Kamis pukul 13.00 – 22.00 WIB, Jumat pukul 15.00 – 22.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 10.00 – 21.00 WIB, Untuk tiket masuknya sendiri berkisar mulai dari Rp.95.000

24. Bermain trampolin di Bounce Street Asia

24. Bermain trampolin Bounce Street Asia
Instagram.com/cnlulaby

Salah satu tempat bermain yang wajib dikunjungi adalah trampolin. Bounce Street Asia adalah tempat taman trampolin yang melawan gravitasi dengan melakukan sejumlah petualangan yang menegangkan.

Berbagai macam aktivitas pun terdapat disini, mulai dari hanya sekedar melompat, bermain dodgeball, melakukan slam dunk, manuver sambil melompat hingga melompat ke dinding.

Tempat ini memiliki banyak area yang dapat dimainkan oleh anak serta memiliki tempat yang sesuai untuk anak balita.

Tempat ini pun dapat membuat Mama dan anak mama bersenang-senang sekaligus menggerakkan tubuh untuk melepas stres dan lelah dari pekerjaan yang menumpuk.

Bounce Street Asia ini buka pada Senin-Jumat pukul 11.00-18.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 11.30-20.00 WIB malam. Harga tiket masuk ke tempat ini berkisar Rp.240.000 untuk weekdays dan Rp.280.000 untuk weekend.

25. Menjadi detektif di Escape Hunt

25. Menjadi detektif Escape Hunt
Instagram.com/escapehuntcas/

Di tempat ini, anak mama dapat belajar dan menempatkan diri sebagai seorang detektif. Permainan ini melatih anak mama dan sekeluarga untuk dapat memecahkan misteri bersama-sama.

Tema yang dimainkan dalam permainan ini pun bervariasi. Mulai dari menyelesaikan kasus pembunuhan, misteri penculikan, ataupun menemukan cara untuk dapat keluar dari sebuah ruangan.

Disinilah anak dilatih untuk dapat menyelesaikan kasus dan menyusun puzzle untuk memecahkan misteri. Apabila Mama dan anak mama kehabisan ide, jangan khawatir karena ada staf yang membantu memberikan petunjuk dan penjelasan.

Namun, jangan terlalu sering, ya! karena akan menghilangkan dan mengurangi nilai kesenangan saat bermain permainan ini.

Permainan ini tentu sangat mengandalkan pengetahuan dan pemikiran dari anak mama. Di akhir sesi permainan, tempat ini menyediakan kostum detektif yang dapat Mama dan anak mama gunakan. 

Tentunya hal ini akan membuat permainan terasa lebih nyata dan menyenangkan.

Tempat ini terletak di Kemang Raya dan buka setiap hari mulai pukul 09.30-21.30 WIB. Tiket masuknya sendiri berkisar seharga Rp.200.000 per orangnya.

26. Bricks4Kidz: Bermain dan berkreasi lego

26. Bricks4Kidz Bermain berkreasi lego
Instagram.com/bricks4kidzpik/

Bricks4Kidz dapat menjadi pilihan bagi Mama yang ingin mencari aktivitas yang menyenangkan sekaligus menambah kreativitas anak. Tempat ini dapat menjadi pilihan karena memberi kesempatan pada anak untuk mebangun hal-hal yang ia bayangkan menggunakan balok lego.

Tempat ini memiliki berbagai macam program, mulai dari kelas pra-sekolah sampai kelas setelah sekolah. Bricks4Kidz merupakan tempat yang cocok dimainkan oleh anak berusia berapa saja. Tempat ini juga menghadirkan program spesial di beberapa kesempatan.

Permainan ini tentunya dapat meningkatkan berbagai macam aspek positif mengenai perkembangan, logika, kreativitas, kemampuan sosial, serta menyelesaikan masalah dan kemampuannya dalam berpikir kritis.

Tentunya hal ini sangat memberi manfaat pada anak, karena selain dapat bermain secara menyenangkan juga dapat mendongkrak kreativitas anak.

Tempat ini terletak di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta selatan dan buka setiap hari pada pukul 09.00-17.30 WIB kecuali hari Minggu yang tutup lebih cepat 30 menit. Harga tiket masuk ke tempat ini berkisar Rp.100.000

27. The Playground

27. The Playground
Instagram.com/theplaygroundkemang

Salah satu tempat bermain terbuka lainnya yang dapat dikunjungi adalah The Playground. Tempat yang terletak di Kemang ini memiliki berbagai macam wilayah bermain di luar ruang yang dapat dinikmati anak-anak dan keluarga Mama.

Tempat ini berada di kawasan yang tenang dengan taman bermain yang bergaya Western. 

Selain itu, tempat ini juga dilengkapi oleh berbagai macam permainan, mulai dari permainan yang basah-basahan seperti semprotan air, ring basket, lapangan tenis, jalur sepeda serta sepatu roda dan yang terakhir adalah flying fox dengan panjang 25 meter.

Tempat ini diharapkan mampu membuat anak lebih bebas bermain di luar tanpa harus terpaku terus-terusan melihat alat-alat elektronik.

Tempat ini buka setiap hari pada pukul 08.00-17.30 dengan harga tiket masuk sekitar Rp.75.000

28. Berkuda di Branchsto Equestrian Park

28. Berkuda Branchsto Equestrian Park
Instagram.com/panorama_banten

Berbeda dari sebelumnya, Mama dapat mengajak anak mama untuk dapat berwisata sekaligus menunggangi kuda di Branchsto Equestrian Park. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk belajar berkuda.

Tempat yang terletak di BSD, Serpong, Tangerang ini menghadirkan berbagai macam wahana mulai dari panahan hingga berkuda. 

Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan sebuah taman yang asri dan dapat dinikmati oleh keluarga. Mama juga tidak perlu khawatir karena tempat ini menyediakan kafe dan resto untuk membeli makanan maupun minuman.

Tempat ini buka dari Selasa-Minggu pada pukul 09.00-17.00 WIB, namun pukul 11.00-13.00 digunakan untuk kuda beristirahat sehingga pengunjung tidak dapat menunggangi kuda pada waktu tersebut.

Selain itu, untuk tiket masuknya sendiri gratis dan tidak dipungut biaya, tetapi Mama hanya perlu membayar apabila anak mama ingin menunggangi kuda. Harga kuda yang ingin ditunggangi pun dimulai dari harga Rp.29.000. Di setiap kuda memiliki harga yang berbeda tergantung dari jenis kuda tersebut.

Nah, itu dia informasi mengenai tempat wisata di Jakarta yang dapat Mama kunjungi bersama keluarga. 

Walaupun di beberapa tempat wisata sudah ada yang dibuka, namun terdapat beberapa tempat yang mengharuskan pengunjungnya sudah vaksin terlebih dahulu.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan kemanapun Mama dan anak mama pergi, ya! Terutama di tempat yang ramai seperti tempat wisata.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.