Beri Tahu Anak, 4 Fungsi Sistem Kerangka Tubuh Manusia

Selain untuk menopang tubuh, ternyata ada fungsi kerangka tubuh manusia lainnya lho!

18 Mei 2021

Beri Tahu Anak, 4 Fungsi Sistem Kerangka Tubuh Manusia
Freepik/Yanukit

Sistem rangka adalah sistem yang menjadi dasar bentuk tubuh pada makhluk hidup yang mendukung fungsi gerak. Sususan dalam sistem ini terdiri dari rangkaian tulang dan jaringan ikat berupa tulang rawan, tendon, dan ligamen.

Selain itu, tulang manusia pada sistem rangka memiliki tekstur yang padat dan keras, berbeda dengan organ tubuh lain.

Inilah yang membuat tulang berfungsi sebagai pelindung untuk organ penting di dalamnya, untuk menjaga agar mekanisme tubuh bekerja dengan baik.

Saat baru lahir, manusia memiliki lebih dari 270 tulang. Seiring waktu, beberapa tulang bersatu sehingga manusia dewasa hanya memiliki sekitar 206 tulang. 

Selain itu, tulang memiliki fungsi lainnya yang penting untuk menambah pengetahuan anak.

Apa saja fungsinya? Yuk simak fungsi-fungsi tulang yang telah Popmama.com rangkum berdasarkan informasi dari Dr. Irma Lidia, salah satu tim dokter dari Jovee.

1. Menopang dan memberi bentuk tubuh

1. Menopang memberi bentuk tubuh
Freepik/Kjpargeter
Dok. Jovee

Peran utama tulang adalah untuk memberikan bentuk tubuh kepada makhluk hidup apa pun, tidak terkecuali manusia.

Tulang merupakan komponen penting dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menopang tubuh agar dapat berdiri maupun melakukan aktivitas dengan selayaknya.

Editors' Picks

2. Membantu pergerakan tubuh

2. Membantu pergerakan tubuh
Freepik/Master1305
Dok. Jovee

Tulang manusia juga berperan dalam menunjang pergerakan tubuh sehingga mampu bergerak untuk melakukan aktivitasnya. Fungsi tulang sebagai alat untuk bergerak dibantu oleh otot, sendi, dan juga ligamen.

Rangka manusia yang baik dan sehat juga dapat mendukung aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, kesehatan tulang beserta pendukungnya perlu diperhatikan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, terutama dengan kecukupan kalsium yang sangat penting bagi tulang.

“Kurangnya asupan kalsium dalam jangka panjang turut berperan dalam terjadinya osteoporosis di samping faktor lainnya. Asupan kalsium yang rendah berkontribusi pada penurunan kepadatan tulang, pengeroposan tulang dini, dan peningkatan risiko patah tulang.” ujar Dr. Irma Lidia.

3. Memproduksi sel-sel darah

3. Memproduksi sel-sel darah
Freepik/User4468087

Tidak hanya sebagai penopang, struktur tulang manusia yang keras ternyata memiliki bagian berongga di dalamnya. Di dalam tulang terdapat sumsum tulang yang memiliki fungsi untuk memproduksi sel-sel darah.

Sumsum tulang tidak seperti tulang yang keras. Teksturnya sangat lunak dan hanya bisa ditemukan pada beberapa rongga tulang.

4. Tempat penyimpanan mineral

4. Tempat penyimpanan mineral
Freepik/Kasa1982

Mineral penting yang disimpan oleh tulang manusia adalah kalsium dan fosfor. Kedua mineral penting tersebut sangat dibutuhkan oleh sel-sel tubuh agar dapat bekerja dengan baik.

Di saat tubuh kekurangan kedua mineral tersebut, hormon paratiroid yang dihasilkan dari kelenjar paratiroid di bagian leher akan mencegah kekurangan itu dengan mengambil cadangan mineral di dalam tulang.

Ketika menggambarkan tulang manusia, mungkin anak hanya menghira kalau tulang hanya ada satu bentuk saja. Namun, ternyata dalam tubuh manusia ada empat jenis tulang dengan bentuk yang berbeda-beda.

Tipe-Tipe Tulang Dalam Sistem Rangka Manusia

Tipe-Tipe Tulang Dalam Sistem Rangka Manusia
Freepik/Macrovector
Dok. Jovee

Tipe-tipe tulang yang ada di dalam sistem rangka tubuh manusia juga memiliki beberapa jenis lho. Berikut ini tipe tulang yang terbagi menjadi empat macam yang perlu diketahui:

Tulang pipih

Seperti namanya, tulang pipih memiliki bentuk yang datar, lebar, dan cukup tipis, serta tidak setebal jenis tulang yang lain. Tulang pipih dapat ditemukan di bagian tulang tengkorak, tulang rahang bawah, tulang rusuk, tulang dada, dan juga tulang belikat.

Tulang panjang

Tulang panjang adalah tulang yang berbentuk panjang. Di dalam sistem rangka manusia, tulang panjang meliputi tulang paha, tulang kering, tulang hasta, dan tulang lengan atas.

Tulang pendek

Tulang pendek memiliki bentuk yang lebih pendek dan ukurannya yang lebih kecil. Jenis tulang ini termasuk tulang lutut serta tulang-tulang pada bagian kaki dan tangan manusia.

Tulang tidak beraturan

Tulang belakang termasuk ke dalam jenis tulang manusia yang tidak beraturan karena bentuknya yang tidak panjang maupun pipih. Jenis tulang tidak beraturan lainnya termasuk juga enamel, yang mana merupakan lapisan pelindung gigi serta saraf-saraf penting dalam tubuh.

Nah itulah beberapa informasi seputar fungsi sistem kerangka tubuh manusia yang dapat menambah pengetahuan anak. Dengan mengetahui fungsi tubuh, diharapkan anak menjadi semakin menyayangi dan merawat tubuhnya dengan baik, seperti pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Yuk ajarkan anak untuk menjaga tubuhnya dengan baik!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.