Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Contoh Hak dan Kewajiban WNI Menurut UUD 1945 yang Perlu Anak Ketahui

Hak dan kewajiban warga negara tidak dapat dipisahkan satu sama lain

1 Oktober 2021

Contoh Hak Kewajiban WNI Menurut UUD 1945 Perlu Anak Ketahui
Pexels/Luis Quintero

Sebagai warga negara haruslah mengikuti hak dan kewajiban sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Dasar (UUD 1945). Hak dan kewajiban sudah melekat di dalam diri setiap individu sedari dini, maka dari itu hak dan kewajiban harus dilakukan dengan seimbang.

Warga negara sudah sepatutnya melakukan hak dan kewajiban menurut UUD 1945 terutama pada pasal 26,27,28, dan 30. Keempat pasal tersebut merupakan landasan dari adanya hak dan kewajiban yang harus dipatuhi oleh setiap warganya.

Menurut pasal 26 UUD 1945, warga negara merupakan orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.

Lantas, apa saja hak dan kewajiban warga negara menurut UUD 1945 dan bagaimana contohnya dalam kehidupan sehari-hari?

Berikut Popmama.com sudah merangkum informasinya untuk Mama.

Hak warga negara

Hak warga negara
Pexels/Burst

Dalam UUD 1945, setiap hak sebagai warga negara Indonesia akan diatur dengan sedemikian rupa. 

Menurut KBBI, hak merupakan sebuah kekuasaan untuk melakukan sesuatu atau dapat diartikan pula dengan kekuasaan yang benar atas sesuatu hal ataupun untuk menuntut sesuatu. Hal-hal yang diperoleh dan dilakukan oleh warga negara terdiri dari:

  1. Hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak, hak tersebut tercantum dalam pasal 27 ayat 2 yang menjelaskan bahwa setiap warga negara Indonesia berhak mendapat pekerjaan yang layak.
  2. Hak untuk hidup, hak ini tercantum pada pasal 28A yang menjelaskan bahwa setiap orang memiliki hak untuk hidup dan berhak untuk melanjutkan kehidupannya.
  3. Hak atas keberlangsungan hidup, hal ini menjelaskan bahwa pada dasarnya setiap individu memiliki hak untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik
  4. Hak mendapatkan pendidikan, hak ini terdapat pada pasal 28C ayat 1 yang menjelaskan bahwa setiap individu dan warga negaranya berhak untuk mendapatkan pendidikan, sumber ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, mengembangkan diri menjadi lebih baik demi meningkatkan kualitas serta  kesejahteraan hidupnya
  5. Hak meningkatkan kualitas hidup, hak ini juga terkandung dalam pasal 28C ayat 1 yang menjelaskan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk dapat meningkatkan kualitas hidupnya.
  6. Hak mendapatkan pengakuan dan perlindungan,  hak ini terdapat dalam pasal 28D ayat 1 yang menjelaskan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk berlindung dan mendapat pengakuan yang sama secara hukum

Editors' Picks

Contoh-contoh hak dari warga negara yang dapat dilakukan

Contoh-contoh hak dari warga negara dapat dilakukan
Pexels/CDC

Sebagai warga negara, tentu memiliki haknya masing-masing dalam menjalankan sesuatu hal. Berikut ini berbagai contoh kecil dari setiap warga negara, diantaranya:

  1. Setiap warga negara berhak untuk memeluk serta menjalankan agamanya masing-masing
  2. Setiap warga negara berhak dalam menyuarakan pendapatnya baik secara lisan ataupun tulisan menurut dengan undang-undang yang berlaku
  3. Setiap warga negara berhak menerima dan memiliki pendidikan dengan sama rata baik dalam fasilitas dan pengajaran
  4. Setiap warga negara berhak untuk menikah dan memiliki kelangsungan hidupnya
  5. Setiap warga negara berhak untuk mendapatkan kehidupan yang layak 
  6. Setiap warga negara berhak untuk memiliki kedudukan yang sama serta mendapatkan perlindungan yang sama di mata hukum.

Kewajiban warga negara

Kewajiban warga negara
Pexels/Shane Aldendorff

Menurut KBBI, kewajiban merupakan sesuatu hal yang diwajibkan atau sesuatu hal yang harus dilakukan.

Dalam UUD 1945 terdapat kewajiban yang perlu dilakukan dan ditaati serta dipenuhi bagi setiap warga negara Indonesia, kewajiban tersebut diantaranya:

  1. Wajib dalam menaati hukum dan pemerintahan, hal ini tercantum pada pasal 27 ayat 1 yang menjelaskan bahwa setiap warga negaranya wajib dalam menjunjung hukum dan pemerintahan dengan baik.
  2. Wajib ikut dalam bela negara, hal ini terkandung dalam pasal 27 ayat 3 yang menjelaskan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib untuk ikut serta dalam upaya membela negara.
  3. Wajib menghormati Hak Asasi Manusia (HAM) orang lain, hal ini tercantum pada pasal 28 ayat 1 yang menjelaskan bahwa setiap orang wajib dalam menghormati hak asasi dari orang lain.
  4. Wajib ikut serta dalam pertahanan serta keamanan negara, hal ini tercantum pada pasal 30 ayat 1 yang menjelaskan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Contoh-contoh kewajiban warga negara yang dapat dilakukan

Contoh-contoh kewajiban warga negara dapat dilakukan
Pexels/Pixabay

Selain memiliki hak, setiap warga negara juga memiliki kewajiban yang perlu ditaati menurut UUD 1945. Beberapa kewajiban yang harus dilakukan tersebut, diantaranya:

  1. Setiap warga negara wajib dalam membayar pajak serta retribusi yang sudah ditetapkan pemerintah baik pusat ataupun daerah
  2. Setiap warga negara wajib dalam menaati, patuh, dan tunduk pada peraturan hukum yang berlaku di negara Indonesia
  3. Setiap warga negara wajib untuk dapat menghargai orang lain
  4. Setiap warga negara wajib dalam mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib untuk membiayainya
  5. Setiap warga negara wajib mengikuti pertahanan dan pembelaan kedaulatan negara.
  6. Setiap warga negara wajib untuk tunduk dalam pembatasan untuk menjamin pengakuan dan penghormatan serta hak kebebasan orang lain

Nah, itulah penjelasan mengenai hak dan kewajiban warga negara beserta contohnya yang perlu diketahui oleh anak menurut UUD 1945. 

Perlu diingat bahwa hak dan kewajiban ini tidak dapat dipisahkan dan harus dijalankan dengan seimbang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk