5 Drama Korea yang Mengenalkan Kehidupan Profesi pada Anak

Selain tentang kehidupannya, anak juga bisa belajar tentang istilah di profesinya lho!

9 Juni 2021

5 Drama Korea Mengenalkan Kehidupan Profesi Anak
Freepik/User15145147

Siapa yang tidak mengenal drama Korea? Walaupun mungkin Mama belum pernah menyaksikannya, tentunya pasti pernah tahu atau dengar tentang drama Korea, bukan?

Drama Korea dikenal memiliki tema dengan jalan cerita yang menarik.

Hal yang menarik lainnya adalah, anak-anak yang menyaksikan drama Korea juga bisa menambah ilmu pengetahuan.

Seperti dari segi pekerjaan, berpikir dari sudut pandang orang lain, serta konflik-konflik yang nyata di kehidupan.

Contohnya dari segi pekerjaan, banyak drama Korea yang menceritakan kisah berbagai profesi, dari yang sudah dikenal sampai pekerjaan yang baru anak ketahui. Sehingga anak juga bisa mempelajari beberapa istilah serta kehidupan dari profesi yang ada di drama tersebut.

Ingin tahu drama Korea apa saja yang menceritakan tentang pekerjaan? Berikut ini Popmama.com akan merekomendasikan 5 drama Korea yang memperkenalkan kehidupan profesi pada anak. Yuk lihat daftarnya!

1. Chief Kim – Akuntan

1. Chief Kim – Akuntan
Dramabeans.com

Drama Korea Chief Kim menceritakan tentang seorang akuntan bernama Kim Seon Ryeong yang diperankan oleh Namgoong Min, ia dijuluki sebagai penipu ulung karena sering memalsukan laporan keuangan dan melakukan korupsi agar dirinya bisa berlibur ke Denmark.

Namun suatu hari Seong Ryeong diterima untuk bekerja di perusahaan TQ Group, dan ia pun seperti biasa melakukan hal yang sama yaitu korupsi. Tetapi, kondisi perusahaan yang sangat buruk membuat Seong Ryeon akhirnya memutuskan untuk menyelamatkan perusahaan tersebut.

Dengan fokus cerita Kim Seong Ryeong yang merupakan seorang akuntan, anak akan disuguhkan tentang istilah-istilah ekonomi. Jika anak tertarik dengan dunia perekonomian, cocok nih menyaksikan drama yang satu ini!

Editors' Picks

2. Dr. Romantic season 1 & 2 - Dokter

2. Dr. Romantic season 1 & 2 - Dokter
Funcurve.com

Jika anak bercita-cita sebagai dokter, Mama bisa merekomendasikan drama Dr. Romantic season 1 & 2. Karena drama ini menceritakan seorang dokter yang bernama Kim Sabu yang diperankan oleh Han Suk Kyu, ia merupakan seorang dokter bedah umum di rumah sakit bernama Doldam.

Dr. Romantic memiliki fokus karakter yang berbeda di setiap seasonnya. Di season 1, berfokus pada hubungan romantis antara Yoon Seo Jung yang diperankan oleh Seo Hyun Jin, dan Kang Dong Joo yang diperankan oleh Yoo Yeon Seok.

Sedangkan di season 2, lebih fokus pada percintaan Seo Woo Jin yang diperankan Ahn Hye Seop, dan Cha Eun Jae yang diperankan oleh Lee Sung Kyung. Walaupun berfokus pada kisah cinta, hal yang menarik dari Dr. Romantic ini adalah ketika adegan operasi pasien.

Drama ini menampilkan adegan yang sangat mendetail, dari istilah medis hingga simulasi operasinya. Sehingga anak yang tertarik dengan dunia kedokteran bisa mendapatkan pencerahan tentang cita-citanya di drama ini.

3. Itaewon Class - Pengusaha restoran

3. Itaewon Class - Pengusaha restoran
Dramabeans.com

Drama Itaewon Class menggambarkan kisah tentang pengusaha restoran, ceritanya dimulai dari Park Sae Ro Yi diperankan oleh Park Seo Joon yang punya dendam pada perusahaan Jangga atas kematian sang Papa.

Kemudian ia bertekad untuk membangun usaha kedai makanan dan berusaha menjadi yang pertama untuk mengalahkan perusahaan Jangga. Tanpa membutuhkan bantuan dari siapapun, Sae Ro Yi mulai menjalankan bisnis kedai makanan yang bernama Itaewon Class.

Sae Ro Yi dipertemukan oleh Jo Yi Seo yang diperankan Kim Dami, yang kemudian diangkatnya menjadi manager. Yi Seo pun berhasil membuat kedainya semakin dikenal publik. Drama ini cocok untuk anak yang bercita-cita menjadi seorang pengusaha restoran yang terkenal seperti Sae Ro Yi.

4. Pinocchio - Reporter

4. Pinocchio - Reporter
Couch-kimchi.com

Drama Pinocchio ini menceritakan tentang kehidupan Ki Ha Myung yang diperankan oleh Lee Jong Suk. Kehidupannya mulai berubah sejak sang Papa disalahkan atas meledaknya gas pabrik.  

Tuduhan ini membuat sang Mama mengajak Ha Myung untuk mengakhirkan hidup. Beruntungnya, Ha Myung diselamatkan oleh seorang kakek, dan ia mengganti identitasnya menjadi Choi Dalpo.

Awalnya Ha Myung sangat membenci reporter, apalagi ketika dirinya tahu kalau reporter yang menyebarkan rumor sang Papa adalah orangtua Choi In Ha atau Park Shin Hye. Hingga akhirnya terjadi insiden yang membuat Ha Myung memutuskan untuk menjadi seorang reporter.

Drama Pinocchio ini mengajarkan anak tentang kehidupan negatif media, yang terkadang hanya mengejar rating tanpa mengetahui kebenarannya. Namun, dengan adanya drama ini, anak bisa belajar bagaimana menjadi reporter yang memiliki kebaikan dan hati nurani.

5. Start Up - Pemilik perusahaan rintisan

5. Start Up - Pemilik perusahaan rintisan
Kdramastars.com

Terakhir adalah drama yang masih berlanjut yaitu, Start-Up. Drama ini dapat menarik hati para penggemar drama Korea bahkan beberapa publik figur Indonesia juga menyaksikan drama ini. Hal ini disebabkan karena Start-Up menceritakan tentang pekerjaan yang menjadi idaman para milenial.

Start-Up menceritakan tentang anak muda yang menjalani perusahaan rintisan. Drama ini berfokus pada Seo Dalmi yang diperankan oleh Bae Suzy, ia bercita-cita membangun perusahaan untuk meneruskan impian Papa nya yang telah meninggal.

Lalu ada juga Nam Do San yang diperankan oleh Nam Joo Hyuk, yang berusaha mencari investor untuk menopang perusahaan rintisannya. Di drama ini, anak bisa mempelajari istilah-istilah teknologi dan juga bahasa saham, sehingga drama ini cocok untuk anak yang ingin kerja di bidang teknologi.

Nah itu dia lima drama Korea yang menjelaskan tentang kehidupan profesi. Tidak hanya tentang percintaan saja, namun banyak drama Korea yang bisa membantu anak untuk mendalami minat dan cita-citanya. Tertarik untuk ajak anak menyaksikan salah satu drama Korea di atas Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.