5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Anak untuk Menikmati Hujan

Jangan biarkan hujan menghilangkan keceriaan anak ya, Ma!

23 Januari 2022

5 Aktivitas Bisa Dilakukan Bersama Anak Menikmati Hujan
Freepik/Rawpixel-com

Ketika cuaca sedang tak menentu, ini membuat seluruh anggota keluarga hanya menghabiskan waktu luang di rumah. Tak jarang, ini membuat anak-anak cenderung bosan dan menjalani hari dengan bermain gagdet saja.

Namun jangan biarkan hujan ini mengurangi keceriaan di dalam rumah ya Ma! Ada beberapa aktivitas yang bisa Mama lakukan bersama anak-anak untuk mengisi waktu luang ketika di luar sedang hujan.

Bahkan aktivitas ini bisa membuat Mama dan anak-anak menikmati waktu hujan dengan tenang bersama-sama, sambil meningkatkan ikatan keluarga

Agar tak bingung, kali ini Popmama.com telah merangkum lima aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak untuk menikmati hujan. Yuk simak!

1. Menikmati cokelat panas bersama

1. Menikmati cokelat panas bersama
Freepik

Musim hujan telah tiba, situasi ini membuat aktivitas yang dilakukan di luar ruangan menjadi terhambat. Selain itu, suasana hujan dengan udara yang sejuk seringkali mengundang rasa kantuk dan membuat anak-anak ingin bermalas-malasan saja seharian.

Di saat seperti ini, segelas minuman hangat bisa menjadi penghangat yang asyik untuk menikmati hujan bersama anak. Mama bisa memilih cokelat panas yang seringkali menjadi favorit anak-anak dan remaja untuk menghangatkan tubuh.

Cokelat panas yang kental dengan aroma khasnya akan terasa sangat istimewa untuk dinikmati sambil bercerita tentang aktivitas anak, ditemani dengan suara air hujan yang turun membasahi pekarangan rumah.

Editors' Picks

2. Membaca buku favorit di dekat jendela

2. Membaca buku favorit dekat jendela
Pexels/Monstera

Aktivitas lainnya yang bisa Mama lakukan dengan anak di waktu hujan turun adalah membaca buku. Mama dapat mengajak anak untuk membaca buku dan duduklah di dekat jendela. Jika memiliki anak yang lebih kecil, Mama bisa menawarkan untuk membacakan dongeng.

Membaca buku sambil sesekali melihat hujan turun di kala mata terasa lelah akan menjadi momen yang sangat menenangkan bagi orangtua dan anak.

Jika tidak ada jendela yang nyaman, Mama bisa membuka pintu rumah agar suara rintikan hujan terdengar hingga ke dalam dan membuat ruangan menjadi lebih adem.

Membaca buku dikala hujan juga menjadi waktu refreshing bagi Mama dan anak yang umumnya memiliki tekanan akibat pekerjaan, sekolah, pergaulan sehari-hari, dll.

3. Menonton film favorit keluarga

3. Menonton film favorit keluarga
Freepik/Tirachardz

Menonton film rasanya menjadi aktivitas yang cocok untuk dilakukan di hampir segala situasi, termasuk ketika hujan turun. Berikan rekomendasi pilihan film yang sesuai dengan usia anak, lalu mintalah ia memilih satu atau beberapa film.

Mama juga bisa menyiapkan makanan yang identik dengan menonton film, seperti popcorn atau kentang goreng. Atau hanya meringkuk di sofa dengan selimut tebal sambil menonton film dapat sangat menyenangkan.

Jangan lupa untuk mematikan lampu agar terkesan seperti menonton di bioskop sungguhan. Tapi perlu diingat, jika Mama menyetel televisi untuk menonton, pastikan berhati-hati ketika ada sambaran petir, ya!

4. Melakukan permainan sederhana seperti sendok dan bola pingpong

4. Melakukan permainan sederhana seperti sendok bola pingpong
starbiz.com

Siapa bilang bahwa hujan dapat menghambat keceriaan di dalam rumah? Mama tetap bisa membuat suasana rumah tetap ceria dengan melakukan berbagai permainan sederhana yang bisa dilakukan di dalam rumah. salah satunya adalah mainan sendok dan bola pingpong.

Pastikan Mama memiliki sendok plastik, dua wadah, dan beberapa bola pingpong. Cara bermainnya pun mudah. Cukup, tempatkan dua wadah terpisah yang bersebrangan satu sama lain dan masukkan bola pingpong ke dalam satu wadah.

Berikan setiap pemain sendok plastik dan atur timer ke 1 menit. Pemain harus memasukkan sendok ke mulutnya dan mengambil satu bola pingpong, kemudian dipindahkan dari satu wadah ke wadah lainnya.

Pemain yang memindahkan bola paling banyak dalam satu menit menang. Seru bukan?

5. Melakukan percakapan mendalam dengan anak

5. Melakukan percakapan mendalam anak
Freepik/Master1305

Jadikan waktu hujan ini sebagai momen untuk mengenal anak mama lebih dalam dan mempererat ikatan orangtua dan anak. Jika memiliki beberapa anak, pastikan untuk melakukan ini pada masing-masing anak ya Ma.

Hal-hal yang bisa ditanyakan pada anak antara lain bagaimana sekolahnya atau hal apa saja yang membuatnya sibuk. Selain itu tanyakan juga bagaimana impian anak, sudah sampai mana prosesnya, dan apa kesulitannya.

Ada banyak percakapan yang bisa Mama lakukan bersama anak di waktu hujan. Pastikan percakapan ini tetap menyenangkan dan tidak menekan jawaban anak. Karena ini bisa menjadi awal untuk memiliki komunikasi yang sehat bersama anak.

 Nah itulah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak saat hujan. Meski hujan mengganggu aktivitas di luar rumah, jangan biarkan keceriaan anak-anak hilang ya Ma.

Manfaatkan momen hujan ini sebagai waktu berkualitas yang mungkin jarang dilakukan oleh setiap anggota keluarga karena kesibukan masing-masing. Aktivitas apa yang paling sering Mama lakukan bersama anak saat hujan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk