TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta Kemerdekaan RI, Termasuk Rekaman Suara Proklamasi

Kemerdekaan Republik Indonesia ditandai dengan pembacaan teks proklamasi yang penuh perjuangan

18 Agustus 2022

5 Fakta Kemerdekaan RI, Termasuk Rekaman Suara Proklamasi
Pinterest.com

Hari kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, merupakan momen bersejerah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus, pertama kali dibacakan sebuah teks proklamasi yang menjadi akhir bahagia dari perjalanan panjang masyarakat Indonesia pada saat itu.

Mengumumkan kemerdekaan bukanlah hal yang mudah. Butuh proses panjang, hingga akhirnya naskah proklamasi dapat dibacakan dihadapan seluruh masyarakat Indonesia.

Membaca sejarah mengenai perjuangan bangsa Indonesia, tentu ada rasa haru yang mengikuti. Namun dibalik rasa haru tersebut, terdapat beberapa fakta yang jarang diketahui dan dibahas dalam pelajaran sejarah.

Dilansir dari akun Instagram TVRI nasional, berikut Popmama.com berikan 5 fakta kemerdekaan Republik Indonesia yang jarang diketahui masyarakat.

1. Suara Bung Karno yang sering terdengar di media, bukan suara asli yang diambil pada tahun 1945

1. Suara Bung Karno sering terdengar media, bukan suara asli diambil tahun 1945
Kaskus.co.id

Rekaman proklamasi yang bisa kita dengar saat ini, merupakan hasil dari rekaman ulang. Pembacaan teks Proklamasi oleh Bung Karno yang dilakukan di Jalan Pegangsaan Timur no. 56, Jakarta hanya diabadikan melalui pengambilan gambar. 

Pada saat itu, Indonesia belum memiliki alat yang canggih untuk merekam suara, sehingga rekaman kerap beredar di media merupakan siarang ulang yang dilakukan enam tahun setelahnya di studio Radio Republik Indonesia (RRI). 

Ide merekam suara proklamasi enam tahun setelahnya, merupakan ide dari salah satu pendiri Radio Republik Indonesia (RRI), Jusuf Ronodipuro. 

Editors' Picks

2. Hasil dokumentasi kemerdekaan dikubur di bawah pohon

2. Hasil dokumentasi kemerdekaan dikubur bawah pohon
jalandamai.org

Usai mengabadikan momen bersejarah, Frans Mendur yang merupakan seorang fotografer diburu oleh tentara Jepang. Tentara Jepang hampir menyita dokumentasi hasil kemerdekaan tersebut. 

Dokumentasi kemerdekaan Indonesia kemudian dikubur di bawah pohon kantor Harian Asia Raja. Berkat Frans Mendur, kini rakyat Indonesia dapat melihat foto peristiwa kemerdekaan.

3. Naskah asli teks proklamasi sempat hilang dan ditemukan di tempat sampah

3. Naskah asli teks proklamasi sempat hilang ditemukan tempat sampah
Pinterest.com/berita Jakarta

Naskah asli teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Soekarno, sempat hilang. Lalu naskah proklamasi tersebut akhirnya ditemukan di tempat sampah oleh BM. Diah, seorang wartawan asal Aceh.

Kini naskah asli proklamasi berada di arsip nasional, yang diserahkan pada tahun 1992. Naskah proklamasi pertama kali ditulis di rumah Laksamana Maeda, Jalan Meiji Dori. Sekarang jalan tersebut dikenal dengan nama Jalan Imam Bonjol nomor 1, Jakarta Pusat.

4. Soekarno sempat tertidur pulas, 2 jam sebelum pembacaan teks proklamasi

4. Soekarno sempat tertidur pulas, 2 jam sebelum pembacaan teks proklamasi
britannica.com

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno sempat tertidur pulas pada 2 jam sebelum pembacaan teks proklamasi.

Hal tersebut dikarenakan Bung Karno mengalami gejala penyakit malaria. Walau begitu, ia tetap melanjutkan tugasnya dan bersiap-siap untuk membacakan teks proklamasi dihadapan masyarakat Indonesia.

5. Bulan Ramadhan menjadi saksi bangsa Indonesia merdeka.

5. Bulan Ramadhan menjadi saksi bangsa Indonesia merdeka.
freedomsiana.id

Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945, bertepatan dengan bulan Ramadhan dan jatuh pada hari Jumaat.

Proses pengetikan naskah proklamasi dilakukan pada tanggal 9 Ramadhan 1364 Hijriah waktu sahur dan selesai pada pukul 03.00 dini hari.

Itu dia fakta tentang kemerdekaan Republik Indonesia yang jarang diketahui. Perjuangan para pahlawan untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, perlu diteruskan semangatnya oleh para pemuda-pemudi bangsa Indonesia.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk