TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Peran dan Tanggung Jawab Seorang Kakak dalam Keluarga

Peran kakak tak kalah pentingnya dengan peran orangtua bagi adik

8 Agustus 2022

9 Peran Tanggung Jawab Seorang Kakak dalam Keluarga
Freepik

Memiliki seorang adik adalah sesuatu yang hanya bisa dipahami oleh kakak. Kakak dan adik adalah salah satu hubungan terbaik yang dapat anak alami dalam hidupnya. Mengapa?

Karena menjadi kakak berarti menjadi panutan bagi adiknya. Menjadi kakak berarti memiliki sisi sebagai orang dewasa yang terkadang dianggap serius dan dan juga harus dihormati, namun ada pula sisi sebagai seorang kakak dan teman yang selalu ada menemani dan menghibur adiknya.

Dalam keluarga tentu ada perannya masing-masing. Setiap kakak perempuan atau laki-laki juga memiliki perannya tersendiri.

Apa saja peran kakak dalam keluarga?

Kali ini Popmama.com akan membahas 9 peran dan tanggung jawab kakak dalam keluarga yang perlu diketahui. Simak informasinya di bawah ini!

1. Seorang kakak perlu menjadi penasihat terbaik

1. Seorang kakak perlu menjadi penasihat terbaik
Freepik/User5290677

Ketika mengalami pertengkaran dan kesalahpahaman, seorang adik akhirnya dapat menyadari bahwa satu-satunya hal yang kakaknya inginkan adalah yang terbaik untuk adiknya. Sehingga, kakak perlu menjadi versi terbaik dari dirinya, setiap saat sang adik membutuhkan pendampingan kakak.

Orangtua mungkin tidak akan pernah memahami adik, sedangkan kakak atau adiknya, bisa. Dan dengan demikian peran kakak di sini adalah menjadi konselor atau penasihat terbaik adik.

Saat menjadi penasihat, memberikan kakak kebebasan untuk jujur, mengatakan apa adanya, dan bersikap tangguh demi kebaikannya sendiri. Peran kakak adalah memperhatikan kesejahteraan dan ingin adiknya menghindari masa-masa sulit.

2. Menjadi contoh yang baik bagi adiknya

2. Menjadi contoh baik bagi adiknya
Freepik

Bukan hal yang mengherankan lagi jika Mama dan Papa ingin anak tertuanya untuk terus menunjukkan tanggung jawab. Memang benar bahwa adik akan selalu menjadikan kakaknya sebagai referensi, yang menyiratkan rasa tanggung jawab pada orang yang dicintai.

Anak yang lebih tua adalah teladan bagi yang lebih muda. Hal-hal yang dilakukan oleh anak yang lebih tua bisa memengaruhi anak yang lebih muda, dibandingkan dengan apa yang Mama dan Papa lakukan.

Itulah mengapa sangat penting seorang kakak menjadi teladan yang baik bagi si bungsu dengan perilakunya.

3. Menjaga adiknya ketiga Mama dan Papa harus ke luar rumah

3. Menjaga adik ketiga Mama Papa harus ke luar rumah
Freepik/Tatsy

Anak yang lebih tua adalah penolong yang baik untuk Mama dan Papa saat harus menjaga adiknya di rumah. Kakak laki-laki atau perempuan harus berperan dalam kegiatan penjagaan adik di rumah.

Hal ini membuat kakak akan merasa penting dalam tugasnya, dan dengan cara ini akan membangun harga diri dan kepercayaan diri yang baik pada dirinya sendiri. Nanti semua kualitas yang didapatkan oleh kakak dapat ditularkan ke adik laki-laki atau perempuannya.

Namun perlu diingat ya Ma, sangat penting untuk tidak menggunakan kakak sebagai orangtua ketiga! Mama tidak boleh lupa bahwa ia masih anak-anak yang perlu bermain dan memiliki waktu sendiri.

Editors' Picks

4. Tidak membiarkan adiknya melanggar aturan dalam keluarga

4. Tidak membiarkan adik melanggar aturan dalam keluarga
Freepik/Vladimirpolikarpov

Kakak laki-laki atau perempuan harus bisa mengajarkan dan mendukung adiknya tentang disiplin tanpa membiarkannya bertindak melanggar aturan dalam keluarga. Peran kakak di sini harus membimbing dan membantu adik dalam menghadapi kesulitan yang ditemuinya.

5. Memudahkan adik dalam bersosialisasi

5. Memudahkan adik dalam bersosialisasi
Freepik/Vgstockstudio

Saat adik sudah bertambah usia, saat itulah peran kakak sangat membantu adik dalam menikmati kebersamaan. Adik akhirnya dapat memahami masalah, diskusi, lelucon, dan situasi menyenangkan yang terjadi dalam keluarga.

Saat itulah kakak dan adik bisa duduk-duduk bersama di pertemuan keluarga untuk tertawa dan bercanda. Selain itu, nantinya adik tidak akan merasakan banyak tekanan saat berada di sekitar kakaknya, yang membuat kakak dan adik terlihat seperti teman baik.

Serta kakak yang lebih tua dapat membantu adiknya untuk lebih mudah bersosialisasi. Ia dapat memperkenalkan adiknya kepada sepupu-sepupu,atau teman-teman baru. Kakak akan menunjukkan adiknya cara bermain dengan anak-anak lain dan akan melindunginya saat dibutuhkan.

6. Memberikan pujian dan mendorong adiknya dalam bertindak

6. Memberikan pujian mendorong adik dalam bertindak
Freepik

Kakak perlu membuat pujian dan mendorong adik laki-laki atau perempuannya dalam bertindak. Menjadi panutan, pendapat seorang kakak terkadang jauh lebih berharga daripada pendapat orangtua.

Itulah mengapa dorongan yang baik yang dilakukan oleh kakak ke adiknya adik bisa berkontribusi banyak dalam membangun rasa percaya diri pada si Kecil.

7. Membantu adiknya untuk mempelajari keterampilan baru

7. Membantu adik mempelajari keterampilan baru
Freepik/Gpointstudio

Memiliki kakak yang sudah masuk usia sekolah, dapat membantu adiknya untuk mempelajari keterampilan baru. Seperti mengajari tentang warna, bentuk, huruf, lagu baru, memotong kertas, serta memainkan berbagai permainan.

8. Menenangkan adiknya atau membantunya menyelesaikan masalah

8. Menenangkan adik atau membantu menyelesaikan masalah
Freepik/Bilanol

Memang benar bahwa setiap manusia masing-masing adalah individu yang unik, tetapi kenyataannya adalah kakak dan adik seringkali melewati dan menjalani pengalaman hidup yang serupa, apalagi ketika tinggal di satu atap.

Itulah sebabnya seorang kakak bisa memahami setiap perubahan besar yang adiknya alami. Dan kakak berperan untuk memberikan semangat pada adik dengan berkata seperti "Kakak juga pernah mengalami semua itu, jangan khawatir".

Anak yang usianya lebih besar bisa menenangkan si Kecil saat ada masalah. Bisa memeluknya dan mengatakan bahwa semuanya akan baik-baik saja dan bahkan membantunya menyelesaikan masalah.

9. Menunjukkan pada adiknya bahwa harus menghormati orangtua dan aturan keluarga

9. Menunjukkan adik bahwa harus menghormati orangtua aturan keluarga
Freepik/Pressmaster

Kakak laki-laki ataupun perempuan harus menunjukkan kepada adiknya yang masih kecil bahwa ia harus menghormati Mama dan Papa dan aturan keluarga yang ditetapkan. Ini cukup penting untuk keharmonisan dalam keluarga.

Tak dapat dipungkiri bahwa kakak kandung mungkin bisa memberikan pengaruh negatif terhadap adiknya. Tapi inilah peran orangtua untuk menghindarinya.

Mungkin Mama mengira bahwa semua yang disebutkan di atas adalah bagian dari tanggung jawab orangtua. Yup Mama benar, tetapi sebagai tambahan, lihat betapa pentingnya perasaan kakak dalam perannya sebagai pembela dan penasihat bagi adiknya yang lebih kecil.

Peran kakak di dalam keluarga sangat penting bagi adiknya untuk membangun hubungan yang sangat stabil dalam keluarga, perasaan aman, cinta dan harmoni.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk