Bangun Sekolah, 5 Fakta Cinta Laura yang Patut Jadi Inspirasi Remaja

Memilih untuk hidup yang sederhana dan suka berhemat

27 Juli 2021

Bangun Sekolah, 5 Fakta Cinta Laura Patut Jadi Inspirasi Remaja
Instagram.com/claurakiehl

Nama Cinta Laura mungkin sudah tak asing lagi di telinga Mama. Sejak aktif di dunia akting dan tarik suara di tahun 2007, nama Cinta Laura semakin populer. Tak hanya dari bakat dan prestasinya saja, gaya hidup dan jiwa sosial Cinta Laura pun menjadi sorotan publik.

Mulai dari menolak barang-barang branded hingga membangun sekolah, beberapa fakta tentang Cinta Laura berikut ini dapat menginspirasi remaja. Apa saja fakta menarik tentang Cinta Laura?

Simak faktanya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Selalu berhemat

1. Selalu berhemat
Instagram.com/claurakiehl

Perempuan kelahiran Jerman tahun 1993 ini mengaku bahwa ia menjalani kehidupan sehari-hari dengan menerapkan prinsip berhemat. Hal ini dilakukan Cinta sesuai ajaran dari orangtuanya. 

Tak hanya seputar pakaian, ia mengaku hemat dalam soal apa pun. Kebiasaan berhemat ini membuat Cinta menjadi pribadi yang penuh pertimbangan ketika akan mengeluarkan uang, terlebih lagi ketika harus membeli barang yang mahal.

Tak hanya dari harga, ia juga mempertibangkan soal manfaat, dan apa yang ia butuhkan sebelum membeli sesuatu. Cinta juga menjadi sorotan ketika membahas dirinya yang urung membeli tas sehara Rp. 30 Juta.

Cinta mengatakan bahwa uang puluhan juta tersebut aan lebih bermanfaat jika diberikan kepada yang kurang mampu, daripada dihabiskan untuk membeli barang.

"Bukan berarti aku nggak suka barang bagus ya, aku mikir gini misal tas branded harga Rp 30 juta misalnya, aku mikir gini, berapa keluarga atau anak yang bisa aku kasih makan atau sekolahin dari uang Rp 30 juta, dan aku beli tas its not worth it," tegasnya dalam salah satu podcast.

Editors' Picks

2. Lebih suka makanan yang sederhana dan sehat

2. Lebih suka makanan sederhana sehat
Instagram.com/claurakiehl

Jika Mama dan anak kerap melihat kehidupan publik figur yang penuh kemewahan, Cinta Laura ternyata lebih suka menu makanan yang sederhana seperti tempe dan ikan asin.

Tak hanya itu, Cinta juga selalu memastikan kesehatannya dengan membeli produk-produk home made atau buatan rumah. Seperti yang diketahui, Cinta Laura seringkali memperlihatkan gaya hidup sehat, termasuk tak sembarangan ketika memilih makanan.

"I do like tempe dan ikan asin, tapi semua home made ya, aku nggak mau beli random, jadi masih dikontrol minyaknya," ujar Cinta Laura.

3. Sukses di kancah internasional

3. Sukses kancah internasional
Instagram.com/claurakiehl

Tak hanya dari gaya hidupnya yang sederhana, prestasi Cinta Laura di kancah internasional juga bisa menjadi motivasi anak untuk terus mengasah kemampuan dan bakatnya.

Nama Cinta Laura bahkan sudah terdengar sampai ke Hollywood, dan ini ia tunjukkan dengan koneksi dengan tokoh-tokoh terkenal, baik dari produser, aktor, dan masih banyak lagi.

Inilah juga yang membuat Cinta sukses bermain peran dan beradu akting dengan aktor-aktor ternama Hollywood, termasuk di film "The Philosophers/After The Dark" di tahun 2013, dan juga The Ninth Passenger di tahun 2018.

4 Selalu up-to-date dengan membaca berita

4 Selalu up-to-date membaca berita
Instagram.com/claurakiehl

Ada kebiasaan menarik Cinta Laura yang bisa ditiru oleh anak remaja untuk mengetahui perkembangan yang terjadi di sekitar dan dunia nih. Cinta menyediakan waktu khusus di pagi hari untuk membaca berita sambil sarapan.

Walaupun bagi remaja membaca berita bisa membuat stres, ada kalanya membaca berita dapat menambah informasi anak seputar hal-hal terbaru. Cinta juga menyarankan untuk tidak membaca berita dari satu sumber saja, namun dari berbagai sumber agar bisa membedakan berita yang fakta dan opini.

"Kalau baca berita jangan langsung percaya, penting sekali untuk harus mencari tahu dari sumber lain juga. Karena dari sana kamu akan tahu mana berita yang benar-benar fakta atau hanya opini," jelas Cinta yang dikutip dari Popbela.com.

5. Membangun sekolah dan mengajak masyarakat untuk memerhatikan kondisi pendidikan Indonesia

5. Membangun sekolah mengajak masyarakat memerhatikan kondisi pendidikan Indonesia
Twitter.com/xcintakiehlx

Aktris Cinta Laura juga dikenal dengan jiwa sosialnya yang tinggi. Hal ini ditunjukkannya dengan membangun sekolah di Kampung Mulyasari, daerah di Gunung Salak Bogor, Jawa Barat.

Pembangunan sekolah ini dilakukan Cinta melalui yayasan miliknya dan sang Mama Herdiana Soekarsono, yang bernama Soekarseno Foundation.

Hingga kini, Yayasan Soekarseno telah membantu pembangunan di 12 sekolah, beberapa di antaranya Pondok Abimanyu, SD Negeri Pangerasan, SD Negeri Cibalung 02, SD Negeri Cipicung 04, SD Negeri Cipicung 01, SD Negeri Kawung Luwuk, hingga SLTP YPPI Ciawi.

Tak hanya mendirikan sekolah, Cinta juga mengajak masyarakat untuk lebih memerhatikan kondisi pendidikan Indonesia, terutama pada saat pandemi Covid-19 ini.

"Dengan sekolah online anak-anak ini sudah 1 tahun ketinggalan pelajaran. SO STOP BEING SELFISH! Kita yang tinggal di kota bisa WFH dan “learn” from home. Tapi yang kena dampak terbesar dari kebodohan kita/kalian adalah anak-anak dan orang-orang yang tidak memiliki fasilitas yang sama!" tulis Cinta Laura pada akun Twitter-nya @xcintakiehlx.

Cinta juga mengunggah sebuah video yang mengajak masyarakat untuk membantu keadaan menjadi lebih baik agar anak-anak Indonesia dapat kembali bersekolah belajar dengan optimal lagi.

Nah itulah beberapa fakta seputar Cinta Laura yang patut diajarkan pada anak remaja, mulai dari gaya hidup hingga jiwa sosial yang tinggi. Semoga apa yang dilakukan Cinta Laura dapat menjadi inspirasi bagi para remaja ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.