Penyebab Pingsan saat Haid Hari Pertama pada Remaja

Sakit yang tak tertahankan saat haid, bisa memicu seseorang pingsan

1 Juli 2022

Penyebab Pingsan saat Haid Hari Pertama Remaja
Freepik

Menstruasi merupakan siklus alami yang akan dialami perempuan dewasa setiap bulannya. Menjelang datangnya haid, setiap perempuan akan mengalami gejala yang berbeda-beda.

Gejala-gejala umum yang kerap dialami perempuan saat menjelang haid di antaranya, yaitu perut keram, badan pegal-pegal, sesak nafas, dll.

Ada perempuan yang tidak merasakan gejala apapun saat haid, namun ada pula yang merasakan gejala cukup parah, bahkan hingga menyebabkan pingsan pada haid hari pertama.

Jika gejala-gejala seperti perut keram, badan pegal-pegal, dll adalah hal yang wajar terjadi menjelang haid hingga haid hari pertama, bagaimana dengan yang mengalami pingsan?

Apakah pingsan hal yang wajar saat hari pertama? Untuk tahu lebih dalam mengenai hal ini, Popmama.com telah merangkum penyebab pingsan saat haid hari pertama pada remaja. Yuk, disimak!

Pingsan saat haid hari pertama

Pingsan saat haid hari pertama
Pexels/karolinagrabowska

Dikutip dari laman dr.felix.co.uk pingsan saat periode haid, adalah gejala umum yang kerap kali dialami oleh beberapa perempuan. Perempuan yang berusia 20an memiliki kemungkinan besar dipengaruhi oleh tubuh mereka yang menyesuaikan diri dengan tingkat hormon yang berfluktuasi.

Dalam medis, istilah pingsan disebut dengan sinkop. Pingsan menjadi cara otak untuk memberi peringatan pada tubuh bahwa ia tidak mendapatkan jumlah oksigen yang dibutuhkannya. Otak sangat sensitif terhadap oksigen, oleh sebab itu sebelum pingsan umumnya seseorang akan merasakan pusing.

Editors' Picks

1. Pendarahan yang cukup banyak

1. Pendarahan cukup banyak
Pexels/karolinagrabowska

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu kemungkinan seseorang pingsan pada haid hari pertama adalah kurangnya jumlah oksigen yang sampai ke otak. Berkurangnya jumlah oksigen masuk saat haid, dapat disebabkan oleh pendarahan dalam volume cukup banyak. 

Pendarahan dalam volume yang banyak, menyebabkan adanya sejumlah oksigen dan nutrisi yang terbuang, yang membuat seseorang menjadi lemas. Keadaan lemas dan kurang bertenaga, dapat memicu terjadinya pingsan pada seseorang yang didahului rasa pusing. 

2. Kontraksi otot pada rahim

2. Kontraksi otot rahim
Freepik

Pada saat perempuan datang bulan, dinding rahim akan meluruh serta otot rahim akan berkontraksi  Kontraksi dapat menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutus suplai darah dan oksigen ke rahim.

Kondisi tersebut menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menimbulkan rasa nyeri, salah satunya prostaglandin. Prostaglandin dapat memicu radang, serta membuat otot rahim berkontraksi semakin kencan, yang akan menyebabkan rasa nyeri pada perut. 

Prostagladin juga dapat menyebabkan tekanan darah menurun, sehingga dapat memicu respon tubuh, yang membuat seseorang pingsan. Zat prostagladin juga dapat menimbulkan beberapa keluhan lain saat haid, seperti mual, keram, lemas, nyeri payudara, dan sakit kepala.

3. Diet berlebihan

3. Diet berlebihan
Freepik/Rawpixel

Diet berlebihan dapat menjadi penyebab seseorang pingsan saat haid hari pertama. Cara diet yang salah, dapat menyebabkan seseorang mengalami anemia atau kekurangan darah. 

Anemia saat haid yang dialami seseorang dapat memicu beberapa gejala, salah satunya pingsan. Anemia tidak hanya menyerang orang dewasa, remajapun dapat terserang anemia. 

4. Tips mengurangi rasa sakit saat haid

4. Tips mengurangi rasa sakit saat haid
Pexels/karolinagrabowska

Rasa nyeri yang terjadi saat menjelang haid yang umumnya berlangsung hingga hari kedua, menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Rasa tidak nyaman ini dapat mengganggu kegiatan yang sedang dijalankan. 

Beberapa tips mengurangi rasa sakit saat haid:

  1. Kompres perut dengan air hangat
  2. Apabila nyeri tak tertahankan, dapat minum obat pereda nyeri
  3. Hindari minum-minuman bersoda
  4. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat
  5. Minum air putih yang cukup
  6. Perbanyak istirahat

Itu dia  beberapa penyebab pingsan saat haid hari pertama pada remaja ataupun orang dewasa. Jika sakit tak tertahankan, berhentilah beraktivitas dan perbanyak istirahat supaya nyeri tidak terlalu terasa. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk