5 Cara Ampuh Mengatasi Bekas Jerawat Remaja Secara Alami

Menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah!

27 Februari 2021

5 Cara Ampuh Mengatasi Bekas Jerawat Remaja Secara Alami
Freepik/Suksao
Dok. Jovee

Memasuki usia remaja, anak mengalami peningkatan hormon yang seringkali menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Beberapa anak yang belum mengerti cara mengatasi jerawat, biasanya memilih untuk memencet jerawatnya.

Padahal memencet jerawat bisa menyebabkan bekasnya yang jauh lebih sulit hilang dibandingkan dengan jerawat itu sendiri, apalagi jika bekas jerawat yang memerah akan sulit hilang. Hal ini justru mengurangi kepercayaan diri anak.

Banyak cara yang bisa anak lakukan untuk mengatasi bekas jerawat tanpa harus pergi ke klinik kecantikan dan mengeluarkan biaya yang mahal.

Popmama.com akan membahas 5 cara ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami pada remaja berdasarkan informasi dari Jovee. Yuk Ma, bantu kembalikan kepercayaan diri anak!

1. Bawang Merah

1. Bawang Merah
Freepik/whatwolf

Percayakah Mama jika bawang merah dapat mengatasi bekas jerawat anak mama? Bawang merah memiliki kandungan anti-mikroba yang berkhasiat untuk melawan bakteri. Selain ampuh menghilangkan jerawat, bawang merah juga ampuh untuk menghilangkan bekasnya.

Agar anak bisa merasakan manfaatnya, Mama bisa membantu anak untuk mengaplikasikannya dengan sederhana. Mama bisa memarutnya kemudian oleskan pada bagian jerawat atau bekasnya. Lakukan cara ini sebelum tidur di malam hari dan bilas di pagi harinya.

2. Obat tetes mata

2. Obat tetes mata
Freepik
Dok. Jovee

Selain mengatasi mata iritasi, obat tetes mata juga dapat membantu atasi bekas jerawat yang mengganggu penampilan remaja. Obat tetes mata memiliki kandungan senyawa yang ampuh dalam memperbaiki jaringan kulit.

Kandungan tetes mata yaitu tetrahydrozoline hydrochloride bermanfaat untuk menghilangkan bekas kemerahan dari jerawat.

Cara penggunaannya pun mudah, yaitu teteskan obat mata pada kapas, lalu simpan kapas di dalam freezer selama semalaman. Pada keesokan harinya, Mama bisa meminta anak untuk menempelkannya pada bagian bekas jerawat hingga beberapa menit.

3. Masker jagung muda

3. Masker jagung muda
Freepik/Jcomp

Cara selanjutnya adalah menggunakan masker jagung muda, masker ini bisa efektif dengan hasil yang lebih cepat. Cara menggunakannya yaitu Mama bisa menghaluskan jagung muda.

Kemudian oleskan ke seluruh bagian bekas jerawat. Mama dapat meminta anak untuk pakai masker ini setiap malam sebelum tidur. Setelah itu anak bisa membilasnya hingga bersih di pagi hari

4. Masker tomat

4. Masker tomat
Freepik/Alphacell

Masker tomat sudah dikenal sejak lama untuk mencerahkan kulit wajah. Namun, pengunaan masker tomat secara rutin juga dapat membantu anak untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat jerawat.

Selain itu, masker tomat juga dapat menghilangkan bekas jerawat merah yang sulit hilang dalam waktu singkat. Manfaat lain yang bisa remaja dapatkan adalah kulit wajah yang lebih halus dan flek hitam yang memudar jika menggunakan masker tomat secara rutin.

Editors' Picks

5. Minyak kelapa

5. Minyak kelapa
Freepik/Bowonpat

Minyak kelapa dapat menyembuhkan proses oksidasi, menghilangkan bekas jerawat, dan menyembuhkan luka. Hal ini terjadi karena minyak kelapa bisa memicu adanya produksi kolagen pada kulit. Alhasil kulit anak bisa menjadi lebih mulus, lembut, dan yang pasti terhindar dari jerawat dan bekas jerawatnya.

