Gerhana Matahari Total 4 Desember 2021, Bisa Dilihat di Indonesia

Yuk jelaskan pada anak mama tentang Gerhana Matahari Total yang akan terjadi sebentar lagi!

1 Desember 2021

Gerhana Matahari Total 4 Desember 2021, Bisa Dilihat Indonesia
Maxpixel.net

Tahun ini kita sudah banyak menyaksikan fenomena gerhana yang indah, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari. Pada akhir tahun 2021, langit kembali menunjukkan keindahannya. Tepatnya, pada 4 Desember mendatang akan ada fenomena Gerhana Matahari Total.

Namun, fenomena gerhana tidak selalu bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat di bumi ini secara langsung. Sebab, peristiwa tersebut hanya melewati beberapa wilayah tertentu saja. 

Kira-kira, Gerhana Matahari Total 4 Desember besok bisa dilihat di Indonesia tidak, ya?

Untuk menemukan jawabannya, simak informasi yang telah Popmama.com rangkum berikut ini yuk! 

1. Proses terjadinya Gerhana Matahari Total

1. Proses terjadi Gerhana Matahari Total
timeanddate.com

Sebelum membahas wilayah yang dapat melihat Gerhana Matahari Total, cari tahu dulu mengenai proses terjadinya fenomena ini yuk!

Gerhana Matahari Total terjadi ketika posisi matahari, bulan, dan bumi terletak sejajar sehingga sebagian bumi akan terkena bayangan gelap bulan dan tak bisa melihat matahari. Maka, saat fenomena Gerhana Matahari Total itu terjadi keadaan sebagian bumi akan menjadi gelap.

Editors' Picks

2.  Waktu terjadinya Gerhana Matahari Total 2021

2.  Waktu terjadi Gerhana Matahari Total 2021
Maxpixel.net

Gerhana Matahari Total pada 4 Desember akan mulai terlihat pada pukul 10.59 WIB. Kemudian, gerhana penuh akan terlihat pada pukul 12.30 WIB. Sedangkan gerhana maksimal akan terlihat pada pukul 13.03 WIB dan gerhana matahari ini akan berakhir pada 15.07 WIB.

3. Wilayah untuk melihat Gerhana Matahari Total 2021

3. Wilayah melihat Gerhana Matahari Total 2021
Maxpixel.net

Sayangnya, Gerhana Matahari Total kali ini tak dapat disaksikan di Indonesia.

Melansir dari India Today, orang-orang yang dapat menyaksikan peristiwa langit ini adalah masyarakat yang tinggal di belahan bumi selatan seperti Australia Selatan, Afrika Selatan, Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, Samudra Hindia, dan Antartika.

Sementara itu, Republik Afrika Selatan, Namibia, Australia bagian selatan (Victoria, sebagian New South Wales, teritori Ibukota Australia dan Tasmania) dapat menyaksikan penumbra bulan dengan lebar gerhana kurang dari 10 persen diameter Matahari.

Sedangkan Kepulauan Malvinas dan Tierra del Fuego akan mengalami gerhana Matahari sebagian dengan lebar gerhana antara 10-40 persen diameter matahari. Kemudian,  wilayah Georgia selatan dan Kepulauan Sandwich selatan akan mengalami gerhana Matahari sebagian dengan lebar gerhana antara 93-97 persen diameter Matahari.

4. Gerhana Matahari Total 2021 dapat disaksikan secara online

4. Gerhana Matahari Total 2021 dapat disaksikan secara online
Maxpixel.net

Meskipun tidak bisa melihat secara langsung di Indonesia,  Mama dan anak-anak dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total melalui siaran langsung di kanal YouTube NASA pada 4 Desember 2021 mulai pukul 10.59 WIB.

Walaupun menyaksikan secara daring, keindahan fenomena langit ini tetap dapat dilihat secara jelas lho. Jadi, jangan sampai kelewatan untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total, ya.

Nah itulah beberapa informasi mengenai Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 4 Desember 2021 mendatang. Selamat menikmati keindahan langit, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.