TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Penyebab Benjolan di Ketiak Anak Remaja, Sakit saat Dipencet

Hati-hati, bisa jadi ada masalah kesehatan dalam tubuh si Anak, Ma!

20 September 2022

Penyebab Benjolan Ketiak Anak Remaja, Sakit saat Dipencet
Freepik.com/jcomp

Seperti yang diketahui, beberapa bagian tubuh manusia bisa saja tiba-tiba tumbuh benjolan. Salah satunya yakni pada bagian ketiak. Hal ini dapat dialami oleh semua orang, termasuk mereka yang masih berusia remaja. 

Benjolan yang muncul pada ketiak berbeda-beda, ada yang sakit saat dipencet ada pula yang tidak sakit. Papa dan Mama perlu memerhatikan ini, jangan dianggap sepele ya.

Biasanya, benjolan yang terasa sakit saat dipencet menandakan adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Bisa jadi, anak remaja mama memiliki penyakit tertentu. 

Namun, Mama tidak boleh langsung panik. Alangkah baiknya, ketika mengetahui si Anak memiliki benjolan pada ketiak dan terasa sakit saat dipencet, Mama langsung cari tahu penyebabnya agar dapat memberi penanganan yang tepat secara cepat. Supaya, tidak menjadi masalah kesehatan yang semakin buruk. 

Berikut ini, Popmama.com akan membagikan informasi terkait pengebab dan cara mengatasi benjolan pada ketiak yang sakit saat dipencet.

Simak yuk!

1. Kista

1. Kista
wellnessmama.com

Kista merupakan salah satu penyebab benjolan di ketiak yang akan terasa sakit jika dipencet. Benjolan ini berada di bawah kulit dan berisi cairan, udara, nanah, atau zat padat seperti rambut.

Parahnya, rasa sakit yang ditimbulkan oleh kista ini bisa membuat seseorang demam dan merasakan nyeri di sekujur tubuhnya. 

Biasanya, kista disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil atau goresan. Setelah bakteri tersebut masuk, barulah mereka berkembang biak hingga menjadi sebuah benjolan. 

Editors' Picks

2. Kelenjar getah bening 

2. Kelenjar getah bening 
nounsite.com

Penyebab lain yang membuat benjolan di ketiak terasa sakit saat dipencet yakni akibat kelenjar getah bening yang membengkak akibat infeksi bakteri atau virus. 

Adapun beberapa penyebab lainnya yakni:

  • Campak.
  • Flu biasa.
  • Infeksi saluran pernapasan atas.
  • Infeksi gigi.
  • Radang tenggorokan.
  • Infeksi telinga.
  • Mononukleosis.
  • Luka dan infeksi kulit, seperti selulitis.

3. Kanker 

3. Kanker 
Freepik/jcomp

Pembengkakan kelenjar getah bening di bagian ketiak juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius seperti kanker.

Berikut ini beberapa jenis kanker yang bisa menyebabkan munculnya benjolan yang sakit diketiak:

  • Kanker payudara, pembengkakan ini terjadi karena sel kanker yang sudah menyabar pada kelenjar getah bening di bagian ketiak. Benjolan ini bahkan bisa lebih dulu muncul dibanding dengan benjolan yang ada di payudara itu sendiri. 
  • Kanker kelenjar getah bening, kanker darah yang bisa menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening, termasuk yang ada dibagian ketiak. 
  • Leukimia, kanker darah akibat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. 

4. Tumor 

4. Tumor 
Freepik/Chantapa

Tumor berbeda dengan kanker. Tumor merupakan benjolan yang tumbuh secara tidak normal, dapat bersifat jinak maupun ganas.

Tumor bisa juga menjadi salah satu penyebab terjadinya benjolan pada ketiak yang terasa sakit. Biasanya, tumor yang tumbuh di bawah ketiak tumbuh di jaringan fibrosa (fibroadenoma) dan bersifar jinak. 

5. Cara menghilangkan benjolan di ketiak yang sakit saat dipencet

5. Cara menghilangkan benjolan ketiak sakit saat dipencet
Freepik/benzoix

Beda penyebab munculnya benjolan pada ketiak, beda juga cara mengatasinya, Ma. Berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan  benjolan di ketiak yang sakit saat dipencet sesuai dengan penyebabnya.

1. Kista 

Jika anak remaja Mama memiliki benjolan di ketiak akibat kista, maka langkah yang harus diambil yakni berkonsultasi pada dokter. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan dokter untuk menyembuhkan kista, seperti:

  • Pemberian obat-obatan seperti suntikan kortikosteroid untuk meredakan peradangan dan mengecilkan ukuran kista. Kemudian, dokter pun ankan memberikan antibiotik agar kista tidak terinfeksi. 
  • Aspirasi merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan cairan dari dalam kista.
  • Operasi adalah cara terakhir ketika kirta sudah tidak bisa lagi disembuhkan melalui suntikan obat dan aspirasi. 

2. Kelenjar getah bening 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan benjolan elenjar getah bening di ketiak, yakni:

  • Kompress benjolan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  • Pijat dengan lembut area yang bengkak untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan.
  • Minum obat antiinflamasi yang dijual secara bebas seperti ibuprofen. 
  • Gunakan pakaian longgar agar tidak menimbulkan iritasi. 
  • Jika keadaan tidak kunjung membaik dan benjolan semakin membesar setelah 2-4 minggu, lakukan konsultasi ke dokter.

3. Kanker 

Ketika benjolan pada ketiak anak mama disebabkan oleh kanker, maka segera bawa si Anak untuk melakukan konsultasi pengobatan pada dokter. Ada beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker operasi, kemoterapi dan terapi radiasi.

4. Tumor 

Pengobatan tumor disesuaikan dengan jenis, ukuran, letak, dan jinak atau ganasnya tumor. Untuk itu, penting sekali melakukan konsultasi pada dokter yang terkait guna mendapat penanganan yang tepat.

Itulah beberapa penyebab benjolan diketiak terasa sakit kalau dipencet. Jika hal tersebut terjadi pada anak mama, jangan terlambat untuk langsung berkonsultasi pada dokter, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk