Waspada! 7 Makanan ini Berpotensi Sebabkan Asam Lambung pada Anak

Mulai sekarang perhatikan asupan gizi untuk mencegah asam lambung pada anak ya, Ma

26 Februari 2020

Waspada 7 Makanan ini Berpotensi Sebabkan Asam Lambung Anak
Freepik

Kondisi naiknya asam lambung pasti tidak nyaman. Apalagi jika Si Anak yang mengalaminya. Ia akan merasa sakit dan perih pada lambung, perut terasa melilit, mulas, mual hingga berujung muntah. Ini terjadi karena kondisi asam lambung yang berlebihan naik dari lambung ke area tenggorokan.

Asam lambung pada anak-anak ini biasanya membuat banyak sekali pantangan dalam segi makanan dan juga minuman. Ini bisa membantu si Anak lebih mengontrol segala macam yang ingin dikonsumsinya, sehingga tidak memicu asam lambung naik.

Berikut rangkuman dari Popmama.com mengenai beberapa makanan dan minuman yang harus Mama ketahui untuk mencegah penyakit asam lambung pada anak.

Diperhatikan dan jangan sampai ada yang terlewat ya, Ma!

1. Sawi dan kol

1. Sawi kol
Unsplash/Clint McKoy

Sayuran memang baik dikonsumsi anak-anak ya, Ma.

Namun, berbeda jika sawi dan kol harus dikonsumsi anak yang memiliki asam lambung. Untuk anak-anak normal saja saat memakan sawi dan kol bisa membuat perut kembung dan seolah terasa begitu penuh.

Ini dikarenakan kedua sayuran ini memiliki banyak gas. Jika ini dikonsumsi oleh si Anak yang menderita asam lambung, maka akan membuat asam di dalam lambungnya meningkat karena terlalu banyak mengonsumsi gas.

Untuk itu, disarankan untuk tidak memakan sayuran ini karena akan memudahkan asam lambung pada anak naik.

2. Makanan dan minuman yang mengandung kafein

2. Makanan minuman mengandung kafein
Unsplash/Nathan Dumlao

Si Anak di rumah sering minum teh atau kopi nggak nih, Ma?

Beberapa anak sekarang suka sekali mengikuti kebiasaan orangtuanya termasuk saat minum kopi. Padahal kandungan kafein pada minuman ini dapat meningkatkan refluks asam lambung. Jika si Anak hanya meminum segelas minuman ini mungkin masih bisa ditolerir ya, Ma.

Jika si Anak sudah terlalu banyak mengonsumsi teh atau kopi, ini yang harus diperhatikan dan sebaiknya dihindari ya.  Saat Si Anak sudah terbiasa meminum teh setiap harinya, Mama bisa menggantinya dengan teh chamomile atau teh herbal lain karena jarang sekali mengandung kafein. Dengan begini kondisi asam lambung pada anak akan lebih terkontrol.

3. Minuman yang bersoda

3. Minuman bersoda
Unsplash/Francesco Gallarotti

Banyaknya minuman yang beredar sekarang membuat si Anak lebih punya banyak pilihan. Salah satu minuman yang dikonsumsi biasanya yaitu soda dan minuman berkarbonasi.

Terlalu sering si Anak mengonsumsi jenis minuman seperti ini akan memicu peningkatan asam lambung. Gelembung soda dari minuman jenis ini akan mudah menyebar ke seluruh bagian perut si Anak, sehingga memicu peningkatan asam lambungnya.

Kandungan yang ada di dalam soda ini sama berbahayanya dengan kafein. Mama harus bisa menghindari soda dan minuman berkarbonasi dari jangkauan si Anak ya. Ini sangat berguna agar ia tidak mengalami panas lambung, mulas, dan mual.

Editors' Picks

4. Semua makanan yang mengandung cokelat

4. Semua makanan mengandung cokelat
Unplash/Jennifer Pallian

Makanan yang satu ini terkadang membuat anak-anak mudah tergiur padahal jika konsumsinya terlalu berlebihan akan memicu refluks asam lambung, lho. Alasannya dikarenakan cokelat memiliki kandungan lemak yang tinggi dan juga kafein, sehingga menyebabkan terjadinya refluks.

Belum lagi kandungan cocoa dan kafein, ini juga akan menyebabkan asam lambung pada anak meningkat. 

5. Saus tomat dan sambal

5. Saus tomat sambal
Unsplash/Pixzolo Photography

Di rumah Mama sering nggak nih menyediakan saus tomat dan sambal sebagai pemicu nafsu makan si Anak?

Jika si Anak terbiasa mengonsumsi saus, hati-hati ya karena bisa berakibat pada lambungnya. Belum lagi tomat dan cabai sendiri memiliki kandungan sitrat dan asam malat. Mengonsumsi terlalu banyak tomat membuat kandungan asam mengalir ke kerongkongan si Anak, sehingga mampu meningkatkan asam lambung.

6. Makanan yang digoreng

6. Makanan digoreng

Faktor terjadinya asam lambung pada anak itu bisa dipicu oleh makanan yang digoreng, lho, Ma. Makanan yang digoreng yang dikenal sebagai pemicu kolestrol bisa juga dikaitkan dengan panas lambung.

Jika si Anak menderita asam lambung, ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan berminyak dan juga berlemak. Ini dikarenakan campuran minyak dan lemak pada makanan akan membuat lambung mudah iritasi.  

7. Susu dengan kadar lemak tinggi

7. Susu kadar lemak tinggi
Unsplash/Frank Luca

Semua makanan yang berlemak tinggi bisa menyebabkan refluks asam lambung.

Untuk si Anak yang memiliki gangguan pada asam lambungnya, Mama perlu mengurangi konsumsi susu, mentega atau keju karena ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Meskipun begitu, Mama bisa mengganti bahan makan ini dengan yang rendah lemak.

Semoga dengan penjelasan dari Popmama.com, Mama yang memiliki anak-anak dengan asam lambung bisa lebih memperhatikan setiap asupan makanan dan minumannya ya.

Yuk Ma, lebih perhatikan lagi apa yang sedang dikonsumsi si Anak mulai sekarang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.