Hafalan Surat Ayat Kursi Beserta Keutamaan yang Terkandung Didalamnya

Ayat Kursi memiliki keutamaan yang sangat bermanfaat bagi umat muslim apabila selalu diamalkan

8 Oktober 2021

Hafalan Surat Ayat Kursi Beserta Keutamaan Terkandung Didalamnya
Pexels/RODNAE Productions

Ayat Kursi disebut dengan ayat yang paling agung dalam Alquran. Menurut hadits riwayat Ubay bin Ka’ab, Ayat Kursi merupakan ayat yang paling mulia karena di dalamnya diisi dengan keesaan Allah SWT dan kekuasaan-Nya yang sangat mutlak.

Disebut mutlak karena Allah SWT adalah penguasa dari segala alam semesta dan mustahil untuk mendapat kesulitan dalam mengaturnya.

Ayat Kursi merupakan surat dari Al-Baqarah ayat 255 yang memiliki keutamaan luar biasa dari yang terkandung di dalam maknanya. 

Ayat ini menjelaskan mengenai kalimat tauhid yang berumur pendirian dan juga pegangan seorang muslim sehingga akhirnya berani dalam menghadapi segala tantangan hidupnya.

Ayat ini juga dikenal mempunyai keistimewaan, yakni termasuk dalam firman Allah SWT yang sangat mulia. Selain itu, ayat ini juga kerap dipanjatkan oleh Rasulullah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT supaya dapat terhindar dari berbagai macam keburukan.

Berikut Popmama.com sudah merangkum hafalan surat ayat kursi beserta keutamaannya.

1. Mengapa disebut ayat kursi?

1. Mengapa disebut ayat kursi
Pexels/Ahmet Polat

Ayat ini disebut dengan ayat kursi karena terdapat kata kursiyyuhu. Pada Tafsir Al Munir oleh Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan bahwa nama asal Al Kursi adalah Al ‘ilmu (ilmu.)

Tidak hanya itu, para ulama pun disebut dengan al karaasi karena mereka orang-orang yang dijadikan sandaran.

Selain itu, ada pula yang berpendapat bahwa Al Kursi merupakan keagungan dari Allah SWT. Pendapat lain juga menyebutkan bahwa Al Kursi merupakan sebuah kerajaan atau kekuasaan dari Allah SWT.

2. Bacaan ayat kursi lengkap dengan latin dan artinya

2. Bacaan ayat kursi lengkap latin artinya
Pinterest/bersamadakwah.net

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. 

Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. 

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqoroh: 255)

Editors' Picks

Keutamaan dari ayat kursi

Dengan membaca ayat kursi secara istiqomah terutama pada saat setelah melaksanakan salat fardhu merupakan salah satu jalan untuk meraih surga Allah SWT. Hal ini karena ayat kursi tentunya memiliki keutamaannya yang sangat luar biasa.

Apabila dapat mengamalkannya dalam menjalani aktivitas ibadah sehari-hari, tentu sangat bermanfaat untuk kebaikan bagi setiap umat muslim. Beberapa keutamaan yang terkandung di dalam surat ini, diantaranya sebagai berikut.

1. Wasilah untuk masuk surga

1. Wasilah masuk surga
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Salah satu keutamaan membaca Ayat Kursi di setiap salat adalah sebagai wasilah untuk masuk surga. 

Menurut Abu Umamah radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca Ayat Kursi pada setiap salat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk surga melainkan kematian.” (H.R. An Nasâi)

Karena hal itu pula, sebagai umat muslim janganlah sampai melewatkan untuk selalu berdoa, berzikir serta membaca Ayat Kursi selepas melaksanakan salat.

2. Melindungi sepanjang hari dari pagi hingga petang

2. Melindungi sepanjang hari dari pagi hingga petang
Pexels/Alena Darmel

Ayat Kursi merupakan sebuah pelindung bagi umat muslim, apalagi yang membacanya pada saat pagi dan juga petang hari. 

Apabila membacanya saat pagi hari maka niscaya akan dilindungi oleh Allah SWT hingga petang. Dan apabila dibaca pada sore hari, Allah SWT juga akan melindungi hingga pagi hari.

Merujuk pada hadits Ubay bin Ka’ab, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. 

Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani telah menshahihkan hadits ini dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655).

3. Ayat yang paling agung

3. Ayat paling agung
Pexels/Mona Termos

Ayat Kursi menjadi ayat yang paling agung dan istimewa karena terdapat asma Allah yang paling agung terkandung di dalamnya, yakni al-hayyu dan al-qayyum.

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW pernah memberi pertanyaan pada Ubay bin Ka’ab, “Ayat manakah yang paling agung dalam Kitabullah, wahai Abu Mundzir?”

Kemudian, Ubay pun menjawab, “Ayat Kursi.”

Mendengar hal tersebut, Rasulullah pun berkata sambil menepuk dada Ubay bin Ka’ab, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang telah engkau miliki.” (H.R. Muslim)

Nah, itulah hafalan dari Ayat Kursi beserta keutamaannya yang dapat Mama ajarkan pada anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.