Arti Bahasa Korea "Mianhae", dan Contoh Penggunaannya

Seringkali diungkapkan saat menyatakan kesalahan, yuk cari tahu makna "Mianhae"

25 Januari 2022

Arti Bahasa Korea "Mianhae", Contoh Penggunaannya
Freepik/Cookie-studio

Remaja yang menggemari Drama Korea atau yang seringkali disebut K-Drama, mungkin telah mempelajari beberapa kata dalam Bahasa Korea yang sering diucapkan dalam drama. Tak jarang ungkapan ini juga diucapkan dalam percakapan sehari-hari mereka lho!

Jika anak mama salah satunya, ia mungkin sudah sering mendengar kata "Mianhae". Ungkapan ini suka diucapkan ketika para tokoh dalam drama mengakui kesalahannya kepada orang lain. Lantas apakah makna mianhae yang sebenarnya?

Berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi seputar arti Bahasa Korea "Mianhae", dan contoh penggunaannya yang bisa Mama ajarkan pada remaja, agar ia tak salah saat mengucapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk simak informasinya di bawah ini!

1. Dalam Bahasa Indonesia, "Mianhae" memiliki arti "maaf"

1. Dalam Bahasa Indonesia, "Mianhae" memiliki arti "maaf"
Freepik/Cookie-studio

Mianhae dalam hangeul atau alfabet Korea dituliskan seperti 미안해. Kata mianhae merupakan gabungan dari kata mian atau 미안, yang artinya "maaf" dan kata hae atau 해 yang artinya "lakukan".  Sehingga dalam bahasa Indonesia, Mianhae artinya "maaf".

Kata ini biasa diucapkan saat seseorang akan meminta maaf. Namun, ingatkan anak bahwa mianhae ini berbentuk informal. Sehingga sebaiknya diucapkan oleh sahabat dekat, adik, atau seseorang yang usianya di bawah anak mama.

Orang Korea juga biasa menyingkat kata ini, dengan hanya mengucapkan mian agar lebih praktis.

Editors' Picks

2. Sedangkan kata "joesonghamnida" digunakan secara formal

2. Sedangkan kata "joesonghamnida" digunakan secara formal
Freepik/User15160105

Selain mianhae, anak juga bisa mengatatakan joesonghamnida atau 죄송합니다 untuk meminta maaf.

Kata joesonghamnida ini harus ditunjukkan lebih hormat, karena bersifat formal. Terutama jika anak ingin mengucapkannya pada seseorang yang belum pernah dikenal atau dengan status sosial yang lebih tinggi.

Penggunakan joesonghabnida bisa diungkapkan saat anak misalnya tidak sengaja menabrak seseorang yang tak dikenal ketika sedang berjalan.

Ingatlah untuk menggunakan bahasa tubuh dan nada suara yang lembut dan sopan untuk membantu menyampaikan pesan. Umumnya orang Korea akan sedikit menundukkan kepala saat mengakui bahwa telah melakukan kesalahan.dan meminta maaf.

Selain joesonghabnida, anak juga bisa mengatakan mianhamnida atau 미안합니다. Keduanya dapat digunakan dalam situasi yang sama, jadi anak bisa memilih yang mana yang ia sukai!

3. Kemudian juga ada kata "mianhaeyo" yang digunakan untuk tingkat kesopanan standar

3. Kemudian juga ada kata "mianhaeyo" digunakan tingkat kesopanan standar
Freepik/Pressfoto

Saat meminta maaf, seperti mengucapkan terima kasih, orang seringkali menggunakan tingkat kesopanan yang lebih tinggi dari biasanya.

Sehingga selain dua kata di atas, ada juga kata mianhaeyo atau 미안해요, yang menunjukkan tingkat kesopanan standar. Anak juga bisa bergantian menggunakan kata joesonghaeyo atau 죄송해요.

Namun biasanya kata ini diucapkan pada orang yang saling mengenal atau punya hubungan yang dekat, seperti teman sekelas. 

Oleh karena itu, seringkali lebih baik mengucapkan joesonghamnida/mianhamnida daripada joesonghaeyo/mianhaeyo, untuk menunjukkan citra diri yang sopan.

4. Contoh ungkapan permintaan maaf dalam Bahasa Korea yang bisa dipraktikkan sehari-hari

4. Contoh ungkapan permintaan maaf dalam Bahasa Korea bisa dipraktikkan sehari-hari
Freepik/Miksturaproduction

Untuk memudahkan anak dalam memahami makna mianhae dan penggunaannya sehari-hari, berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan permintaan maaf dalam Bahasa Korea yang bisa anak praktikkan sehari-hari:

Dalam bentuk formal (joesonghamnida):

죄송합니다. 괜찮으세요 선생님? (joeseonghabnida. Gwaenchanh-euseyo seonsaengnim?)

Maaf. Apakah bapak baik-baik saja?

Dalam bentuk standar (mianhaeyo):

내가 니 핸드폰을 부러뜨렸어요 형, 미안해요! (naega ni haendeupon-eul buleotteulyeoss-eoyo, mianhaeyo)

Aku merusak handphone milikmu, maaf ya!

Dalam bentuk informal (mianhae):

미안, 나중에 전화할게! (mian, najung-e jeonhwahalge!)

Maaf, nanti aku telepon ya!

Nah itulah beberapa informasi seputar arti Bahasa Korea "Mianhae", dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui perbedaan ungkapan permintaan maaf dalam Bahasa Korea, kini anak dapat lebih percaya diri dalam percakapan deh! Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk