Tak Hanya Pintar Akademis, Ini 5 Manfaat Anak Memiliki Jiwa Kreatif 

Membentuk anak berjiwa kreatif memang perlu sejak dini nih, Ma!

9 November 2019

Tak Ha Pintar Akademis, Ini 5 Manfaat Anak Memiliki Jiwa Kreatif 
Pixabay/theartofbetter

Semakin hari kreativitas semakin diperlukan apalagi banyak orang kreatif yang justru sukses, bahkan sekarang anak-anak juga sudah kreatif walau usianya masih kecil. Lingkungan dan daya saing bisa menjadi salah satu faktor anak-anak mulai meningkatkan jiwa kreatifnya. 

Kreativitas itu pilihan, bukan bakat karena semua orang bisa menjadi pribadi yang kreatif. Setiap anak berpotensi asalkan terus dipupuk dan dibentuk agar menciptakan karakter unggul. 

Ketika anak mama kreatif, maka ini menjadi sebuah pondasi untuk dirinya di masa yang akan datang. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa manfaat positif yang didapat dari anak dengan jiwa kreatif tinggi, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Memberikan semangat motivasi untuk berkarya 

1. Memberikan semangat motivasi berkarya 
Freepik/olha_romaniuk

Jiwa kreatif anak-anak sudah bisa dilatih dengan berbagai media pembelajaran yang ada sekarang bahkan dapat melalui mainan. 

Anak mama yang sudah masuk Sekolah Dasar tentu telah mengerti soal mengasah jiwa kreatif. Ketika dirinya sudah terbiasa untuk kreatif, maka tanpa disadari akan memacu semangat atau motivisi hidupnya agar terbiasa terus berkarya. 

Seseorang yang seringkali mengasah berbagai hal yang memancing daya kreativitas, maka biasanya tidak akan takut kehilangan kesempatan. Hal ini dikarenakan si Anak sudah terbiasa menghadapi dan menyelesaikan masalah melalui berbagai peluang yang diciptakan dengan caranya sendiri. 

2. Menjaga kesehatan mental agar tetap stabil

2. Menjaga kesehatan mental agar tetap stabil
Freepik/pressfoto

Sebuah penelitian dari American Journal of Public Health mengatakan bahwa seni atau jiwa kreatif memiliki dampak positif untuk kesehatan serta penyembuhan diri. 

Anak-anak yang sedang sakit, sehingga tidak bisa banyak beraktivitas bukan berarti tidak bisa berkarya. Jiwa kreatif yang dimilikinya dapat membuat si Anak terus menciptakan sesuatu. Walau hanya berada di tempat tidur, dirinya bisa menggambar atau berkegiatan lain untuk memancing daya kreatifnya tetap tersalurkan dengan baik. 

Perlu disadari bahwa cara berkarya dalam sebuah gambar atau tulisan dapat menjadi bentuk ekspresi. Dengan mengungkapkan emosinya melalui berbagai bentuk karya bisa membantu meningkatkan kesehatan mental. 

Dari hal ini terlihat kalau kreativitas yang dimiliki seseorang mampu meningkatkan ketahanan psikologis bahkan walau sedang sakit secara fisik. 

Baca juga: Orangtua Perlu Membangun Imajinasi Anak-Anak Melalui Permainan Kreatif

Editors' Picks

3. Meningkatkan kinerja otak menjadi semakin produktif 

3. Meningkatkan kinerja otak menjadi semakin produktif 
Pixabay/TheDigitalArtist

Dilansir dari Medical News Today, seseorang yang selalu berkreatif akan meningkatkan kemampuan otak untuk menumbuhkan koneksi atau sering disebut sebagai neuroplastisitas.

Sebagai orangtua, Mama perlu tetap memberikan pendampingan agar kreativitas anak bisa tersalurkan secara tepat. Beragam metode pembelajaran pun bisa digunakan untuk menciptakan anak yang berkarakter. 

Jika si Anak juga menulis, maka biarkanlah dirinya berekspresi melalui tulisan-tulisan yang dibuat. Dari sebuah tulisan tanpa disadari akan memancing banyak karya baru seperti lirik lagu, cerita atau bahkan kata-kata puitis lainnya. 

4. Membuat hidup lebih indah dan berwarna

4. Membuat hidup lebih indah berwarna
Freepik/kristina_igumnova

Mulai sejak kecil, anak-anak memang perlu dipancing jiwa kreatifnya secara perlahan. Jika dipupuk dengan baik dan ketika usianya semakin bertambah, maka kreativitas akan membuat hidupnya menjadi indah dan bahagia. 

Jika anak mama menjalano kegiatan yang bervariasi dan tidak monoton pasti akan membuatnya terus bersemangat. Ketika akhir pekan pun tidak ada salahnya untuk mencoba hal-hal baru agar liburan si Anak menjadi menyenangkan. 

Kegiatan atau permainan sederhana yang kreatif pun bisa membuat liburan akhir pekan menjadi lebih seru nih, Ma. 

Baca juga: Ingin Bayi Menjadi Kreatif? Ikuti 5 Cara ini

5. Mampu memberikan perubahan untuk lingkungan dan taraf hidup orang banyak 

5. Mampu memberikan perubahan lingkungan taraf hidup orang banyak 
Popmama.com/Fx Dimas

Kehidupan anak-anak yang sejahtera serta bahagia tentu tidak lepas dari cara mereka memaknai hidup lewat bermain. Tak jarang permainan yang memancing jiwa kreatif bersama teman-temannya membuat mereka jauh lebih bahagia. 

Melalui permainan dan proses hidup, anak mama yang terus mengasah kreativitasnya tentu akan berperan besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup orang lain. Jika terus ditekuni bukan tidak mungkin kalau dirinya dapat menciptakan karya-karya baru yang kreatif. 

Terkait manfaat yang bisa didapatkan dari anak-anak ketika memiliki pola pikir kreatif, DANCOW FortiGro baru saja menggelar Dancow Kreasi Anak Indonesia (DKAI) sebagai sebuah program yang bertujuan untuik mendukung anak usia Sekolah Dasar (SD) untuk berpikir kreatif dan peduli terhadap permasalahan sekitar. Inisiatif ini didukung juga oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai bentuk kegiatan positif dan edukatif bagi anak-anak Indonesia. 

"Program edukatif ini menjadi salah satu upaya yang dapat membantu pemerintah khususnya Direktorat Pembinaan SD Ditjen Dikdasmen Kemendikbud dalam mewujudkan generasi kompetitif, berkarakter, berkualitas dan adaptif terhadap perubahan. Melalui program ini diharapkan para siswa dapat mengoptimalkan daya juang, kerja keras, kemandirian serta membangun komunikasi yang baik antar sesama," ucap Dr. H. Khamim, M.Pd. sebagai Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Kawasan Jenderal Sudirman (5/11/2019). 

Anak-anak yang memiliki pola pikir kreatif memang sangat dibutuhkan agar mampu menyelesaikan permasalahan hidup dengan berbagai solusi. Perlu diingat bahwa selain kecerdasan intelektual, emosional, sosial serta pola pikir kreatif dapat membantu anak mama menjadi sosok yang lebih berkarakter. 

Nah, berbagai manfaat positif dari jiwa kreatif di atas bisa didapatkan oleh anak-anak jika sudah mulai dilatih. Membiarkan mereka bereksplorasi atau membebaskannya dalam membuat pilihan juga pelan-pelan mengasah jiwa kreatif dalam menentukan arah hidup. 

Semoga informasinya bisa bermanfaat!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!