Apa Saja Jenis Kenakalan Remaja yang Terjadi? Yuk, Cari Tahu!

Penyalahgunaan narkotika termasuk dalam salah satu jenis kenakalan remaja.

17 Oktober 2021

Apa Saja Jenis Kenakalan Remaja Terjadi Yuk, Cari Tahu
Freepik/jcomp

Kenakalan remaja merupakan perilaku yang sangat meresahkan bagi kalangan masyarakat. Perilaku kenakalan remaja ini merupakan perilaku menyimpang dan dapat menimbulkan permasalahan ataupun keonaran di masyarakat.

Kenakalan remaja ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor biologis, kepribadian, hingga lingkungan.

Faktor inilah yang nantinya membuat anak menjadi kerap melakukan kenakalan remaja.

Berdasarkan Psikolog Adelina Syarief, SE, Mpsi, menyebutkan bahwa remaja yang melakukan kegiatan atau perilaku menyimpang ini dapat berasal dari faktor diri sendiri atau dari lingkungan.

Fenomena sosial dari kenakalan remaja ini merupakan tindakan yang melanggar hukum dan aturan dalam masyarakat. Biasanya, hal ini terjadi pada anak yang mengalami kesalahan pola asuh dari orangtua.

Berikut Popmama.com sudah merangkum apa saja kenakalan remaja yang biasanya terjadi di lingkungan sekitar kita.

Simak penjelasannya, yuk!

1. Melakukan tawuran atau perkelahian antar sekolah

1. Melakukan tawuran atau perkelahian antar sekolah
Freepik/rawpixel.com

Tindakan perkelahian yang dilakukan anak termasuk dalam kenakalan remaja. Biasanya tindakan ini dapat termasuk perkelahian yang kecil bahkan perkelahian dengan skala yang besar.

Tawuran termasuk salah satu perkelahian yang dilakukan dengan skala besar. Hal ini biasanya terjadi karena ada beberapa oknum yang memiliki masalah, namun malah menyerang ke sekolahan. 

Kejadian ini tentunya sangat berbahaya dan menimbulkan korban jiwa yang cukup banyak, apalagi bila tawuran tersebut malah berakhir menjadi lebih ricuh. Orang-orang yang berada di lingkungan sekolah pun dapat terkena dampaknya. 

Bahkan, tidak jarang kejadian ini juga kerap menewaskan beberapa pelajar. Hal ini membuat tawuran sekolah menjadi potret yang cukup buram dalam dunia pendidikan di Indonesia. 

Editors' Picks

2. Penyalahgunaan dari obat-obat terlarang

2. Penyalahgunaan dari obat-obat terlarang
Freepik

Salah satu tindakan kenakalan remaja yang lainnya adalah mengonsumsi obat-obatan terlarang, seperti penyalahgunaan narkotika. 

Penyalahgunaan dalam narkotika ini termasuk dalam penggunaan narkoba dengan tanpa izin dan tujuan yang digunakan hanya untuk memperoleh kenikmatan semata.

Terdapat beberapa faktor yang membuat anak dapat terjun dalam penyalahgunaan narkotika ini, diantaranya akibat dari perkembangan zaman serta status perekonomian.

Tidak hanya itu, Adel juga menyebutkan para pelaku dari pengguna narkotika ini juga menimbulkan berbagai tindakan yang cukup kriminal, seperti pembunuhan, perampokan serta pemerkosaan.

3. Meminum minuman keras

3. Meminum minuman keras
Freepik/jcomp

Bukan hanya mengonsumsi obat-obatan terlarang, namun kenakalan remaja juga berasal dari remaja yang meminum minuman keras. 

Di Indonesia sendiri, minuman keras memiliki regulasinya sendiri, yaitu dapat dikonsumsi oleh orang dewasa yang sudah memasuki usia legal.

Karena ada aturan tersebut, tentu membuat kebanyakan remaja menjadi penasaran dan mencoba mencicipi alkohol walaupun masih dibawah umur dan belum menjadi waktunya.

Apabila dilihat dari segi medis, tentunya anak-anak yang mengonsumsi alkohol memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatannya.

Anak-anak yang mengonsumsi minuman tersebut sebelum waktunya akan menimbulkan berbagai efek yang berkaitan dengan cara pola berpikir dan juga cara bicaranya.

4. Melakukan seks pra nikah

4. Melakukan seks pra nikah
Freepik/jcomp

Hubungan seksual yang terjadi secara bebas atau biasa disebut seks pra nikah di Indonesia saat ini memiliki peningkatan dari sebelumnya. 

Direktur Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH mengungkapkan bahwa peningkatan tersebut terdiri dari 14,6% pada pria serta 4,5% pada perempuan.

Dilansir dari situs Klikdokter, fenomena dari seks pra nikah ini sudah mencapai tahapan yang meresahkan. Bahkan, terdapat beberapa remaja yang masih berada di bawah usia 15 tahun sudah melakukan seks pra nikah.

Hal ini tentu memiliki dampak yang cukup berbahaya bagi anak-anak. Tidak hanya bersangkutan dengan nilai agama, namun juga dari norma masyarakat serta masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan dari seks pra nikah.

Remaja yang masih kurang edukasi tentu mengetahui risiko dari kejadian ini. Salah satu dampak dari seks pra nikah ini adalah memicu terjadinya penyebaran virus HIV/AIDS.

Maka dari itu, tentunya sangat penting bagi orangtua untuk mulai mengajarkan pendidikan seks pada anak sedari dini dengan perlahan agar dapat menghindari hal-hal buruk seperti kenakalan remaja ini.

5. Melakukan tindakan kriminal

5. Melakukan tindakan kriminal
Freepik

Melakukan berbagai tindakan kriminal merupakan salah satu kenakalan remaja yang cukup berbahaya. Tidak hanya meresahkan masyarakat, tindakan ini juga sangat melanggar norma hukum, sosial serta agama.

Walaupun tindakan kriminal tidak setinggi dari seks pra nikah dan berbagai tindakan kenakalan remaja lainnya, namun bukan berarti hal ini tidak dapat terjadi.

Kasus ini kini sudah mulai kembali marak dan tentunya memberi kekhawatiran pada masyarakat. Salah satunya adalah tindakan begal, begal biasanya juga dilakukan oleh sekelompok remaja.

Kejadian ini pun juga sempat memakan korban, sehingga membuat masyarakat tidak berani keluar terutama pada saat malam hari.

Nah, itulah berbagai jenis kenakalan remaja yang biasanya sering terjadi di sekitar kita. Jangan sampai anak mama terjun dalam kenakalan remaja ini ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.