Belajar Bahasa Korea: Arti "Daebak" dan Contoh Penggunaannya

Anak bisa menunjukkan rasa kagumnya dengan mengatakan "daebak"

28 Januari 2022

Belajar Bahasa Korea Arti "Daebak" Contoh Penggunaannya
Freepik

Berkembangnya industri hiburan Korea Selatan membuat para penggemarnya tak hanya menggemari musik KPop, namun juga mulai mengikuti drama, film, gaya berpakaian, makanan, hingga budaya dan Bahasa Korea itu sendiri.

Jika remaja mama adalah salah satu penggemar K-Drama, anak pastinya sudah pernah atau bahkan sering mendengar kata "daebak". Tak jarang para penggemar K-Drama menggunakan kata ini untuk berkomunikasi satu sama lain.

Walaupun seringkali didengar dan diucapkan, apakah anak sudah tahu arti serta penggunaan kata "daebak" dengan tepat? 

Agar ia tidak salah dalam penggunaannya, penting bagi Mama untuk memberi tahu anak untuk belajar bahasa Korea tentang arti daebak, dan contoh penggunaannya. Yuk simak penjelasannya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

Editors' Picks

1. Arti "daebak" dalam bahasa Korea

1. Arti "daebak" dalam bahasa Korea
Pinterest.com/RedBubble

Daebak sendiri adalah kata slang dalam bahasa Korea. Ungkapan ini digunakan untuk menunjukkan rasa kekaguman. Daebak menunjukkan ekspresi, biasa dilontarkan untuk mengungkapkan perasaan kagum, senang, dan terkejut.

Kata ini bisa anak gunakan ketika melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa. Tulisan daebak dalam hangeul atau huruf Korea ditulis seperti 대박. Dalam bahasa Indonesia, daebak bisa diartikan sebagai "Wow!" atau "Luar biasa!"

2. Penggunaan kata daebak dalam kehidupan sehari-hari

2. Penggunaan kata daebak dalam kehidupan sehari-hari
Freepik/Cookie-studio

Dilansir dari Koreanly, awal mula terciptanya kata daebak sendiri yaitu, ketika dahulu orang biasa bermain permainan kartu. Jika seseorang bermain kartu dengan baik dan menang berkali-kali, maka itu disebut ‘박’ (bak). Sedangkan '대' (dae) berarti besar.

Jika kedua kata ini digabungkan menjadi daebak, secara harfiah berarti kemenangan besar. Kata ini juga dapat didengar secara umum di jalan dan di media sosial. Daebak juga digunakan ketika ada sesuatu yang lucu dan ketika seseorang menceritakan sebuah kisah yang menarik.

Ada beberapa situasi yang bisa anak gunakan untuk mengucapkan daebak. Misalnya ketika ia melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa dan terjadi secara tiba-tiba. Selain itu, ungkapan daebak juga bisa digunakan untuk menyatakan pujian atau kekaguman.

Namun kata daebak ini lebih sering diungkapkan dalam situasi nonformal seperti percakapan sehari-hari dengan teman-teman yang seumuran atau yang usianya lebih muda.

3. Contoh penggunaan kata daebak yang bisa anak gunakan

3. Contoh penggunaan kata daebak bisa anak gunakan
Freepik/Cookie-studio

Seperti yang sudah dibahas, kata daebak bisa mengungkapkan sesuatu yang luar biasa. Kata ini juga bisa menggantikan kata neomu (너무) 'sangat'. Ada beberapa contoh penggunaan kata daebak yang bisa anak praktikan setiap hari. Berikut contohnya:

한국말 대박 잘하시네요 (Hanguk mal daebak jalhasineyo).

Kamu pintar banget berbicara bahasa Korea!

이 음식은 대박 맛있어 (i eumsik-eun daebak masisseo)

Makanan ini enak banget!

Selain itu, anak juga bisa menggunakan kata daebak untuk memuji pencapaian orang lain. Berikut contohnya:

대박! BTS 그래미상을 받았어. (Daebak! BTS Geuraemi reul badasseo.)

Wow! BTS menang Grammy Awards!

시험에서 가장 높은 점수를 받았어! 대박이네! (siheom-eseo gajang nop-eun jeomsuleul badassseo! Daebakine!)

Kamu dapat nilai paling tinggi saat ujian! Keren banget!

Nah itulah beberapa informasi seputar Bahasa Korea arti  Daebak, dan contoh penggunaannya yang bisa Mama ajarkan pada anak. Jika anak sudah memahami artinya, Mama juga bisa mengatakandaebak untuk menjadi bentuk pujian pada anak. Tentunya akan lebih menarik, bukan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk