Jarang Diketahui, Ini Manfaat Roti Gandum untuk Perkembangan Anak

Roti gandum bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan anak

13 Juni 2019

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Roti Gandum Perkembangan Anak
Pixabay/manfredrichter

Sarapan roti di pagi hari tentu menjadi menu yang praktis untuk disajikan kepada anak-anak. Apalagi sarapan menjadi bagian yang cukup penting dalam menjalani berbagai aktivitas keseharian, termasuk bagi anak-anak. 

Sarapan juga memiliki peran untuk menunjang kinerja otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak sepanjang hari.

Menu roti yang ditawarkan oleh setiap keluarga di rumah ketika sarapan bisa roti tawar putih atau roti gandum, tergantung selera dan favorit seluruh anggota keluarga. 

Dilansir dari Boldsky diketahui kandungan karbohidrat yang terdapat di roti gandum tentunya sebagai sumber utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan sebagian negara memiliki roti gandum yang dilengkapi dengan biji-bijian di atasnya agar memiliki tampilan menarik, sekaligus menambah kandungan nutrisi.

Jika Mama yang ingin berbagai manfaat dari roti gandum untuk perkembangan serta kesehatan anak, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa informasi penting. 

1. Mencegah risiko penyakit jantung

1. Mencegah risiko penyakit jantung
Pixabay/klimkin

Ma, sudah tahu belum kalau roti gandum utuh sangat baik untuk kesehatan?

Kandungan nutrisi untuk roti gandum cukup baik bagi kesehatan karena rendah lemak dan bebas kolesterol. Anak-anak yang rutin mengonsumsi roti gandum dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

Ini dikarenakan roti gandum memiliki kemampuan untuk menghapus segala kolesterol yang berada pada arteri. Dengan mengonsumsi secara rutin, anak mama bisa terhindar dari berbagai risiko penyakit jantung. 

Baca juga: 5 Gejala Serangan Jantung Mendadak pada Anak

2. Memperlancar sistem pencernaan anak secara alami

2. Memperlancar sistem pencernaan anak secara alami
Pixabay/FotoshopTofs

Dibandingkan roti tawar putih yang seringkali digunakan untuk sarapan, roti gandum memiliki banyak serat dan nutrisi. Hal ini dikarenakan roti gandum memiliki tiga lapisan lengkap yakni dedak, endosperma dan benih. Apalagi ketiganya cukup penting untuk asupan tubuh, 

Orangtua yang menyiapkan roti gandum untuk anak-anak di pagi hari secara rutin dapat membantu memperlancar sistem pencernaannya. 

Asupan roti gandum bahkan dapat mengurangi risiko terkena sembelit. Selain itu, gandum bisa dijadikan obat pencahar alami untuk pencernaan karena memiliki serat yang tinggi. 

Kandungan serat tinggi pada roti gandum dapat menjaga kesehatan pencernaan sekaligus usus karena membuat kondisi di sekitarnya lebih terbebas dari kotoran dan racun.

Bahkan tanpa disadari dapat melancarkan gerakan usus dan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

Baca juga: Sarapan Roti di Pagi Hari, Sehat atau Sekedar Kenyang?

Editors' Picks

3. Mempertahankan kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini

3. Mempertahankan kesehatan kulit mencegah penuaan dini
Pexels.com

Semua orangtua tentunya ingin memiliki kulit yang sehat dan bersih. Mama bisa membantunya dengan berbagai asupan bernutrisi, salah satunya roti gandum sebagai sarapan pagi. 

Selain sebagai sumber karbohidrat dan serat yang baik untuk sarapan, roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh memiliki banyak kandungan nutrisi seperti antioksidan, protein, mineral termasuk zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, sodium hingga zinc.

Berbagai nutrisi di dalam roti gandum tentu bermanfaat bagi tubuh. Bahkan vitamin seperti vitamin B, folat dan vitamin E tersedia di dalam roti gandum. 

Perpaduan kandungan vitamin B dan protein yang tinggi pada roti gandum dapat meningkatkan kesehatan kulit wajah. Selain itu, kandungan vitamin E yang tinggi juga dapat membantu kulit wajah anak mama terhindar dari penuaan dini. 

Untuk anak-anak yang sudah mulai berjerawat dan meninggalkan bekas di wajah, kandungan vitamin E pada roti gandum jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi noda hitam di area wajah. 

Baca juga: Bukan Karena Warna Kulit, Ini Penyebab Anak Tampak Pucat Setiap Saat

4. Mengurasi risiko diabetes dan perkembangan kanker sejak diniĀ 

4. Mengurasi risiko diabetes perkembangan kanker sejak diniĀ 
Instagram.com/originbakeryindonesia

Roti gandum memiliki kandungan indeks glikemik yang lebih rendah dari indeks pada roti tawar putih, sehingga cukup aman ketika dikonsumsi oleh anak-anak penderita diabetes. Tak hanya itu, kandungan serat pada roti gandum bisa mengontrol berbagai lonjakan gula darah dalam tubuh. 

Asupan roti gandum yang dikonsumsi anak-anak secara rutin dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, obesitas dan beberapa jenis kanker.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa roti gandum dilengkapi dengan adanya senyawa alami, sehingga lebih mampu melawan perkembangan sel-sel kanker.

Baca juga: Waspada! Ini Dia Gejala dan Cara Mengatasi Diabetes pada Anak

5. Mengatasi tingkat stres anak-anak di sekolah

5. Mengatasi tingkat stres anak-anak sekolah
Pixabay/picjumbo_com

Anak-anak yang sudah masuk sekolah seringkali merasa jenuh dengan banyak tugas hingga berujung stres, apalagi jika ditambah dengan berbagai les di luar jam pelajaran. 

Jika Mama selalu menyiapkan makanan sarapan di rumah, tidak ada salahnya untuk rutin memberikan roti gandum dengan tujuan untuk nutrisi terbaik anak-anak. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan si Anak yaitu dapat mengatasi tingkat stres pada dirinya.

Dilansir dari Boldsky, roti gandum dapat meningkatkan produksi hormon serotonin yang berada di dalam otak, sehingga membantu dalam mengurangi berbagai stres yang berujung depresi. 

Meskipun roti gandum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ada baiknya untuk tidak terlalu mengonsumsi terlalu berlebihan. Jika terlalu banyak, maka dapat menyebabkan jumlah sodium di dalam tubuh meningkat tinggi. 

Setiap helai roti tawar dari gandum utuh yang dikonsumsi mengandung sekitar 200 mg sodium. Sementara itu, asupan sodium harian yang disarankan untuk kesehatan yaitu 600 mg. Setiap orang memiliki batas maksimal asupan sodium yaitu 1.800 mg setiap harinya nih, Ma. 

Itulah beberapa manfaat serta informasi yang bisa didapat saat anak-anak rutin mengonsumsi roti gandum. Semoga Mama selalu memerhatikan segala asupannya demi perkembangan serta kesehatan si Anak ya! 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!