Rekor Dunia, Bocah 10 Tahun Jawab 196 Soal Matematika dalam 1 Menit

Nadub Gill catat rekor dunia terbaru nih, Ma!

30 Juni 2020

Rekor Dunia, Bocah 10 Tahun Jawab 196 Soal Matematika dalam 1 Menit
nottinghampost.com

Nadub Gill, siswa sekolah berusia 10 tahun di Inggris telah berhasil mencatatkan namanya dalam Guinness World Record (GWR). Murid dari Longmoor Primary School di Long Eaton ini sukses memecahkan rangkaian soal perkalian dan pembagian dalam waktu satu menit.  

Nadub telah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berlatih menyelesaikan soal matematika menggunakan aplikasi Times Table Rock Stars selama karantina Covid-19, 

Dalam durasi waktu satu menit, Nadub mampu menjawab 196 pertanyaan perkalian dan pembagian dengan rata-rata lebih dari tiga jawaban setiap detiknya. 

Nadub merasa bangga atas rekor terbaru yang diraihkan karena telah mengalahkan sekitar 700 siswa muda lainnya. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa cerita terkait Nadub Gill yang mencatat rekor dunia terbaru, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Editors' Picks

1. Kemampuan Nadub Gill membuat pihak sekolah terkesan

1. Kemampuan Nadub Gill membuat pihak sekolah terkesan
nottinghampost.com

Kemampuan Nadub Gill begitu luar biasa dan membuat orang lain merasa takjub, lantaran dirinya mampu menyelesaikan tiga jawaban setiap detiknya. Dalam waktu yang singkat, anak laki-laki ini berhasil memecahkan setiap soal dengan mudah. 

Dilansir dari Nottingham Post, Nadub yang masih duduk di Sekolah Dasar ini menuturkan bahwa pencapaiannya bisa terjadi karena ada peran lain yaitu dari sekolah dan para guru. Proses pembelajaran matematika di sekolah bersama guru membuatnya merasa terlatih. 

"Saya sangat senang dan bersemangat untuk mencapai gelar ini. Ini seperti mimpi. Saya berterima kasih kepada sekolah dan para guru karena telah mendorong saya untuk memecahkan rekor ini. Mereka banyak memberikan banyak semangat dan saya pikir mereka telah memainkan peran besar dalam kesuksesan saya," kata Nadub.

Sue Dainty selaku Kepala Sekolah Longmoor Primary School mengatakan bahwa sekolah telah menyadari bahwa Nadub Gill anak yang pintar. Ada bakat terpendam dan pihak sekolah baru menyadari setelah Nadub mengikuti ajang bakat 'Got Talent Longmoor'.

Sejak ajang pencarian bakat tersebut, pihak sekolah akhirnya memutuskan agar Nadub dan siswa lainnya belajar menggunakan aplikasi Times Tables Rock Stars dan mengikuti rekor GWR.

"Kami pertama kali mengenali bakat Nadub pada bulan Februari lalu. Momen tersebut telah membuat sekolah takjub dengan keterampilannya di Got Talent Longmoor," kata Dainty.

2. Nadub Gill mampu menginspirasi anak-anak lain untuk menyukai matematika

2. Nadub Gill mampu menginspirasi anak-anak lain menyukai matematika
nottinghampost.com

Dilansir dari Nottingham Post, pihak sekolah mengaku sangat bangga terhadap kemampuan Nadub Gill. 

"Bukan hanya anak-anak, tetapi semua orang di sekolah kagum pada Nadub dan dia benar-benar telah menginspirasi anak-anak lain untuk bekerja keras. Bahkan mampu memotivasi mereka untuk meningkatkan keterampilan agar bisa menyamai kecepatannya," ucap Dainty.

Nadub mengatakan bahwa kunci dalam memecahkan rekor tersebut yakni dengan terus konsisten berlatih. 

"Semakin banyak berlatih, maka semakin baik pula yang nantinya akan dapatkan," ucap Nadub.

3. Bagaimana agar anak-anak menyukai pelajaran matematika? 

3. Bagaimana agar anak-anak menyukai pelajaran matematika 
Pexels/Magda Elhers

Kemampuan matematika termasuk bidang yang perlu dilatih sejak kecil. Mengingat kemampuan matermatika tidak hanya dibutuhkan selama sekolah saja, namun juga untuk kehidupan sehari-hari. 

Demi menciptakan karakter anak yang menyukai pelajaran matematika, orangtua perlu mencari metode pengajaran yang sesuai dengan usia si Anak dan tetap menyenangkan. Berikut beberapa cara seru agar anak mama semakin menyukai matematika, antara lain: 

  • Biasakan anak konsiten untuk terus berlatih matematika. 
  • Gunakan cara-cara interaktif saat menghitung agar tidak membosankan.  
  • Menanamkan pikiran positif tentang matematika, sehingga anak merasa lebih antusias.
  • Memberikan pembelajaran tentang matematika dasar. Terapkan ini sesuai dengan perkembangan usia anak dengan belajar menghitung angka.

Sebagai orangtua, Mama berperan sangat penting untuk menyingkirkan rasa ketidaksukaan terhadap matematika ketika sedang membicarakannya kepada Si Anak.

Cobalah melatih kemampuan anak dengan cara-cara yang menyenangkan, tanpa disadari ini membantu agar si Anak tidak merasa takut terhadap pembelajaran matematika. 

Itulah inspirasi dari Nadub Gill, anak berusia 10 tahun yang mampu menjawab 196 pertanyaan perkalian dan pembagian dalam waktu satu menit.

Semoga dapat menginspirasi anak-anak semakin senang belajar matematika ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.