5 Alasan Wajah Anak Remaja Mudah Jerawatan, Hindari Kebiasaan Ini

Tak hanya disebabkan oleh pubertas, faktor di bawah ini juga dapat memicu jerawat

17 September 2020

5 Alasan Wajah Anak Remaja Mudah Jerawatan, Hindari Kebiasaan Ini
Freepik

Anak remaja, biasanya mulai rentan dengan tumbuhnya jerawat. Karena wajah anak cenderung memproduksi minyak berlebih sehingga menimbulkan jerawat. Hal inipun wajar karena merupakan salah satu tanda pubertas.

Namun jika diabaikan, jerawat bisa saja memenuhi seluruh bagian wajah anak. Tentunya masalah ini bisa mengurangi rasa percaya diri anak.

Selain karena masa pubertas mungkin ada hal lain yang menyebabkan jerawat bisa timbul. Penyebabnya bisa dari faktor dalam diri maupun dari kebiasaan anak. Sehingga kebiasaan yang salah ini jangan diremehkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Popmama.com akan mengulas tentang 5 alasan mengapa wajah anak remaja mudah berjerawat.

1. Anak sering menyentuh wajah untuk memeriksa kondisi wajahnya

1. Anak sering menyentuh wajah memeriksa kondisi wajahnya
Freepik/Mayakruchankova

Pada umumnya, anak mungkin akan mengecek berulang kali wajahnya dengan tangan setiap hari. Tujuan utamanya untuk memeriksa apakah masih ada jerawat atau tumbuh jerawat baru, dan memeriksa apakah wajahnya berminyak atau penuh dengan debu halus.

Namun, ternyata hal ini dapat berdampak buruk pada wajahnya. Kotoran dan bakteri yang menempel pada tangan dan kuku akan ikut menempel pada wajah anak.

Tentu ini akan meningkatkan risiko wajah anak dipenuhi jerawat. Kebiasaan yang mungkin sering dianggap sepele ini ternyata menjadi faktor utama timbulnya jerawat-jerawat baru di area wajah yang sering dipegang.

Editors' Picks

2. Kebiasaan mengeringkan wajah dengan handuk yang digunakan untuk badan

2. Kebiasaan mengeringkan wajah handuk digunakan badan
Freepik/Seventyfour

Biasanya secara tak sadar, anak suka mengeringkan wajah dengan handuk setelah mandi atau cuci muka. Kebiasaan ini memang sudah menjadi hal biasa, namun tahukah Mama jika kebiasaan ini bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah anak?

Mengeringkan wajah dengan handuk dapat meningkatkan risiko terkena jerawat, apalagi jika handuk yang digunakan juga dipakai untuk mengeringkan badan.

Handuk bisa menjadi sarang bakteri, apalagi juga jika tidak rutin diganti. Jadi Ma, sebaiknya ingatkan anak agar tidak menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah ya, karena tidak baik bagi kesehatan kulit wajahnya.

3. Menggunakan sabun cuci muka yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah anak

3. Menggunakan sabun cuci muka tidak cocok kondisi kulit wajah anak
Freepik/User15512728

Wajah yang secara tiba-tiba muncul banyak jerawat bisa terjadi karena beberapa sebab, salah satunya adalah menggunakan sabun wajah yang tidak cocok dengan kondisi kulit wajah anak. Hal ini bisa saja terjadi karena anak baru pertama kali coba-coba menggunakan skincare.

Walaupun mungkin anak telah membaca review dari banyak orang yang telah menggunakannya, tetapi setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, sehingga jika tidak cocok maka tetap saja dapat timbul jerawat.

Maka dari itu, Mama juga bisa membantu anak untuk memilih jenis sabun yang tepat, jangan sampai salah pilih hanya karena merek yang terkenal atau karena harganya yang murah di kantong ya!

4. Pola tidur yang berantakan atau suka begadang

4. Pola tidur berantakan atau suka begadang
Freepik/Khromkrathok

Tidur memang dikenal sebagai pemulihan stamina dan energi setelah seharian dipakai beraktivitas, terutama di siang hari. Namun, tahukah Mama bahwa pola tidur yang tepat juga mampu membuat anak terhindar dari jerawat?

Tidur yang cukup akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, sehingga tidak rentan terkena bakteri terutama di area wajah,

Jadi, ingatkan anak untuk jangan terlalu banyak begadang ya Ma, agar anak mendapatkan wajah yang bebas jerawat.

5. Tidak menjaga pola makan yang sehat

5. Tidak menjaga pola makan sehat
Freepik/drobotdean

Siapa sangka ternyata makanan yang anak konsumsi setiap harinya juga bisa berpengaruh pada kesehatan kulit wajahnya, terutama gangguan kulit seperti jerawat.

Tentu hal ini harus segera diatasi, jika tidak maka jerawat bisa timbul pada wajah remaja secara tiba-tiba dan terus menerus terjadi, jika tidak segera di ubah pola makannya.

Nah itu dia Ma, beberapa alasan mengapa wajah anak remaja mudah sekali terkena jerawat. Memang banyak sekali tips dan trik atau cara mengatasi jerawat, namun Mama juga harus tahu faktor utama mengapa muncul jerawat di wajah anak, agar bisa dihindari kebiasaannya tersebut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.