Arti Kedutan Mata Kanan Atas yang Suka Dikeluhkan Remaja, Bukan Genit!

Ada arti menurut medis dan primbon

23 Mei 2022

Arti Kedutan Mata Kanan Atas Suka Dikeluhkan Remaja, Bukan Genit
Freepik/master1305

Pernahkah anak mama mengeluh mengalami kedutan di mata kanan atasnya? Jika iya, hal itu bukan berarti ia genit lho, Ma. 

Kedutan pada mata kanan atas bisa terjadi pada siapa saja secara spontan, tiba-tiba datang kemudian menghilang. 

Dibanding dengan genit, nyatanya kedutan pada mata kanan atas ini berkaitan dengan kesehatan, Ma. Bahkan, jika dilihat berdasarkan primbon, kedutan pada mata kanan atas mengartikan akan mendapat banyak kebahagiaan lho. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Popmama.com telah merangkum tentang arti kedutan mata kanan atas dari berbagai sumber. Simak dan cari tahu artinya yuk, Ma! 

1. Arti mata kedutan menurut medis 

1. Arti mata kedutan menurut medis 
Freepik/wirestock

Secara medis, mata kanan atas kedutan disebut dengan disebut dengan orbikularis myokymia, yaitu kondisi berkedut atau berdenyut di kelopak mata yang repetitif dan tidak dapat dikontrol.

Kondisi mata kanan atas kedutan ini benar-benar tak dapat dikontrol, bisa datang dan hilang dengan sendiri. Bahkan, keadaannya bisa saja terus berulang. 

Walau demikian, kondisi kedutan pada mata kanan dinyatakan tidak menimbulkan bahaya.

Journal of Neuro-ophthalmology di New York telah melakukan observasi terhadap 15 pasien yang mengalami kedutan di kelopak mata. Observasi ini dilakukan mulai dari tahun 1983 hingga 2002. 

15 pasien tersebut memiliki gejala kedutan kelopak mata kanan unilateral, mingguan atau dua mingguan, memiliki jeda waktu, dan berkembang menjadi spasme (kedutan di sebagian wajah) harian selama beberapa bulan.

Dengan demikian, 15 pasien mendapatkan penanganan yang sama pada awal penelitian. Semuanya menjalani neuroimaging. 13 diantaranya menunjukkan hasil negatif. Bahkan, dari 13 pasien, 4 pasien penderita myokymia sembuh dengan sendirinya. 

Lalu, 8 dari 11 pasien yang tersisa akhirnya menerima injeksi botox secara berkala dan menunjukkan perbaikan gejala di matanya. 

Dengan demikian, kedutan pada mata kanan atas dapat dinyatakan kondisi yang jinak. Kedutan tidak berkembang menjadi kelainan pergerakan lainnya atau diasosiasikan dengan penyakit saraf. 

Editors' Picks

2. Arti mata kanan atas kedutan menurut primbon 

2. Arti mata kanan atas kedutan menurut primbon 
Freepik/master1305

Sedangkan menurut primbon, kedutan pada mata kanan atas melambangkan beberapa kebahagiaan. Berikut ini penjelasan lebih rincinya sesuai dengan tempat kedutan terjadi. 

1. Kedutan di alis mata kanan

Kedutan mata di alis bagian kanan menandakan anak mama akan menerima kabar baik yang membuatnya sangat bahagia. Namun, dalam hal ini anak mama harus mengalami berbagai macam kesulitan terlebih dahulu. 

Setelah berjuang melawan segala kesulitan itu, baru ia mendapatkan kabar baik. 

2. Kedutan di kelopak mata kanan atas

Jika anak mama mengeluh merasakan kedutan di mata kelopak mata kanan atas, konon katanya akan mendapat keberuntungan besar dari apa yang sedang dilakukannya saat ini. Misalnya, anak mama sedang menekuni bisnis, pelajaran di sekolah agar juara kelas, atau yang lainnya. 

Tentunya keberuntungan ini tak semata-mata terjadi begitu saja, Ma. Keberuntungan besar ini akan datang setelah anak mama bersusah payah dan tidak pernah menyerah dengan kesulitan yang ia hadapi. 

