Banyak Teman, 5 Tanda Kepribadian Social Butterfly pada Anak

Keunggulan anak social butterfly adalah mudah bersosialisasi dengan siapa pun

24 Januari 2022

Banyak Teman, 5 Tanda Kepribadian Social Butterfly Anak
Freepik/Zinkevych

Ungkapan "Social Butterfly" mungkin tak asing di telinga Mama. Seperti namanya, seorang anak yang memiliki kepribadian social butterfly dianggap seperti kupu-kupu yang bisa dengan mudah hinggap di mana saja.

Bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun bisa dengan mudah ia dekati. Kemampuan sosialisasi yang begitu mencolok, membuat anak mudah membaur dengan siapapun.

Social butterfly merupakan salah satu tipe kepribadian ekstrovert, sehingga, secara umum mengisi energi dengan melakukan kegiatan eksternal seperti bersosialisasi atau pergi keluar. Apakah anak mama memiliki kepribadian ini?

Bila Mama penasaran, berikut ini Popmama.com telah merangkum lima tanda kepribadian social butterfly pada anak. Yuk simak!

1. Cenderung berorientasi pada kehidupan sosial

1. Cenderung berorientasi kehidupan sosial
Pexels/Gustavo Fring

Seorang anak yang memiliki kepribadian social butterfly memiliki kebiasaan yang aktif serta dominan dalam suatu interaksi. Hingga pada akhirnya anak cenderung menghabiskan waktu untuk bersosialisasi dengan banyak orang.

Anak sangat antusias terhadap beragam interaksi sosial setiap harinya. Bahkan prioritas waktu pribadi tidak sebanyak waktu untuk kehidupan sosialnya. Bersosialisasi menjadi cara seorang anak social butterfly untuk mengisi kembali energinya.

Editors' Picks

2. Lebih suka menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas eksternal

2. Lebih suka menghabiskan waktu melakukan aktivitas eksternal
Freepik/pressfoto

Jika kebanyakan remaja suka menghabiskan waktu menyendiri di kamar sambil bermain gadget, berbeda dengan anak dengan kepribadian social butterfly.

Bahkan berdiam diri di kamar merupakan hal yang sangat melelahkan bagi seorang social butterfly, lho.

Anak cenderung suka menghabiskan waktu untuk melakukan aktivitas yang sifatnya ekstenal, seperti pergi berkumpul dengan teman, mengobrol dengan banyak orang, atau mengikuti komunitas di suatu kelompok.

Seorang anak dengan kepribadian social butterfly juga sangat suka melakukan hal-hal baru. Beragam aktivitas eksternal yang ia lakukan umumnya membuat anak memiliki jaringan sosial yang luas.

3. Terampil berbicara baik dalam kegiatan formal dan non formal

3. Terampil berbicara baik dalam kegiatan formal non formal
Freepik

Salah satu tanda kepribadian sosial butterfly pada anak yang paling mudah Mama sadari adalah, caranya dalam berkomunikasi. Kemampuan berbicara seorang anak social butterfly tidak usah diragukan lagi.

Tak sulit baginya untuk menjadi pembicara, baik dalam kegiatan formal di sekolah seperti presentasi, maupun non formal seperti berbicara dalam kelompok. Anak adalah pembicara yang terampil.

Tentunya seorang social butterfly bukan orang yang pemalu. Ia cenderung suka menjadi pusat perhatian. Selain itu, mudah bagi anak untuk membuka suatu pembicaraan dengan siapapun dengan topik apapun. Sebagian besar waktunya lebih sering digunakan untuk mengobrol dan mengobrol.

4. Bisa berteman dengan siapa saja menjadi daya tarik anak dengan kepribadian social butterfly

4. Bisa berteman siapa saja menjadi daya tarik anak kepribadian social butterfly
Freepik/Gpointstudio

Kebiasaannya yang senang bergaul membuat seorang anak dengan kepribadian social butterfly banyak disukai oleh orang lain. Ia mudah sekali akrab dengan banyak orang, bahkan dengan orang yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Kepribadiannya yang tak memilih-milih teman ini, memberikan kesan yang hangat dan menyenangkan bagi orang di sekitarnya. Hal inilah yang pada akhirnya memunculkan daya tarik sendiri bagi seorang anak social butterfly.

5. Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

5. Mudah beradaptasi lingkungan baru
Freepik/artursafronovvvv

Siapa yang merasa kesulitan ketika dihadapkan pada lingkungan baru? Beberapa remaja mungkin mengalami kesulitan ini ketika harus beradaptasi dengan hal-hal di sekitarnya. Namun bagi seorang anak social butterfly, hal ini bukanlah sesuatu yang sulit, lho.

Kemampuan sosial yang tinggi membuat anak mudah untuk beradaptasi di lingkungan baru. Jadi bukan suatu masalah bagi anak ketika berada di lingkungan yang berbeda dari biasanya. Justru anak mama mungkin akan sangat senang melakukan sesuatu yang menurutnya baru.

Nah, itulah beberapa tanda kepribadian social butterfly pada anak. Ada banyak sisi unik dan menarik yang terdapat pada karakter ini ya Ma! Apakah anak mama memiliki kepribadian ini juga?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk