Contoh Kalimat Part of Speech, Pelajaran Anak Sekolah Dasar

Sudah bisakah kamu membedakan noun, pronoun, verb, adverb, dan adjective?

17 Oktober 2021

Contoh Kalimat Part of Speech, Pelajaran Anak Sekolah Dasar
Freepik

Apakah di sekolah kamu sudah mendapatkan materi part of speech pada pelajaran bahasa Inggris? Kalau sudah, coba yuk ingat-ingat, apa itu part of speech?

Part of speech disebut juga kelas kata, yaitu kategori-kategori untuk kata yang membentuk kalimat. Setiap kata dalam kategori yang berbeda memiliki fungsi atau peran yang berbeda juga di dalam kalimat, lho.

Dilansir dari laman kids.britannica.com, ada 9 kategori kata dalam bahasa Inggris. Ada noun, pronoun, verb, adverb, adjective, article, preposition, conjunction, dan interjection.

Beberapa kalimat hanya berisi 2 kategori kata. Namun, banyak juga kalimat yang berisi lebih dari 2 kategori kata.

Penasaran kan bagaimana cara membedakannya? Nah, kali ini kita pelajari 5 kategori part of speech, yaitu noun, pronoun, verb, adverb, dan adjective beserta contoh kalimatnya dulu, ya.

Yuk, simak contoh kalimat part of speech a la Popmama.com di bawah ini supaya kamu semakin paham.

1. Noun

1. Noun
Freepik/pikisuperstar

Part of speech pertama yang akan kita bahas adalah noun atau kata benda. Noun merupakan kategori kata yang merujuk pada orang, tempat, hewan, benda, ide, dan konsep.

Di dalam sebuah kalimat, noun bisa berperan sebagai subjek dan objek, lho. Kalau kamu sudah mempelajari tentang kalimat pada pelajaran bahasa Indonesia, kamu pasti tidak asing dengan SPOK atau subjek, predikat, objek, dan keterangan.

Beberapa contoh noun adalah president, Lisa, England, dog, table, friendship, dan sadness. Bagaimana contoh kalimat yang menggunakan noun?

  • Nathan has three cats at home. (Nathan punya tiga ekor kucing di rumah.)
  • Caroline wears her new uniform today. (Caroline mengenakan seragam barunya hari ini.)

Editors' Picks

2. Pronoun

2. Pronoun
Freepik

Pronoun adalah kata ganti. Menggantikan apa? Menggantikan noun atau kata benda.

Kenapa kata benda harus digantikan oleh pronoun, ya? Nah, noun digantikan oleh pronoun untuk menunjukkan sesuatu secara lebih detail, seperti menunjukkan kepemilikan, memberi penekanan pada kata ganti lain, dan menunjukkan sesuatu.

Pronoun juga berfungsi untuk menghindari pengulangan kata benda dalam sebuah kalimat. Kalimat bisa lebih efektif dengan menggunakan pronoun.

Contoh pronoun adalah I, you, they, we, he, she, it, his, her, us, him, themselves, this, that, these, those, anybody, who, dan whom.

Contoh kalimat yang menggunakan pronoun:

  • We will learn about tree tomorrow, so prepare yourself. (Kita akan belajar tentang pohon besok, jadi siapkan dirimu.)
  • The weather is so bad and it makes me catch a cold. (Cuacanya sangat buruk dan itu membuatku masuk angin.)

3. Verb

3. Verb
Freepik/rawpixel.com

Verb atau kata kerja adalah kategori kata yang menunjukkan tindakan. Kata kerja berfungsi untuk memberi tahu apa yang dilakukan kata benda atau kata ganti di depan atau belakangnya.

Kata kerja bisa berubah bentuk sesuai tense pada kalimat tersebut. Contohnya, kata “walk” digunakan pada kalimat dengan present tense atau peristiwa yang sedang terjadi, sedangkan “walkakan berubah menjadi “walked” untuk kalimat dengan past tense atau peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau.

Kata kerja juga bisa berubah bentuk tergantung pada jumlah subjeknya (tunggal dan jamak). Contohnya, kata “listen” digunakan untuk subjek jamak, I, dan you. Kalau subjeknya bersifat tunggal, kata tersebut akan berubah menjadi “listens”.

Setiap kalimat pasti memiliki verb. Bahkan dalam kalimat bahasa Inggris, bisa ada 2 verb lho, yaitu main verb atau kata kerja utama dan helping verb atau kata kerja bantu.

Contoh kalimat yang menggunakan verb:

  • Luizy wrote the lyric himself. (Luizy menulis liriknya sendiri.)
  • Marie is taking pictures of the scenery out there. (Marie sedang mengambil gambar pemandangan di luar sana.)

4. Adverb

4. Adverb
Freepik

Dalam bahasa Indonesia, adverb disebut kata keterangan. Yang termasuk adverb adalah kata-kata yang berfungsi untuk menjelaskan kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lain. Gampangnya, adverb menjawab pertanyaan bagaimana, kapan, di mana, dan sejauh mana.

Beberapa adverb dibuat dengan menambahkan -ly ke kata sifat. Contohnya, loudly dan softly.

Selain itu, adverb juga bisa mengubah kata kerja atau kata keterangan lain. Namun, adverb tidak bisa mengubah kata benda.

Contoh adverb adalah carefully, yesterday, below, dan well.

Contoh kalimat yang menggunakan adverb:

  • You are doing well, Sam! (Kamu melakukannya dengan baik, Sam!)
  • Luckily, he didn’t go to the party last night. (Untunglah, dia tidak pergi ke pesta semalam.)

5. Adjective

5. Adjective
Freepik/master1305

Kategori part of speech terakhir yang akan kita bahas kali ini adalah adjective atau kata sifat. Adjective merupakan kategori kata yang menjelaskan kata benda dan kata ganti. Adjective juga bisa menjelaskan jumlah kata benda dalam sebuah kalimat.

Kalau dalam sebuah kalimat ada beberapa adjective, urutannya tergantung pada fungsi dari kata sifat tersebut. Biasanya, urutan adjective yaitu jumlah, kualitas, ukuran, usia, bentuk, warna, bahan, dan tujuan.

Contoh adjective adalah many, good, big, old, sharp, pale, green, wooden, dan forward.

Contoh kalimat yang menggunakan adjective:

  • Rose of Blackpink is so beautiful! (Rose Blackpink sangat cantik!)
  • The decision is a forward step. (Keputusannya adalah sebuah langkah maju.)

Itulah contoh kalimat part of speech. Semoga contoh-contoh di atas bisa membantumu memahami kategori kata dan pembentukan kalimat dalam bahasa Inggris, ya. Semangat belajar!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.