Anak di Bawah 12 Tahun Diperbolehkan Naik Pesawat, Ini Syaratnya

Kemenhub keluarkan Surat Edaran yang menyatakan anak dibawah 12 tahun sudah boleh naik pesawat

22 Oktober 2021

Anak Bawah 12 Tahun Diperbolehkan Naik Pesawat, Ini Syaratnya
Pexels/Nur Andi Ravsanjani

Pemerintah kini sudah mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa anak-anak yang berusia dibawah 12 tahun kini sudah diperbolehkan untuk naik pesawat. 

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 88 Tahun 2021 mengenai Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Kemudian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun mengeluarkan Surat Edaran (SE) terbaru bersama dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 21 tahun 2021 pada Kamis (21/10/2021). 

Berdasarkan dari aturan ini pun, pemerintah telah mengizinkan serta memperbolehkan bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi pesawat udara.

Selain itu, surat ini juga sudah diteken oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yaitu Ganip Warsito pada tanggal 20 Oktober 2021.

Berikut Popmama.com sudah merangkum informasi mengenai syarat-syarat membawa anak di bawah 12 tahun naik pesawat.

Editors' Picks

1. Wajib melakukan tes PCR dan menunjukkan hasil negatif

1. Wajib melakukan tes PCR menunjukkan hasil negatif
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Walaupun anak-anak dibawah 12 tahun sudah diperbolehkan untuk naik pesawat namun terdapat beberapa syarat yang harus dilaksanakan.

Salah satu syarat yang paling utama adalah wajib melakukan tes Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Tes ini harus menunjukkan hasil negatif Covid-19 yang kemudian dapat ditunjukkan kepada petugas bandara.

"Anak-anak usia di bawah 12 tahun sudah bisa naik pesawat dan memang harus melakukan tes PCR sesuai persyaratan di daerahnya masing-masing." ujar Wiku saat konferensi pers virtual pada Kamis (21/10/2021)

Wiku juga menyebutkan bahwa kebijakan ini juga sudah diputuskan berdasarkan Ikatan Dokter Anak Indonesia. Mereka menjelaskan bahwa melakukan tes Covid-19 berupa antigen maupun PCR layak dan dapat digunakan pada anak-anak.

“Keputusan ini dilakukan untuk meningkatkan kemudahan masyarakat, khususnya yang berada dalam keadaan mendesak atau penting. Misalnya perpindahan orangtua akibat pindah tugas, perjalanan dinas, dan lain-lain,” tambahnya.

2. Selalu menerapkan protokol kesehatan

2. Selalu menerapkan protokol kesehatan
Pexels/Anna Shvets

SE ini secara gamblang juga menyebutkan bahwa terdapat ketentuan yang menjelaskan bahwa pelaku perjalanan yang berusia dibawah 12 tahun dapat dikecualikan dalam menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19.

Selain itu, selain menunjukkan hasil tes PCR, anak-anak juga diharapkan tetap dapat menerapkan protokol kesehatan serta mematuhi aturan yang ada. 

Wiku menjelaskan alasan pemerintah serta tim dari Satgas Penanganan Covid-19 kembali memperketat aturan dalam perjalanan dalam negeri melalui transportasi udara ini adalah untuk mencegah terjadinya lonjakan penularan Covid-19.

3. Harus didampingi oleh orangtua dan berada dalam kondisi sehat

3. Harus didampingi oleh orangtua berada dalam kondisi sehat
Pexels/Ketut Subiyanto

Anak-anak yang berusia dibawah 12 tahun dan sudah diperbolehkan untuk menaiki pesawat haruslah didampingi oleh orangtua. Selain itu, orangtua juga harus memastikan bahwa anak dapat dibawa pergi untuk terbang dalam kondisi yang sehat dan tidak sakit.

"Jadi mereka sudah bisa asal penuh dengan kehati-hatian dan dalam keadaan sehat," ujar Wiku.

Surat Edaran ini juga sudah mulai berlaku sampai waktu yang ditentukan, dan tentunya akan terdapat evaluasi lebih lanjut mengenai perkembangan terakhir yang terjadi di lapangan. 

Dengan mulai berlakunya Surat Edaran ini maka dipastikan Surat Edaran nomor 17 Tahun 2021 sebelumnya serta Addendum SE dengan nomor yang sama sudah dinyatakan tidak berlaku lagi.

Nah, itulah persyaratan yang harus dipenuhi oleh anak yang berusia dibawah 12 tahun dan akan pergi menggunakan transportasi udara. 

Bagi Mama yang ingin melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang dan ingin membawa anak, jangan lupa untuk mempersiapkan syarat tersebut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.