3. Kedutan di ekor mata kanan atas

Nah, kedutan yang terjadi di ekor mata kanan atas pun pertanda baik nih, Ma. Jika anak mama mengeluh kedutan di posisi ini, tandanya ia akan mendapat kesenangan karena penyakit yang diderita selama ini akan segera sembuh.

Hal itu tentunya akan membuat orang-orang terdekat merasakan kebahagiaan yang sama. 

4. Kedutan bola mata kanan

Jika anak mama mengeluhkan kedutan di bola mata kanan, artinya pertanda vuruk akan datang kepadanya. Ia akan mendapat kesedihan mendalam dalam beberapa waktu kedepan. 
 

2. Penyebab mata kanan atas kedutan 

2. Penyebab mata kanan atas kedutan 
Freepik

Kedutan pada mata kanan atas yang dapat datang dan hilang kapan saja disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Kurang tidur dan stres 

Kurang tidur dan stres merupakan dua hal  utama terjadinya kedutan pada mata. Untuk itu, cobalah untuk  mengajak si Anak rileksasi dengan melakukan yoga secara rutin. Aktivitas ini mampu membantu mengelola stres dan tidur lebih nyenyak sehingga kedutan pada mata si Anak jadi hilang. 

2. Pola Makan yang Buruk

Tak banyak dipungkiri banyak sekali anak-anak yang kebutuhan gizinya tak terpenuhi karena pola makan yang buruk. Contohnya, anak-anak lebih suka mengonsumsi jajanan seperti ciki dan permen daripada makanan utama 4 sehat 5 sempurna. 

Hal itu tentunya membuat anak-anak kekurangan banyak gizi, salah satunya magnesium. Jika tubuh kekurangan magnesium, maka bisa mengakibatkan kelopak mata menjadi kejang atau berkedut. 

Dengan demikian, Mama harus mengawasi ketat pola makan si Anak agar kedutan pada matanya hilang. 

3. Mata kering

Kondisi mata kering dapat dirasakan oleh siapa saja, termasuk anak mama. Biasanya mata kering pada anak terjadi karena debu dan kotoran di luar rumah, terlalu lama menatap gadget, dan kurang mengonsumsi air mineral. 

Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu penyebab mata anak mama kedutan. Untuk mengatasinya, cobalah beri mata si Anak tetes mata yang cocok untuknya. 

4. Mengalami kondisi alergi

Alasan lain mata kanan anak mama alergi yakni karena alergi hingga mata menjadi bengkak, gatal atau berair. Hal ini tak jarang membuat si Anak akan menggosok mata sehingga melepaskan histamin di jaringan kelopak mata dan air mata yang dapat menyebabkan kedutan mata kanan atas.

Untuk itu, agar mata anak tidak kedutan ketika sedang alergi, Mama bisa menyiapkan beberapa tetes mata untuk meringankan gatal atau bengkak. 
 

4. Kapan harus mengunjungi dokter? 

4. Kapan harus mengunjungi dokter 
Freepik/stockking

Walaupun telah dinyatakan kedutan pada mata kanan tidak berbahaya, Mama tetap tidak boleh menyepelekan keadaan tersebut pada anak mama.

Pasalnya, kedutan yang terjadi berulang secara terus menerus dapat mengganggu aktivitas. Bahkan, bisa jadi ada penyakit tertentu yang dialami oleh si Anak. 

Untuk itu, alangkah baiknya Mama konsultasikan pada dokter jika anak mengalami gejala sebagai berikut: 

  • Kedutan mata kanan atas terus menerus selama beberapa hari bahkan berminggu-minggu.
  • Mata kanan yang mengalami kedutan mengalami radang atau iritasi, bengkak, dan mengeluarkan kotoran terus menerus. 
  • Kelopak mata menjadi terkulai.
  • Kelopak mata tertutup dan terasa sulit untuk membukanya selama terjadi kedutan.
  • Kedutan pada mata diikuti dengan kedutan pada bagian lain. Hal ini bisa saja indikasi dari kelainan saraf lainnya seperti hemifacial spasm atau kedutan di setengah bagian wajah.

Nah, itulah beberapa arti serta penyebab kedutan mata kanan atas yang mungkin terasa agak mengganggu. Walaupun kedutan pada mata kanan atas tidak berbahaya, tetapi alangkah baiknya kita menghindari kejadian seperti ini. Caranya dengan menghindari apa saja yang menjadi penyebab mata kedutan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk