9 Alasan Mengapa Lisa BLACKPINK Adalah Sosok Inspirasi bagi Remaja

Walaupun berkarya di negara lain, Lisa menunjukkan cintanya negara asalnya

13 September 2021

9 Alasan Mengapa Lisa BLACKPINK Adalah Sosok Inspirasi bagi Remaja
Instagram.com/lalalalisa_m

Grup perempuan asal Korea Selatan BLACKPINK seringkali menjadi topik perbincangan para anak remaja. Dari lagu, tarian, visual, dan gaya berpakaian keempat anggotanya, Jisoo, Jennie, Rose, Lisa selalu mendapatkan sorotan dari netizen.

Salah satu anggotanya, Lisa baru saja meluncurkan album debut solonya yang bertajuk "Lalisa". Melihat keberhasilannya melakukan debut solo, tak sedikit netizen yang membicarakan perjuangan Lisa dari awal masa latihan hingga saat ini.

Ada beberapa fakta tentang perjuangan Lisa BLACKPINK yang membuatnya patut untuk menjadi panutan remaja di masa kini. Apa saja? Yuk simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Menjadi kandidat artis non-Korea pertama yang berasal dari Thailand

1. Menjadi kandidat artis non-Korea pertama berasal dari Thailand
Koreaboo.com

Perempuan bernama asli Pranpriya Manoban ini, lahir di Thailand pada tanggal 27 Maret 1997. Ia kemudian mengubah namanya menjadi Lalisa sebelum menetapkan nama panggungnya, Lisa.

Sejak masa kecilnya, Lisa memiliki hobi menari dan aktif mengikuti kompetisi. Memiliki impian untuk mencakup panggung yang lebih luas, Lisa kemudian mengambil bagian dalam audisi di Thailand pada tahun 2010, yang diselenggarakan oleh salah satu agensi musik Korea Selatan.

Lisa lalu diterima sebagai bagian dari peserta latihan agensi musik, dan masuk sebagai satu-satunya kandidat dan artis non-Korea pertama.

2. Berlatih setiap hari selama 12 jam sehari dan mendapatkan nilai A dalam evaluasinya

2. Berlatih setiap hari selama 12 jam sehari mendapatkan nilai A dalam evaluasinya
korebu.com

Berbeda dengan konsep ketenaran musik pop Amerika dan Indonesia, proses pelatihan untuk bergabung dengan BLACKPINK sangat ketat dan bertahun-tahun.

Setelah mengikuti audisi di negara asalnya, Lisa kemudian pindah ke Seoul, Korea Selatan, di mana ia mengambil bagian dalam semacam akademi bintang pop yang diadakan oleh agensi musik.

Tak main-main, Lisa dan belasan peserta lainnya, termasuk anggota BLACKPINK saat ini, berlatih tujuh hari dalam seminggu selama 12 jam sehari, dan secara konsisten dievaluasi.dalam tes bulanan untuk kemampuan menyanyi, menari, dan rap mereka.

"Kami mendapatkan skor, A, B, C, dan Lisa akan selalu mendapatkan nilai A untuk semuanya." ujar Jennie salah satu anggota BLACKPINK, yang dilansir dari Billboard.

Lisa kemudian berhasil dalam proses pelatihan lima tahun dan melakukan debut publiknya sebagai anggota BLACKPINK pada Agustus 2016.

3. Sempat mengalami kendala bahasa, Lisa saat ini menguasai empat bahasa berbeda

3. Sempat mengalami kendala bahasa, Lisa saat ini menguasai empat bahasa berbeda
Instagram.com/lalalalisa_m

Dalam salah satu wawancaranya di hari Sabtu (11/9/2021) bersama acara televisi di Thailand, Lisa ditanya septuar apa yang menjadi tantangannya selama mengikuti masa pelatihan, dan ia mengatakan bahwa perbedaan bahasa sempat menjadi tantangan untuknya.

"Dan kendala bahasa. Itu sulit karena saya tidak bisa berkomunikasi" ujar Lisa pada wawancara yang dilakukan setelah debut solonya tersebut

Dengan belajar beragam bahasa selama masa pelatihannya, Lisa yang saat ini menjadi penyanyi rap utama dan penari utama di BLACKPINK, berbicara dalam empat bahasa berbeda, Thailand, Korea, Inggris, dan Jepang.

Editors' Picks

4. Menjadi selebriti perempuan Korea yang paling banyak diikuti di media sosial

4. Menjadi selebriti perempuan Korea paling banyak diikuti media sosial
Instagram.com/lalalalisa_m

Setelah akun Instagram resmi BLACKPINK dinobatkan sebagai Akun Grup Perempuan Teratas pada tahun 2018, setiap anggota BLACKPINK kemudian menerima peningkatan popularitas di setiap akun pribadi mereka.

Keempatnya langsung masuk ke Peringkat 5 Teratas Selebriti Perempuan Korea dengan Followers Terbanyak di Instagram

Pada awal tahun 2019, Lisa telah melampaui pemegang rekor sebelumnya, Taeyeon, dari Girls’ Generation, untuk menjadi Selebriti Perempuan Korea yang Paling Banyak Diikuti di Instagram. Hingga saat ini, dalam media sosialnya Lisa memiliki 59,3 juta pengikut.

5. Menduduki peringkat ke-2 dalam daftar perempuan tercantik di tahun 2020

5. Menduduki peringkat ke-2 dalam daftar perempuan tercantik tahun 2020
Instagram/lalalalisa_m

Mama mungkin dapat cepat mengenali Lisa ketika melihat gaya rambutnya. Sejak debutnya hingga saat ini, Lisa memiliki beragam gaya rambut dari panjang, pendek, warna gelap, hingga blonde, namun dengan ciri khas poni tebal yang menutupi dahinya.

Populer karena poninya, mata besar, dan bibir penuh alami, bintang K-pop berusia 24 tahun ini menduduki peringkat ke-2 dalam daftar Perempuan Tercantik 2020 di dunia oleh kritikus film profesional TC Candler di Independent Critics List, dari 100 perempuan internasional.

6. Penampilan Lisa membuatnya dianggap sebagai ikon mode

6. Penampilan Lisa membuat dianggap sebagai ikon mode
Koreaboo.com

Dilansir dari Billboard, pada Januari 2019, Hedi Slimane, seorang fotografer, perancang busana, dan direktur artistik untuk merek Prancis, Celine dilaporkan memilih Lisa sebagai inspirasi terbarunya.

Bahkan Lisa diundang untuk duduk di barisan depan pada pagelaran busana Celine selama Paris Men's Fashion Week di bulan Juni 2019, dan kemudian menjadi model beberapa penampilan yang diarahkan oleh Slimane langsung.

Lisa juga secara teratur memakai label tersebut dalam penampilannya sehari-hari dan selama penampilan promosi, yang membuatnya masuk ke halaman Vogue, ELLE, dan publikasi mode terkemuka lainnya.

7. Pecinta binatang, Lisa memiliki enam hewan peliharaan yang semua namanya berawalan huruf "L"

7. Pecinta binatang, Lisa memiliki enam hewan peliharaan semua nama berawalan huruf "L"
Instagram.com/lalalalisa_m

Tidak hanya memiliki satu atau dua hewan peliharaan seperti anggota grupnya, tak tanggung-tanggung, Lisa memiliki enam peliharaan yang berada di rumahnya.

Ini termasuk lima ekor kucing, berjenis Scottish Fold, Ragdoll, British Shorthair, yang bernama Leo, Luca, Lily, Louis, dan juga Lego. Bukan hanya kucing, Lisa juga memelihara satu ekor anjing Doberman yang melengkapi keluarga "L" nya dengan nama, Love.

Rasa cintanya pada semua hewan peliharaannya juga ditunjukkan Lisa ketika ia melakukan sebuah sesi foto bersama hewan peliharaannya.

8. Tiga hari setelah debut solonya, video musik Lisa mencapai lebih dari 117 juta penonton

8. Tiga hari setelah debut solonya, video musik Lisa mencapai lebih dari 117 juta penonton
Instagram.com/lalalalisa_m

Pada Jumat (10/9/2021) Lisa baru saja melakukan debut solonya dengan mengeluarkan album bertajuk "Lalisa" yang berisi dua lagu berjudul "Lalisa" dan "Money". 

Dalam wawancaranya di sebuah acara televisi di Thailand, Lalisa mengatakan ia melakukan persiapan sejak bulan Maret, dan merekam video musiknya selama empat hari. Dan kerja keras serta perjuangan Lisa untuk debut solo membuahkan hasil yang positif.

Tiga hari setelah melakukan debut solonya, video musik Lisa telah mendapatkan 117 juta penonton. Tak hanya itu, menurut YG Entertainment, album single solo melampaui 700.000 pemesanan pre-order pada 30 Agustus, hanya empat hari sejak penjualan pre-order dimulai pada 26 Agustus.

Dilansir dari Soompi, jumlah pemesanan pre-order untuk album tersebut sudah merupakan rekor terbesar yang dicapai oleh artis K-pop solo perempuan.

9. Bekerja di Korea Selatan selama 10 tahun, tak mengurangi cinta Lisa pada negara asalnya

9. Bekerja Korea Selatan selama 10 tahun, tak mengurangi cinta Lisa negara asalnya
YouTube.com/BLACKPINK

Menjalani masa pelatihan dari tahun 2011 dan melakukan debut solo di tahun 2021, menunjukkan bahwa Lisa telah hidup di Korea Selatan selama kurang lebih 10 tahun. Bekerja di negara yang bukan tempat kelahirannya, tak membuat Lisa lupa dengan negara asalnya.

Dalam lagu barunya berjudul "Lalisa", Lisa menunjukkan cintanya pada negara asalnya Thailand, dengan menunjukkan salah satu bagian video musik berlatar belakang suasana Thailand, dan juga menggunakan pakaian tradisional khas Thailand dengan gaya modern lengkap bersama mahkotanya.

Itulah beberapa alasan seputar mengapa Lisa menjadi sosok inspirasi dan panutan yang tepat bagi remaja modern saat ini. Ia mengajarkan anak untuk tidak pernah menyerah pada mimpinya walaupun harus memakan proses yang lama, dan terlepas dari apapun hambatan yang menghalanginya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.