Amankah Remaja Gunakan Pore Strip untuk Membersihkan Komedo?

Mengangkat komedo secara instan, tapi apakah aman untuk remaja?

21 Juni 2021

Amankah Remaja Gunakan Pore Strip Membersihkan Komedo
Refinery29.com

Tanpa diharapkan, jerawat datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Salah satu jenis umum yang mungkin remaja mama permasalahkan dari waktu ke waktu adalah komedo.

Jerawat non-inflamasi ini, juga dikenal sebagai komedo terbuka, biasanya dihilangkan melalui kombinasi pengelupasan atau eksfoliasi dan ekstraksi. Namun, mungkin anak mama tahu tentang pore pack atau pore strip untuk menghilangkan komedo.

Tetapi apakah pore pack itu aman untuk remaja? Sebelum anak mama melanjutkan perawatannya dengan pore pack, Popmama.com telah merangkum beberapa informasi yang perlu Mama dan anak ketahui. Baca terus ya!

1. Apa itu pore strip?

1. Apa itu pore strip
Freepik/Lemonsoup14

Dilansir dari Elle.com, pore strip adalah strip bahan dengan perekat di satu sisi untuk menempel dan mengangkat kotoran terbuka di hidung alias komedo. Komedo terjadi ketika minyak di pori-pori kulit terkena udara dan teroksidasi, dan menghasilkan penampilan wajah yang lebih kusam.

Editors' Picks

2. Bagaimana cara kerja pore strip pada wajah remaja?

2. Bagaimana cara kerja pore strip wajah remaja
Pinterest.com/Marie Claire

Dilansir dari Allure.com, seorang dokter kulit berbasis di kota New York dan pendiri klinik kecantikan, Sejal Shah mengatakan bagaimana seharusnya kerja pore strip pada kulit.

"Pore pack atau pore strip menghilangkan lapisan atas sel kulit mati dan komedo dengan menggunakan perekat yang sangat kuat," kata Shah.

Ia mencatat bahwa cara kerja pore strip, mirip dengan plester untuk luka, yang diketahui memiliki kecenderungan untuk menarik rambut (dan kadang-kadang kulit) saat dicabut.

Strip ini akan mengeluarkan apapun di permukaan hidung remaja, termasuk rambut, kotoran, dan minyak. Namun Shah menambahkan bahwa apa yang tidak akan mereka lakukan adalah mencegah penumpukan yang menjadi awal mula penyebab komedo.

Adam Friedman, seorang profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas George Washington, juga menegaskan bahwa pore strip tidak akan menghentikan munculnya komedo hitam atau putih atau mengecilkan pori-pori. Mereka hanyalah perbaikan kosmetik sementara.

3. Amankah penggunaan pore strip untuk remaja?

3. Amankah penggunaan pore strip remaja
Freepik/Starast

Jika anak menyukai sensasi mengelupas dan kepuasan instan dari penggunaan pore strip untuk menghilangkan komedo, Mama mungkin bertanya-tanya apakah penggunaannya aman untuk dilakukan secara rutin oleh remaja.

"Jika mengandung alkohol atau zat lain, maka pore strip dapat mengiritasi kulit sensitif," ujar Jennifer Herrmann adalah dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kulit di Beverly Hills.

Selain itu,  ahli bedah kulit bersertifikat di New York, Dendy Engelman, juga memberikan informasi penting lainnya yang perlu diketahui tentang pori-pori wajah.

“Pori-pori tidak terbuka dan tertutup, jadi membersihkannya tidak akan membuatnya "lebih kecil" secara fisik, bahkan, dengan menarik pore strip, itu bisa memperbesarkan pori-pori,” ujar Engelman.

Engelman juga menambahkan bahwa siapapun harus waspada dengan penggunaan pore strip karena meskipun mungkin menyenangkan, itu berisiko merusak kulit dan dengan demikian, dapat membuat pori-pori wajah jadi lebih besar.

4. Apa efek samping penggunaan pore strip?

4. Apa efek samping penggunaan pore strip
Freepik/Mayakruchankova

Dilansir dari LovelySkin.com, saat menarik pore strip, mereka seringkali hanya menghilangkan bagian atas komedo, bersama dengan sel-sel kulit yang sehat.

Menghilangkan kotoran di dalam pori-pori juga dapat membuatnya tampak lebih besar karena pori-pori jadi lebih terbuka, bukan menghaluskan atau meminimalkannya seperti yang dilakukan oleh eksfoliator dan pembersih.

Bahkan jika remaja menghilangkan komedo hidung dan membuka pori-pori di hidung dengan pore strip, maka berisiko menjadi tersumbat lagi segera setelahnya. Ini bahkan dapat membuat area tersebut lebih berminyak jika kulit menjadi kering, karena secara alami kulit meningkatkan produksi minyaknya.

Remaja mungkin masih tertarik menggunakan pore strip untuk hasil sementara, karena lebih efektif dan memiliki harga yang terjangkau. Ada cara aman yang bisa diterapkan ketika anak masih harus menggunakan pore strip untuk perawatan wajah rutin.

Cara Menggunakan Pore Strip dengan Aman

Cara Menggunakan Pore Strip Aman
Healthline.com

Meskipun ini akan menghilangkan komedo dan membuat pori-pori tampak lebih bersih untuk sementara waktu, penting untuk dicatat bahwa perawatan ini dapat membuka pori-pori anak ke kotoran dan minyak, yang berpotensi meradang.

Dilansir dari laman Healthline.com, untuk menghilangkan komedo dengan cara yang aman dengan pore strip, berikut adalah beberapa tips yang dapat anak terapkan:

  • Bersihkan wajah dan tangan terlebih dahulu

Yang terpenting, cuci muka dan cuci tangan. Tentu anak tidak ingin memasukkan minyak dan kotoran dari jari-jari ke hidung atau bagian wajah lainnya. Gunakan jari dengan lembut untuk mengoleskan pembersih berbahan dasar air dan bilas.

Keringkan wajah dengan handuk, pastikan anak mama tidak menggosoknya.

  • Ikuti petunjuk pemakaian

Untuk menggunakan pore strip dengan aman, ikuti petunjuk yang disertakan dengan produk. Umumnya ini berarti membasahi hidung, menempelkan strip dengan sedikit ditekan, dan kemudian menunggu perekatnya mengeras.

Jika anak membiarkan strip terlalu lama, ini berisiko merobek lebih dari sekadar komedo seperti lapisan atas kulit! Maka ikuti petunjuk pemakaian yang biasanya dibiarkan selama 10-15 menit.

  • Gunakan di malam hari

Jika anak ingin menghadiri acara besar keesokan harinya, gunakan pore strip pada malam sebelumnya.

Dengan cara ini, kulit akan dapat pulih dalam semalam dan mengembalikan minyak alami, sehingga tidak mengiritasi area tersebut dengan riasan atau paparan sinar matahari

  • Lanjut dengan menggunakan produk noncomedogenic

Setelah anak melepas strip hidung dengan hati-hati, ia tetap perlu menyelesaikan rutinitas perawatan kulit dengan produk nonkomedogenik. Hal ini pada dasarnya tidak akan menyumbat pori-pori wajah anak yang sedang terbuka.

  • Pijat lembut dengan pelembab ringan

Jika khawatir dengan pori-pori yang terisi kembali dengan kotoran dan minyak, maka anak dapat menerapkan perawatan anti-jerawat sebelum menggunakan pelembab.

Nah itulah beberapa informasi seputar keamanan dan keefektivitasan pore strip atau pore pack untuk remaja. Walaupun cara ini dapat berfungsi untuk menghilangkan komedo dari kulit, tetapi penting untuk menggunakannya dengan benar untuk melihat hasil yang nyata.

Selain itu, anak remaja mama juga tetap harus membersihkan wajah setiap hari dan melakukan eksfoliasi secara teratur untuk mencegah komedo dan sebum berlebih, karena pore strip bukanlah solusi akhir, melainkan perbaikan cepat sementara.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.