TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Mengetahui Bakat Anak di Era Digitalisasi

Era digitalisasi dapat memudahkan para orangtua untuk menggali potensi anak

10 Agustus 2022

Cara Mengetahui Bakat Anak Era Digitalisasi
Pexels/rodnaeproduction

Setiap anak tentunya dianugerahi bakat oleh Tuhan, yang membuatnya memiliki keistimewaan. Bakat dan minat yang dimiliki oleh anak haruslah diasah, supaya bakat tersebut dapat bermanfaat bagi dirinya dan bagi orang lain kelak.

Tidak semua orangtua dapat dengan mudah menemukan bakat anaknya. Sebab, beberapa anak perlu waktu untuk menemukan potensi pada dirinya. Potensi atau bakat tersebut ia dapatkan berkat usaha dan kegigihannya akan suatu hal.

Di era digitalisasi ini, anak perlu dikenalkan oleh banyak hal untuk menemukan potensi dalam dirinya. Tentu saja dalam hal ini peran orangtua juga dibutuhkan untuk membimbing anaknya agar tidak salah langkah.

Menemukan bakat anak bukanlah hal yang mudah, namun hal itu patut untuk diperjuangkan. Berikut Popmama.com berikan beberapa tips cara mengetahui bakat  anak di era digitalisasi. Yuk disimak, Ma!

1. Kenalkan anak dengan berbagai bidang

1. Kenalkan anak berbagai bidang
Pexels/Paveldanilyuk

Jika bakat anak belum terlihat, Mama dapat mengenalkannya dengan berbagai bidang. Kenalkan anak dengan berbagai aktivitas, seperti memasak, olahraga, melukis, menyanyi, menari, dan lain-lain.

Untuk mengenalkan anak pada bidang-bidang tertentu, dapat dimulai dari aktivitas sederhana yang dilakukan bersama. Misalnya melibatkan anak saat Mama masak, mengajak anak berkaraoke, melakukan olahraga, dan lain-lain.

Dari beberapa aktivitas yang dilakukan anak, Mama dapat menilai aktivitas apa yang paling enjoy dilakukannya. Semakin banyak bidang yang dikenalkan, maka akan semakin mudah untuk Mama menemukan bakat anak.

Editors' Picks

2. Menonton video atau acara tv

2. Menonton video atau acara tv
Pexels/ketutsubiyanto

Cara mengenalkan anak pada berbagai bidang juga dapat dimulai dengan mengajaknya menonton berbagai video kegiatan. Dengan hal ini, Mama juga dapat mengetahui bidang apa yang paling diminati oleh anak.

Video atau acara tv yang dapat Mama kenalkan pada anak, misalnya acara masak-masak, traveling, biografi, hewan serta tumbuhan, automotif, dan lain sebagainya.

Dari hal ini Mama dapat memperhatikan acara apa yang membuatnya sangat antusias. Secara tidak langsung, antusiame anak dapat menunjukan bakat dan minatnya.

3. Mendaftarkan berbagai kompetisi

3. Mendaftarkan berbagai kompetisi
Popmama/Fadhila Luqyana

Setelah mengenalkan banyak hal, saatnya Mama menguji kemampuan anak dengan mendaftarkannya pada berbagai kompetisi. Sebelum mendaftar, tentunya Mama perlu persetujuan dari anak juga.

Saat ini banyak kompetisi yang dapat Mama temukan informasinya melalui sosial media, seperti singing competition yang diadakan oleh justice Indonesia. Pada Jumaat (29/07/2022), justice Indonesia mengadakan sebuah acara bertajuk justice festival.

Dalam acara ini akan diumumkan pemenang dari singing competition, yang telah diadakan sebelumnya pada akun Instagram @justiceindonesia.

Sebagai perwakilan dari justice Indonesia, Anas menginginkan justice sebagai brand fashion tidak hanya menjual produk fashion, melainkan juga mengempowering anak-anak demi tumbuh kembangnya.

4. Mengikuti tes minat dan bakat secara online

4. Mengikuti tes minat bakat secara online
Pexels/martawave

Saat ini banyak website tes minat bakat yang dapat diakses anak melalui smartphonenya. Walaupun hasil yang didapatkan mungkin tidak seratus persen akurat, namun dengan tes minat bakat online ini Mama dapat menggunakan hasilnya sebagai bahan pertimbangan.

Bandingkan hasil tes minat bakat tersebut dengan hasil pengamatan Mama mengenai minat dan bakat anak. Jika hasilnya sama atau mirip, maka Mama bisa mulai mempersiapkan kegiatan yang anak gemari tersebut untuk mengasah bakatnya.

5. Biarkan anak memilih bidang yang disukai

5. Biarkan anak memilih bidang disukai
Pexels/kampusproduction

Setelah semua hal telah Mama lakukan untuk mengetahui bakat anak, kini biarkan anak memilih jalannya sendiri. Misalnya jika anak suka memasak, biarkan ia berkreasi dengan masakannya. Atau jika anak mama hobi menyanyi, maka bebaskan ia untuk mengikuti berbagai kompetisi menyanyi.

Sebagai juri dalam singing competition yang diadakan oleh justice, Anneth Delliecia yang ditemui di kawasan Moja Museum pada Jumaat (29/07/2022), berharap anak-anak yang mengikuti kompetisi menyanyi ini dapat berkembang lagi dan mengasah apa yang mereka punya dalam dirinya.

Itu dia, Ma cara mengetahui bakat anak di era digitalisasi seperti saat ini. Yuk, gali lebih dalam potensi dalam diri anak untuk meningkatkan rasa percaya dirinya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk