Bikin Anak Pintar! Catat 5 Aplikasi Belajar di Android Ini, Ma!

Memberikan gadget pada anak tidak akan bahaya jika di bawah pengawasan dan berisi aplikasi pilihan

19 Juli 2019

Bikin Anak Pintar Catat 5 Aplikasi Belajar Android Ini, Ma
Pexels.com/Mohamed Abdelgaffar

Perlu pengawasan ekstra saat memercayakan gadget, terutama smartphone untuk anak. Meski sering dibahas sisi megatifnya, namun penggunaan gadget di bawah pengawasan dan dengan pembatasan waktu yang sudah disepakati bersama si Anak, bisa jadi malah bikin mereka pintar lho, Ma.

Selain bisa belajar lewat video dan gambar yang disajikan di internet, banyak juga aplikasi dalam smartphone yang bisa membantu anak agar lebih mudah belajar. Berikut rangkuman lima aplikasi pilihan Popmama.com, yang bisa Mama instal di dalam smartphone yang biasa dipakai si Anak.

1. Anak Cerdas

1. Anak Cerdas
YouTube.com

Aplikasi yang satu ini dirancang oleh Acer untuk membantu anak dalam belajar, agar lebih menyenangkan. Konten belajar interaktif yang ada di dalamnya juga mengikuti kurikulum pendidikan Indonesia dan konten seputar teknologi terbaru.

Ada dua fitur utama di dalamnya, Dunia Anak dan Dunia Tekno. Dalam fitur Dunia Anak, disajikan konten pengetahuan umum dan yang khusus dipelajari di sekolah. Anak bisa belajar lewat soal-soal latihan yang telah disesuaikan dengan kurikulum sekolah nasional. Sedangkan Dunia Tekno menyajikan pengetahuan seputar teknologi, dengan bahasa yang mudah dipahami anak-anak dan tentunya juga menyenangkan.

Selain dua fitur di atas, Mama juga isa lebih mudah mengawasi si Anak dengan mengaktifkan fitur Zona Anak yang memungkikan anak hanya dapat mengakses Dunia Anak. Ada juga fitur Izin Unduh yang mengharuskan anak meminta password pada Mama saat akan mengunduh sesuatu.

2. Marbel Belajar Bahasa Inggris

2. Marbel Belajar Bahasa Inggris
Pixabay

Aplikasi belajar Bahasa Inggris ini dikhususkan untuk anak usia 2 sampai 6 tahun. Mengenal huruf dan angka, buah dan sayur, hewan, alat-alat transportasi, warna, serta kata-kata dalam Bahasa Inggris lainnya jadi lebih seru. Banyak permainan seru yang bakal menguji kemampuan si Anak, seperti cepat tepat, ketangkasan, daya ingat, dan masih banyak lagi.

Editors' Picks

3. Pintar Cerdas Matematika

3. Pintar Cerdas Matematika
Pexels.com/Magda Ehlers

Belajar tak selalu membosankan kok, Ma. Dengan aplikasi Pintar Cerdas Matematika, mata pelajaran yang satu ini tak lagi menjadi momok bagi si Anak. Aplikasi ini berupa game pengoperasian matematika seperti penjumlahan dan pengurangan. Ada tiga level mencakup angka satuan, belasan dan puluhan yang bisa dipelajari dari sini.

4. Rumus Matematika SD SMP SMA

4. Rumus Matematika SD SMP SMA
Pexels.com/JESHOOTS.com

Matematika sering jadi momok dalam belajar bagi anak-anak. Aplikasi ini akan memudahkan mereka untuk belajar rumus di mana dan kapan saja, tanpa perlu membawa buku. Rumus-rumus disajikan ringkas dan akan sangat mudah dipahami anak, mulai Sekolah Dasar hingga SMA.

Anak Mama bisa dengan mudah belajar tentang bilangan bulat, pecahan, deret, akar dan pangkat, sistem persamaaan linier, logika matematika, logaritma, lingkaran, bentuk tiga dimensi, dan masih banyak lagi.

5. Soal Ujian SD

5. Soal Ujian SD
Pexels.com/Louis Bauer

Sesuai namanya, aplikasi Soal Ujian SD tentu saja berisi kumpulan soal-soal anak Sekolah Dasar mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Aplikasi ini bisa membantu anak berlatih mengerjakan soal-soal untuk persiapan ujian sekolah maupun ujian nasional. Dilengkapi permainan interaktif, si Anak bisa belajar dengan cara yang seru.

Nah, kira-kira aplikasi mana nih yang dibutuhkan anak Mama? Yuk segera download di smartphone yang biasa dipakai si Anak.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;