Rekomendasi Suplemen Untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Menggunakan cara alami memang seringkali butuh konsisten karena hasilnya yang tidak secepat suplemen perawatan kulit. Jika remaja telah menggunakan cara di atas dan ingin menambahkan suplemen agar lebih efektif, berikut adalah beberapa rekomendasi suplemen untuk menghilangkan bekas jerawat:

Blackmores Radiance Marine Q10

Blackmores Radiance Marine Q10
Shopee.co.id

Blackmores Radiance Marine Q10 merupakan suplemen khusus kesehatan kulit dengan sepuluh komposisi termasuk protein kolagen ikan laut, CoQ10 (Coenzyme Q10), dan bahan-bahan dengan antioksidan seperti ekstrak teh hijau dan biji anggur.

Kolagen dari ikan lebih mudah diserap dibandingkan kolagen biasa. Karena alasan tersebut, kolagen ikan jadi sumber kolagen yang efektif untuk tujuan medis. Dengan penyerapan yang lebih mudah, pembentukan kolagen pun dapat terjadi di kulit dan bagian lainnya seperti jaringan sendi dan tulang.

Selain kolagen ikan, produk Blackmores ini juga dilengkapi Coenzyme Q10 sebagai enzim dengan antioksidan yang penting. Komponen ini juga berguna untuk menstimulasi produksi kolagen dan elastin untuk kulit yang kencang dan memperbaiki sel kulit.

Everwhite Hi Coll

Everwhite Hi Coll
Everwhite.co.id

Everwhite Hi Coll merupakan salah satu produk minuman yang dikenal sebagai obat menghilangkan jerawat dan bekasnya. Minuman berbentuk saset ini mengandung kolagen, glutathione, Vitamin C, dan serat yang baik untuk kesehatan kulit luar dan dalam.

Kolagen merupakan bagian penting dari kulit, karena dapat memperkuat, menjaga elastisitas, dan menghidrasi kulit. Selain itu, kandungan glutathione dipercaya sebagai molekul antioksidan yang bermanfaat untuk memutihkan kulit serta Vitamin C yang turut berperan dalam pembentukan kolagen.

Suplemen ini juga dilengkapi serat yang berguna dalam memperlancar sistem pencernaan, dan menjaga nafsu makan yang berguna bagi pemeliharaan berat badan anak.

Suplemen Vitamin C

Suplemen Vitamin C
Freepik/Sawitchayawing
Dok. Jovee

Seperti yang Mama ketahui, Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Termasuk memberikan perawatan bagi kulit berjerawat. Pembentukan kolagen dengan bantuan Vitamin C akan membantu proses pemulihan bekas jerawat.

Selain itu, Vitamin C juga berfungsi dalam mengatur zat kimia yang bernama leukotrienes, yang berperan melawan bakteri jerawat. Suplemen Vitamin C juga bisa menjadi cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi karena kemampuannya dalam meminimalkan kemerah-merahan dari jerawat dengan memperkuat lapisan arteri.

Wellness Evening Primrose Oil

Wellness Evening Primrose Oil
Naturalfarm.id

Selanjutnya adalah Wellness Evening Primrose Oil yang merupakan suplemen ekstrak bunga kuning evening primrose oil (EPO) yang tumbuh di Amerika Serikat dan sebagian kawasan Eropa.

Tumbuhan ini telah digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan luka dan penyeimbang hormon. Produk ini dapat menjaga keseimbangan hormon saat anak sedang menstruasi.

Ketidakseimbangan hormon tentunya dapat menimbulkan stres dan masalah kesehatan lainnya. Dalam hal kebaikan kulit, EPO dikenal dapat menjadi perawatan yang efektif untuk mengatasi jerawat dan komedo serta mempercepat pemulihan luka.

Ekstrak EPO juga bermanfaat dalam pengobatan jerawat jenis kistik walaupun temuan akan hal ini masih sedikit dan butuh penelitian selanjutnya.

Nah setelah mengetahui cara di atas, menghilangkan bekas jerawat remaja memang tidak sesulit apa yang Mama bayangkan, bukan? Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemui di rumah, Mama bisa membantu anak mendapatkan wajah yang sehat dan bersih dari jerawat serta bekasnya.

Namun, jika remaja ingin menggunakan beberapa produk di atas, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit agar mengetahui dosis serta efek samping yang mungkin timbul.

Semoga informasinya bermanfaat, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.