TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Membangun Semangat Anak saat Mengikuti Lomba

Semangat dan mood anak saat mengikuti lomba dapat mempengaruhi hasil yang akan didapatkan

18 Agustus 2022

Tips Membangun Semangat Anak saat Mengikuti Lomba
Pexels/cottonbro

Bulan Agustus kerap menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada bulan ini, seluruh masyarakat akan memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Momen ini selalu disambut meriah dan penuh suka cita oleh masyarakat. 

Untuk memeriahkan kemerdekaan, masyarakat di berbagai wilayah kerap mengadakan acara, seperti upacara, pawai, lomba, dan lain sebagainya. Lomba-lomba yang diselenggarakan pada 17 Agustus  ditujukan kepada anak-anak. 

Berbagai lomba yang digelar pada 17 Agustus, dapat menjadi sebuah simbolis dari perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan. Semangat itulah yang perlu ditanamkan orangtua kepada anak-anaknya. 

Untuk membangun mood dan semangat anak dalam mengikuti lomba, berikut Popmama.com berikan tips membangun semangat anak saat mengikuti lomba. Yuk, disimak!

1. Pilih lomba yang sesuai dengan minat anak

1. Pilih lomba sesuai minat anak
Popmama/Fadhila Luqyana

Biasanya anak-anak akan sebal dan bete jika ia diminta untuk mengikuti lomba yang tidak disukai. Oleh karena itu sebelum mendaftarkan anak pada lomba, Mama perlu membuat kesepakatan dulu dengannya. 

Mama juga bisa mendaftarkan anak di tempat perlombaan yang unik, seperti lomba 17an di atas trampolin yang diadakan oleh Bounce Street Asia pada Rabu (17/08/2022). 

Ada berbagai lomba tradisional yang diselenggarakan, antara lain panjat pinang, galasin, balap karung, estafet karet gelang, dan lain-lain. Selain itu, ada pula lomba fashion show bertema 90's. 

"Berangkat dari ide Citayam fashion week, kami berharap orang-orang yang suka fashion bisa menjadikan bounce sebagai basecamp, dimana mereka bisa tetap stylish dan healthy" ujar Lusi, brand strategist Bounce Street Asia. 

Di luar perayaan 17 Agustus, Mama juga bisa mendaftarkan anak di Bounce School. Anak-anak yang mendaftar di Bounce School, akan dilatih oleh coach  profesional. Jadi selain menyenangkan, anak juga tetap sehat.

Mama juga tidak perlu khawatir lagi anak terlalu sering bermain handphone saat Mama kerja. 

Pada dasarnya anak juga berhak merasakan kemerdekaan dan inilah makna kemerdekaan bagi si Kecil sesuai dengan pemahaman dan imajinasi masing-masing anak.

View this post on Instagram

A post shared by Popmama.com (@popmama_com)

2. Perhatikan kenyamanan anak

2. Perhatikan kenyamanan anak
Pexels/karolinagrabowska

Sebelum mengikuti lomba, Mama perlu memperhatikan kenyamanan anak mulai dari bangun tidur sampai ia berangkat menuju tempat perlombaan. Kenyamanan anak akan menentukan moodnya sepanjang hari, sehingga jika mood anak baik maka ia akan melaksanakan lomba dengan maksimal. 

Berikut beberapa hal yang perlu Mama perhatikan sebelum anak menuju tempat perlomban:

1. Bangunkan anak lebih awal

Membangunkan anak lebih awal bertujuan agar ia tidak terburu-buru saat berangkat. Biasanya mood anak bisa berubah seketika saat ia diburu-buru oleh orangtuanya. Oleh karena itu, hindari bangun tidur terlalu siang. 

2. Berikan sarapan terbaik

Sebelum berangkat ke tempat perlombaan, berikan sarapan terbaik pada anak. Mama bisa memberikan anak makanan favoritnya, untuk menjaga baik moodnya sepanjang hari. Namun Mama perlu menghindari sarapan yang membuat anak terlalu kenyang sehingga ia mudah mengantuk. 

3. Antarkan ke tempat perlombaan dan berikan semangat

Jika sudah siap, antarkan anak sampai ke tempat perlombaan. Berikan dukungan penuh kepadanya untuk memberikan yang terbaik. 

3. Gunakan dress code terbaik

3. Gunakan dress code terbaik
Pexels/anastasiyagepp

Beberapa perlombaan mengharuskan pesertanya untuk menggunakan dress code tertentu. Hal tersebut perlu Mama perhatikan, jangan sampai anak salah dress code saat lomba. 

Persiapkan baju dan lainnya dari malam, sehingga di pagi hari Mama bisa santai dan tidak terburu-buru. Jika tidak ada ketentuan dress code, berikan anak pakaian terbaik untuk ia gunakan. 

Dresscode terbaik tidak harus baru, yang terpenting pakaian tersebut bersih dan rapih serta tidak kusut. Mengenakan dress code terbaik akan membuat anak lebih percaya diri saat mengikuti perlombaan. 

Itu dia tips membangun semangat anak saat mengikuti lomba. Hasil yang baik, harus diawali dengan semangat dan penuh keceriaan. Selamat mencoba ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk