10 Alasan Remaja Mama Terobsesi dengan BTS

Banyak anak muda mengatakan, BTS membantu mereka melewati masa sulit

25 Agustus 2020

10 Alasan Remaja Mama Terobsesi BTS
love-myself.org

Usia remaja adalah salah satu fase hidup yang paling rumit. Anak remaja masih mencari tahu seperti apa jati dirinya dan juga masih butuh waktu untuk mencerna masalah yang menghampirinya. 

Tak heran jika banyak dari remaja mama kerap mengurung diri di kamar, mengenakan earphone dan selalu memegang ponsel.

Menurut penelitian 20% dari mayoritas anak berumur 13-18 tahun mengalami gangguan mental yang cukup berat. 

Sedangkan menurut seorang terapis musik bernama Davida Price, anak remaja sering menjadikan musik sebagai penjelasan dari perasaan yang tengah dialaminya.

Musik juga yang menentukan dengan teman seperti apa ia akan berbagi hari. Itulah mengapa remaja sangat lekat dengan musik. 

Jika remaja Mama terobsesi dengan BTS, jangan dulu melarangnya. Ketahui lebih dalam, dan Mama bisa merasa agak lega. Disusun Popmama.com, berikut 10 alasan kenapa remaja Mama terobsesi dengan K-pop band, BTS.

1. Musik dengan lirik yang inspiratif

1. Musik lirik inspiratif
facebook.com/bangtan official

Melalui banyak cara, musik mendefinisikan diri para remaja. Dengan kata lain, musik adalah bahasa mereka. Musik yang dipilih bisa mempengaruhi kepribadian dan ketertarikan mereka akan sesuatu. 

Penting sekali untuk mengetahui apakah mereka telah mendengarkan musik yang tepat atau tidak. 

Musik yang diciptakan oleh BTS kebanyakan berbicara tentang kehidupan anak remaja, perjuangan mereka, dan cara mereka mengatasi ketakutannya. 

Berdasarkan pengakuan para penggemarnya yang remaja, banyak yang mengatakan bahwa lagu-lagu milik BTS mampu menyelamatkan mereka dari keterpurukan. 

Banyak lirik mereka yang sangat membangun. Salah satunya potongan lirik dari lagu Tomorrow.

Follow your dream like breaker

Even if it breaks down

Don't ever run backwards, never

Because the dawn right before the sun rises is the darkest

2. Memberi contoh pertemanan yang sehat

2. Memberi contoh pertemanan sehat
facebook.com/bangtan official

Baru-baru ini, soerang presenter TV bernama Zane Lowe yang mewakili Apple Music mewancarai BTS dalam promosi single mereka Dynamite. Ia dengan jujur mengakui bahwa pertemanan anggota BTS sangat terasa chemistry-nya. 

Lebih lanjut, Zane mengatakan ia belum pernah melihat anggota boyband memiliki pertemanan sedalam BTS. 

Mereka memiliki cara tersendiri untuk membuat hubungan kerja mereka lebih dalam dan kuat dalam ikatan pertemanan yang sehat. Seperti diketahui, para anggota BTS tidak semua berasal dari kota besar di Korea Selatan. 

Sehingga mereka tak benar-benar punya sahabat dekat yang berakhir menjadikan anggotanya sebagai teman terdekatnya. 

Jika kebanyakan anggota boyband akan merasa iri jika ada yang lebih bersinar, tidak dengan BTS. Mereka bisa dengan tulus mendukung dan itulah yang bisa menjadi contoh para remaja.

Bahwa, menemukan sahabat baik yang bisa saling mendukung dan bertumbuh sangatlah penting. 

3. Mengajak untuk bagaimana mencintai diri sendiri 

3. Mengajak bagaimana mencintai diri sendiri 
Instagram.com/bts.bighitofficial

Tahun 2017, BTS bekerja sama dengan Komite UNICEF Korea dan Jepang untuk meluncurkan kampanye untuk mencintai diri sendiri atau Love Myself

Bersama UNICEF, mereka juga menggaungkan #ENDviolence untuk menghentikan para remaja hidup dalam ketakutan akan kekerasan. Mereka juga mempromosikan tagar #BTSLoveMyself yang meminta para fans untuk memposting hal yang bertema mencintai diri sendiri. 

Jika kebanyakan idol Korea memiliki wajah sempurna, maka anggota BTS bisa percaya diri tampil dengan apa adanya. 

4. Contoh bahwa kerja keras akan berbuah manis

4. Contoh bahwa kerja keras akan berbuah manis
grammy.com

Dalam awal karirnya, BTS harus melewati banyak kesulitan. Mulai dari kekurangan biaya untuk syuting video musik, tinggal bersama di apartemen sempit, dan dicemooh musisi lain karena menggunakan make up

Namun mereka menolak untuk berhenti berkarya dan terus berusaha semaksimal mungkin menghasilkan lagu yang inspiratif. Pada akhirnya, mereka bisa mendapat beragam penghargaan, bahkan menang di ajang internasional. 

Perjuangan ini menjadikan banyak remaja merasakan kesulitan yang sama. Mereka seakan memahami sulitnya bangun dan berjalan dengan kaki yang tegap. 

Namun bagaimanapun, hidup harus tetap berjalan dan yang bisa dilakukan adalah terus maju dan berjuang. Banyak penggemar remaja yang merasa "diselamatkan" oleh BTS.

Editors' Picks

5. Sebagai contoh untuk saling terbuka

5. Sebagai contoh saling terbuka
pinterest.com

Para anggota BTS punya peraturan tersendiri dalam menghadapi masalah. Selain mereka tinggal bersama untuk menjaga kedekatan hubungan antar anggota, mereka juga terbiasa untuk membicarakan semua masalah yang terjadi. 

