2 Putrinya Positif Corona, Zaskia Mecca Pakai APD untuk Bertemu Mereka

Terjadi setelah melakukan perjalanan Jakarta-Yogyakarta

15 Juni 2021

2 Putri Positif Corona, Zaskia Mecca Pakai APD Bertemu Mereka
Instagram.com/Hanungbramantyo

Virus corona hingga kini belum hilang dari Indonesia. Parahnya lagi, baru-baru ini kasus Covid-19 kembali mencuat. Banyak sekali masyarakat yang dinyatakan positif virus corona. 

Salah satu yang terkena virus ini adalah anak pertama dan anak kedua Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo, Kana Sybilla Bramantyo dan Kala Madali Bramantyo. Keduanya dinyatakan positif pada hari Minggu (13/5), saat malam hari. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum kronologi Sybil dan Kala dinyatakan positif Covid-19. Simak yuk, Ma!

1. Kronologi Kala dan Syabil positif korona 

1. Kronologi Kala Syabil positif korona 
Instagram.com/Zaskiadyamecca

Kana Sybilla dan Kala Madali, dinyatakan positif Covid-19. Hal tersebut disampaikan oleh Zaskia Adya Mecca dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya.

Dalam postingan tersebut, Zaskia menceritakan kronologi kedua putrinya yang awalnya sehat hingga tiba-tiba demam tinggi. 

Pada mulanya, Zaskia beserta kelima anaknya baru melakukan perjalanan dari Jakarta ke rumahnya yang berada di Yogyakarta. Semua sampai di Jogja dalam keadaan sehat. 

"Sampai Jogja Kamis malam, kami semua sehat wal afiat, di perjalanan supir bus sudah di swab negatif, 2x rest area hanya untuk ke toilet dan 1x shalat," tulis Zaskia Adya Mecca. 

Zaskia pun menjelaskan bahwa toilet rest area sepi. Ia pun selalu menyemprotkan hand sanitizer selama di perjalanan. Selain itu, tempat salat pun sepi, ia salat di teras masjid yang sepi dan terbuka.

Saat Jumat pagi, semua anggota keluarga masih dalam kondisi sehat. Di hari tersebut anak-anak Zaskia bermain hujan dan sepeda di area blok rumah.

"Abi (panggilan untuk Hanung) dan Bia (panggilan untuk Zaskia) ke mamahke (tapi sampai rumah mandi dan ganti baju) baru ketemu anak," tulis Zaskia.

Kemudia, pada hari Sabtu pagi Sybil ke kamar Zaskia mengeluh demam. Setelah dicek nyatanya benar ia mengalami demam. Sebagai orangtua yang sigap, Zaskia langsung memberinya obat demam. 

Namun, hingga Minggu pagi, demam Sybil belum membaik, sehingga Zaskia memutuskan untuk melakukan Swab test antigen.

"Ku putuskan Swab antigen, dia positif langsung serumah di swab. Keluarlah hasil positif lain di Kala, Syifa dan Mba Ina," tulis Zaskia. 

Selanjutnya, Zaskia memutuskan semua orang di rumanya untuk menjalani test PCR, kecuali Kaba, Bhre dan Kama, anak ketiga, keempat dan kelima Zaskia. Ketiganya tidak menjalani tes karena masih terlalu kecil. Selain itu, Zaskia pun menegaskan kalau ketiga anaknya tersebut pisah tempat tidur dengan sang kakak perempuannya. 

Setelah melakukan test PCR, ternyata hasilnya pun sama dengan Swab antigen, Sybil, Kala, Syifa dan Mbak Ina positif, sementara yang lain negatif Covid-19.

Editors' Picks

2. Mengetahui keadaan sang anak, Zaskia menangis diam-diam 

2. Mengetahui keadaan sang anak, Zaskia menangis diam-diam 
instagram.com/Zaskiadyamecca

Setelah mengetahui sang buah hati positif Covid-19, Zaskia sempat kaget dan akhirnya menangis secara diam-diam.

"Berawal dari antigen yang positif di Minggu pagi (Sybil, Mba Ina juga Syifa) dan antigen samarnya Kala. Maka kami lanjutkan PCR dan minggu malam dapat hasil positif. Syok? Banget. Anak sakit dikit aja kita sedih, ini virus yang paling kita takutin. Hari pertama tau ku nguatin diri, ngumpet2 nangis sesekali gapapa lah yaa biar lega, ngatur situasi rumah dan lain2nya," tulis Zaskia. 
 

3. Kini, Sybil dan Kala isolasi mandiri di rumah

3. Kini, Sybil Kala isolasi mandiri rumah
Instagram.com/Hanungbramantyo

Dalam unggahan pada akun Instagram pribadinya, Zaskia menuliskan, "Bermodalkan obat, vitamin, klinis aman dan kondisi rumah layak untuk isolasi mandiri, semua ku bawa pulang. Bismillah perjalanan 10 hari isolasi dimulai." 

Zaskia pun menjelaskan, "Teras belakang dan dapur juga meja makan belakang jadi wilayah pasien. Bangunan rumah depan, teras juga pendopo dan lantai 2 wilayah yang sehat dan negatif."

Selama isolasi mandiri, semua berkomunikasi melalui jendela.

"Dari jendela kamar kita saling komunikasi," tulis Zaskia. 

Hanung Bramantyo sebagai seorang papa pun mengungkapkan perasaannya melalui unggahannya di Instagram, "Sebenernya udah biasa pisah kamar ama anak-anak. Tapi pisah kamar kali ini kenapa jadi baper ya?"

4. Di hari ketiga, Zaskia memutuskan membeli APD dan berkontak langsung dengan anaknya

4. hari ketiga, Zaskia memutuskan membeli APD berkontak langsung anaknya
Instagram.com/Zaskiadyamecca

Di hari ketiga, kondisi Kala sudah sangat teler (demam tinggi). Hal tersebut membuat Zaskia memutuskan membeli APD dan bertemu sang anak.

"Hari ke-3 ku putuskan beli APD karena Kala teler banget, demam dan ku ga kuat mau peluk dia. Setting ekspresi happy, mood bagus, ku masuk ke kamar pasien," tulis Zaskia.

Zaskia pun mengabarkan, Sybil sudah mulai segar dan sudah bernyanyi-nyani. Sedangkan Kala masih terkapar dan teler.

5. Keadaan kediaman Zazkia dan keluarga saat ini 

5. Keadaan kediaman Zazkia keluarga saat ini 
Instagram.com/Zaskiadyamecca

Hari ini (15/6), kediaman Zaskia dan keluarga diberi disinfektan.

"Selasa pagi ini setelah hati kami siap, rumah sudah kondusif, langsung telepon RT mengabarkan kondisi kami. Alhamdulillah pak RT tenang dan sangat sigap! Puskesmas datang kontrol, Polsek dan petugas disinfektan juga langsung hadir," tulis Zaskia. 

Setelah kedua anaknya positif virus corona, Zaskia mengungkapkan semua itu secara terang-terangan melalui akun Instagram miliknya. Menurutnya, dengan mengunggah hal tersebut diharapkan semua orang tidak usah malu atau takut untuk memberitahukan kondisi sebenarnya kepada keluarga juga lingkungannya. 

Dengan berterus terang tentang keadaan kesehatan yang sedang dialami nantinya akan membantu mengurangi penyebaran virus ini lho! Seseorang yang telah kontak dengan penderita Covid-19 langsung bisa isolasi dan tidak berkeliaran menyebarkannya kepada orang lain. 

Kedepannya, semoga setiap orang bisa mengatakan jujut tentang keadaan kesehatannya dan tetap selalu menjaga kesehatan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.