Fakta Film Animasi 'Encanto' yang Menarik Ditonton Bersama Keluarga

Bercerita tentang satu keluarga bernama Madrigal yang diberikan keajaiban luar biasa

24 November 2021

Fakta Film Animasi 'Encanto' Menarik Ditonton Bersama Keluarga
Instagram.com/Encantomovie

Walt Disney Pictures kini kembali menghadirkan film animasi yang cocok ditonton bersama keluarga yaitu Encanto.

Encanto terbilang istimewa karena merupakan film animasi Disney ke-60. Film musikal yang bercerita tentang keajaiban satu keluarga ini tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu, 24 November 2021. 

Film yang disutradarai serta ditulis oleh Byron Howard, Jared Bush dan Charice Castro Smith ini terinspirasi dari magical realism yang merupakan salah satu budaya latin di Kolombia. 

Encanto merupakan film musikal yang menyuguhkan cerita serta kisah makna sebuah keluarga yang memiliki keajaiban, dan perjuangan salah satu anggota keluarga untuk menemukan keajaiban yang dimilikinya. 

Beberapa fakta menarik dari Encanto akan Popmama.com bahas. Mulai dari cerita, kolaborasi Disney bersama Barli Asmara serta keterlibatan Lin-manuel Miranda di dalamnya. 

Mama penasaran seperti apa fakta menarik film Encanto dari Disney? Yuk langsung disimak saja, Ma. 

1. Bercerita tentang satu keluarga yang memiliki keajaiban

1. Bercerita tentang satu keluarga memiliki keajaiban
Instagram.com/Encantomovie

Encanto adalah film musikal garapan Walt Disney Pictures, bercerita tentang uniknya satu keluarga bernama Madrigal yang memiliki keajaiban langka.  Keluarga ini hidup di pegunungan Kolombia. Keajaiban turun temurun yang didapatkan dari keluarga ini juga membantu warga desa di sekitarnya. 

Namun ternyata, di balik uniknya keajaiban yang diterima setiap anak dalam keluarga Madrigal, ada satu anggota keluarga yang tidak mendapatkannya, yaitu Mirabel. 

Setiap anak di keluarga Madrigal mendapatkan keajaiban saat mereka berulang tahun yang ke-5. Upacara khusus pun dilakukan untuk mengetahui apakah anak tersebut mendapatkan keajaiban atau tidak dengan melihat sebuah pintu ajaib yang akan muncul secara ajaib. 

Editors' Picks

2. Keajaiban masing-masing keluarga yang luar biasa

2. Keajaiban masing-masing keluarga luar biasa
Instagram.com/Encantomovie

Semua anggota keluarga memiliki keajaiban kecuali Mirabel. Seperti saudari perempuan Mirabel yang bernama Luisa, ia diberikan keajaiban berupa kekuatan fisik yang luar biasa. Bisa mengangkat rumah, batu besar serta memindahkan ternak. 

Isabela yang juga saudari perempuan Mirabel bisa dibilang merupakan anak emas. Ia bisa menghasilkan bunga hanya dari langkahnya saja, sehingga ia begitu sempurna di keluarga.

Mama Mirabel diberi keajaiban bisa menyembuhkan orang sakit hanya dengan meniup. Dan beberapa anggota keluarga lainnya diberi kemampuan mengendalikan cuaca dengan menggunakan emosi atau perasaan. 

Sementara Mirabel sendiri selama 10 tahun harus berlapang dada menerima bahwa ia tidak dikaruniakan keajaiban apapun saat ulang tahunnya yang ke-5. 

3. Kolaborasi BARLI ASMARA x Disney Indonesia rayakan keberagaman di Encanto

3. Kolaborasi BARLI ASMARA x Disney Indonesia rayakan keberagaman Encanto
Instagram.com/Barliasmara

Encanto menyajikan tampilan penuh warna dan berani sepanjang filmnya. Menunjukan perasaan yang ceria serta menghargai keberagaman. Tema dari Encanto inilah yang kemudian diterjemahkan oleh rumah mode Barli Asmara ke dalam lima busananya. 

Lewat busana itulah pihak Barli Asmara dan Disney Indonesia berharap bisa menyampaikan pesan khusus di dalam Encanto untuk lebih menghargai keberagaman dan perbedaan. 

Selain itu, Disney Indonesia dan Barli Asmara menggandeng lima artis Indonesia untuk menjadi muse mereka. Ada Yasmin Napper, Shenina Cinnamon, Ayushita, Beby Tsabina dan Kiara Mckenna. 

Busana kolabari keduanya juga sudah ditampilkan dan bisa dinikmati oleh penggemar melalui pameran spesial bertajuk Disney's Encanto Special Exhibition: "Welcome To The Family Madrigal"  yang berada di Main Antrium mall Pacific Place Jakarta mulai tanggal 20 November 2021 hingga 2 Januari 2022. 

Kira-kira sudah ada niat untuk melihat pameran bersama keluarga belum, Ma? 

4. Lin Manuel Miranda Penggarap musik di Encanto

4. Lin Manuel Miranda Penggarap musik Encanto
Instagram.com/Encantomovie

Sudah disinggung sebelumnya bahwa Encanto merupakan film musikal, sehingga Mama dan keluarga nanti bisa menikmati banyak lagu dan musik dalam film ini. Nah, aktor sekaligus komposer Lin-Manuel Miranda dipercaya untuk bertanggung jawab atas musik dan lagu-lagu di dalam Encanto

Uniknya lagi, Lin juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kolombia langsung supaya bisa melakukan riset demi menyerap unsur-unsur musik tradisional di sana. 12 karakter yang ada di dalam film Encanto sendiri ternyata memudahkan Lin untuk mengeksplorasi musik yang tepat untuk Encanto

Lin memberi bocoran terkait lagu yang menurutnya berbeda dari lagu-lagu yang pernah diciptakan di film animasi Disney sebelumnya yaitu 'We Don't Talk About Bruno'.

Nah dari pada Mama dan keluarga penasaran dengan filmnya, akhir pekan ini sudah bisa ajak anak untuk menonton bersama dan tetap dengan menjalankan protokol kesehatan ya, Ma. 

Itulah fakta menarik film Encanto yang bisa ditonton bersama keluarga. Meskipun begitu, anak-anak harus selalu dalam pantauan orangtua ketika menonton, karena ada adegan romantis yang harus diawasi. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.