Hal ini bisa dilihat di postingan sosial media mereka. Banyak rekaman yang menunjukkan bagaimana cara mereka menyelesaikan masalah. Begitu juga dalam menceritakan kesulitan dan kegundahan dalam diri mereka. 

Para anggota ini bisa dengan terbuka menangis dan mengatakan kesalahan mereka. Di sisi lain, anggota lainnya menerima hal itu dan tetap memberi dukungan. 

Inilah yang bisa dicontoh para remaja untuk terbuka terhadap perasaan mereka. Tak apa merasakan sedih, kecewa, kesal dan lainnya. Tak apa juga jika ingin mengungkapkannya ke orang terpercaya. 

6. Sikap rendah hati yang konsisten

6. Sikap rendah hati konsisten
facebook.com/bangtan official

Selain wajah mereka yang tampan dan sedap dipandang, kepribadian para anggota BTS juga sangat terpuji. Baik di depan kamera atau di belakang kamera, mereka konsisten menjadi pribadi yang rendah hati. 

Seorang paparazi meneriakkan kata-kata kasar pada BTS saat mereka berkunjung ke Los Angeles, AS. Saat mengetahui hal itu, respon para anggota BTS menarik perhatian Vogue. 

Menurut Vogue, mereka tertawa dengan santai dan mengucapkan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan. Bahkan tak ada keinginan untuk membalasnya. 

Ini sangat penting untuk dicontoh para remaja. Di mana remaja Gen Z cenderung agresif dan mudah mengeluarkan kata-kata kasar. Dengan menjadikan BTS sebagai idola mereka, sikap para anggota bisa menular pada para fansnya. 

7. Memiliki penggemar yang saling mendukung

7. Memiliki penggemar saling mendukung
facebook.com/bangtan official

Tak banyak kelompok penggemar yang memiki efek positif begitu besar seperti fandom BTS yang dinamakan ARMY. Saat memutuskan menjadi ARMY, seseorang sedikit banyak akan mengalami perubahan dalam diri mereka. 

Dari yang tadinya seorang pribadi yang tidak begitu peduli, menjadi lebih berjiwa sosial. 

Dalam komunitasnya, ARMY juga saling menguatkan satu sama lain. Saat seseorang menceritakan kesulitan dan kegundahannya, ada banyak ARMY lain yang dengan sigap mengucapkan kata-kata menenangkan dan membangun. Seperti memiliki teman baik meski belum pernah bertemu sama sekali. 

Selain itu, ARMY juga sering berkumpul untuk membicarakan aksi sosial. Mereka bisa menggerakkan suatu kampanye seperti mencintai diri sendiri, menyayangi sesama, dan sejenisnya.

Cukup jarang kan, Ma, mendengar anak mama bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan sosialis karena sebuah band?

8. Artis yang peduli dengan penggemarnya

8. Artis peduli penggemarnya
Youtube.com

Tak hanya sesama penggemarnya saja yang saling peduli, anggota band BTS juga tak kalah pedulinya dengan fans mereka. Para anggota ini seperti merelakan hidup mereka untuk para penggemarnya. 

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu membernya yang bernama Kim Namjoon dalam pidato di United Nations, bahwa tujuan mereka adalah bisa berguna untuk orang lain. Selain memberikan pidato, BTS mendukung peluncuran Generation Unlimited dari UNICEF, kemitraan global baru untuk membantu setiap anak muda mendapatkan pendidikan, pelatihan, atau pekerjaan yang berkualitas pada tahun 2030. 

BTS mengaku membuat karya terbaik untuk para penggemarnya, dan juga menyisihkan waktu mencari tahu apa yang sedang terjadi pada hidup para penggemarnya. 

Bukan hanya sekadar basa basi, para anggota BTS bisa benar-benar peduli dengan para penggemarnya. Inilah yang membuat hampir semua fansnya jatuh cinta pada mereka. 

9. Penampilan yang super menarik

9. Penampilan super menarik
facebook.com/bangtan official

Tak bisa dipungkiri, para anggota BTS memiliki gaya berpakaian yang stylish. Meski mengenakan make up, namun tidak berlebihan dan pilihan gaya mereka selalu menarik. 

Belum lagi jika mereka meluncurkan video musik. Biasanya akan membuat siapa saja terpesona karena gerakan tariannya yang luar biasa. 

Jika biasanya band K-pop hadir dengan tarian khas, mereka cenderung menampilkan tarian penuh tenaga. Hal ini dilengkapi dengan musik yang tak kalah keren. 

Jika anak mama bisa bergerak sambil mendengarkan BTS, sebuah nilai plus, kan?

10. Menghibur dengan tingkah lucu mereka

10. Menghibur tingkah lucu mereka
twitter.com

BTS memiliki banyak acara di luar karir musik mereka. Selain itu, pihak BigHit Entertainment juga selalu merekam tingkah mereka saat di belakang panggung. ataupun pada keseharian mereka. 

Inilah yang menarik perhatian banyak penggemarnya. Meski di panggung tampil dengan luar biasa keren, namun jika di belakang panggung, mereka seperti sekelompok orang yang penuh canda dan sering bertingkah lucu. 

Banyak penggemarnya merasa terhibur dengan tingkah mereka. Jika ini bisa membantu anak mama dari rasa depresi, kenapa harus melarangnya?

Namun perlu ditegaskan pada anak buat tak lupa dengan kewajibannya dengan tugas-tugas sekolah. Lewat salah satu lagunya berjudul Pied Piper, BTS mengingatkan para penggemarnya untuk tetap fokus belajar dan mendengarkan orangtuanya meskipun mengidolakan mereka. 

Itulah 10 hal yang membuat anak remaja Mama bisa tergila-gila dengan BTS. Sudah merasa tenang sekarang, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.