Niat Mandi Wajib Setelah Haid: Bacaan Arab, Arti, dan Tata Caranya

Perlu diketahui, dipelajari, dan diterapkan agar salat menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT

19 Oktober 2021

Niat Mandi Wajib Setelah Haid Bacaan Arab, Arti, Tata Caranya
Pexels/Karolina Grabowska

Beribadah merupakan momen yang sakral antara seorang hamba dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Untuk itu, sebelum beribadah kita harus bersuci terlebih dahulu. Sebab, jika bertemu sesama manusia saja kita pasti selalu ingin tampil bersih dan wangi. Maka, untuk bertemu Sang Pencipta, kita pun harus dalam keadaan yang suci bukan? 

Salah satu cara bersuci yakni dengan mandi wajib. Biasanya mandi wajib dilakukan oleh seseorang untuk bersuci setelah melakukan hadas besar. Salah satu contohnya adalah haid. 

Mandi wajib haid ini agak sedikit berbeda dari mandi-mandi biasanya. Sebab, perlu didahului oleh niat serta mengikuti tata cara yang berlaku. 

Untuk lebih jelasnya, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi tentang niat dan tata cara mandi wajib untuk membantu bersuci dari hadas besar sebelum kembali beribadah. Simak yuk!

Editors' Picks

1. Apa itu mandi wajib setelah haid?

1. Apa itu mandi wajib setelah haid
Freepik/Jannoon028

Mandi wajib setelah haid adalah tata cara bersuci atau membersihkan diri yang dilakukan oleh umat muslim perempuan setelah mereka haid atau datang bulan. Mandi wajib ini dilakukan ketika darah haid sudah benar-benar berhenti. 

Hukum mandi wajib setelah haid adalah wajib atau harus karena sudah jelas haid termasuk ke dalam hadas besar. Hal tersebut tercantum dalam Alquran surat Al Maidah ayat 6. 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Yaaa aiyuhal laziina aamanuu izaa qumtum ilas Salaati faghsiluu wujuuhakum wa Aidiyakum ilal maraafiqi wamsahuu biru'uusikum wa arjulakum ilal ka'bayn; wa in kuntum junuban fattahharuu; wain kuntum mardaaa aw'alaa safarin aw jaaa'a ahadum minkum minal gha 

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur. 

Junub merupakan keadaan seseorang yang mengalami hadas besar seperti haid atau nifas.

2. Niat mandi wajib dalam bahasa Arab dan Latin beserta artinya 

2. Niat mandi wajib dalam bahasa Arab Latin beserta artinya 
caragigih.id

Dalam melakukan mandi wajib setelah haid, seseorang harus membaca niat terlebih dahulu sebelum mengguyur tubuhnya dengan air. 

Berikut ini niat mandi wajib setelah haid yang dapat dibaca: 

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى 

Nawaitul ghusla liraf'i hadatsil haidil lillahi Ta'aala. 

Artinya: Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala. 

3. Tata cara mandi wajib setelah haid 

3. Tata cara mandi wajib setelah haid 
Pexels/Pixabay

Selain membaca niat, ada pula tata cara yang harus dipatuhi agar mandi wajib benar-benar sah. 

Berikut ini tata cara mandi wajib agar kembali suci dan dapat melakukan ibadah kembali. 

1. Membasuh kemaluan dengan wewangian 

Langkah pertama yang dilakukan yakni membasuh kemaluan dengan menggunakan kapas yang diberi wewangian. Hal ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Suatu ketika beliau ditanya oleh seorang wanita Anshor. “Bagaimana aku mandi dari haid?’ Beliau menjawab: “Ambillah sepotong kapas yang dilumuri dengan minyak wangi lalu bersihkan dengan itu.” 

2. Membersihkan telapak tangan 

Kemudian, bersihkan kedua telapak tangan dengan air bersih. Basuhlah telapak tangan kanan sebanyak tiga kali menggunakan sabun. Kemudian lakukan hal yang sama pada tangan kiri. 

3. Berwudhu disertai niat 

Bacalah niat wudhu kemudian berwudhu. 

4. Mencuci atau mengusap rambut 

Langkah selanjutnya mandi seperti biasa dengan diawali membasah seluruh rambut hingga pangkal rambut sehingga seluruh kulit kepala basah. Lakukan hal itu sebanyak tiga kali. 

5. Bersihkan badan secara menyeluruh 

Siramlah seluruh anggota badan seperti mandi biasa. Pastikan seluruh anggota badan tersiram air semuanya, termasuk bagian-bagian yang tersembunyi seperti di belakang telinga, ketiak, punggung, sela-sela jari tangan dan kaki, lipatan antara lutut dan paha serta bagian lainnya. 

Dalam membersihkan bagian tubuh, lakukan dengan mengguyur bagian kanan terlebih dahulu kemudian lanjut ke sebelah kiri. 

Itulah bacaan niat mandi wajib haid dan tata caranya secara lengkap yang bisa diajarkan pada anak remaja. Jangan sampai salah ya! semoga segala amal yang dikerjakan selalu diterima oleh Allah SWT.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.