5 Tips Membuat Anak Semangat Rutin Berolahraga Setiap Hari

Yuk mulai ajak anak membangun pola hidup sehat dari rutin berolahraga!

30 Oktober 2020

5 Tips Membuat Anak Semangat Rutin Berolahraga Setiap Hari
Freepik

Seringkali Mama kurang sadar betapa pentingnya olahraga bagi anak, apalagi pada saat pandemi Covid-19 ini. Sehingga banyak anak yang menghabiskan waktu untuk bermain gadget disbanding melakukan aktivitas fisik.

Nah Ma, tidak ada kata terlambat lho untuk ajak anak berolahraga! Namun yang menjadi masalah terkadang anak jadi tidak mau ketika Mama mengajak mereka berolahraga. Padahal olahraga penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuhnya untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Lalu bagaimana cara agar anak mau dan semangat berolahraga?

Nah kali ini Popmama.com akan membahas cara-cara yang tepat agar anak dapat mulai berolahraga dengan rutin! Yuk simak caranya!

1. Awali dengan langkah-langkah kecil setiap harinya dan tingkatkan secara rutin

1. Awali langkah-langkah kecil setiap hari tingkatkan secara rutin
Freepik/Senivpetro

Pertama, mulailah dengan langkah-langkah kecil, seperti mengajak anak berjalan santai sambil mengelilingi lingkungan rumah 10 menit setiap harinya. Ketika anak mulai sering melakukan aktivitas ini, tambahkan lagi waktunya menjadi 15 menit perhari dan dikombinasikan dengan lari kecil.

Kemudian tambahkan waktunya dan mulai coba jogging setiap hari. Dengan menetapkan langkah kecil seperti ini, penting untuk anak yang mulai coba berolaraga. Karena secara tidak langsung akan meningkatkan semangat anak untuk berolahraga.

Editors' Picks

2. Buatlah pilihan olahraga yang berbeda setiap harinya agar anak tidak bosan

2. Buatlah pilihan olahraga berbeda setiap hari agar anak tidak bosan
Freepik/Master1305

Tentunya Mama tahu kalau anak mudah sekali bosan jika melakukan aktivitas yang sama secara terus menerus setiap harinya. Begitu juga dengan berolahraga. Sehingga Mama perlu berinovasi untuk membuat kegiatan ini tetap terlihat menarik untuk anak.

Mama dapat mulai dengan ajak anak berenang di minggu pagi, atau bersepeda bersama pada sore hari. Jika tidak ada waktu banyak, Mama bisa ajak anak untuk melakukan olahraga ringan di rumah seperti skiping.

3. Tunjukkan sikap semangat berolahraga agar anak mengikuti kebiasaan ini

3. Tunjukkan sikap semangat berolahraga agar anak mengikuti kebiasaan ini
Freepik/teksomolika

Agar anak menyukai olahraga, tentunya harus dimulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu. Karena Mama dan anggota keluarga lainnya adalah tempat pertama anak belajar tentang apapun. Sehingga, Mama perlu menunjukkan sikap yang semangat olahraga pada anak.

Seperti jalan santai di lingkungan rumah atau pada car free day yang diselenggarakan di kota masing-masing juga merupakan salah satu cara yang bisa dipertimbangkan. Sehingga, olahraga tidak hanya bermanfaat bagi anak saja, namun juga bagi seluruh anggota keluarga.

4. Mulai peka dan cari tahu jenis olahraga yang disukai anak

4. Mulai peka cari tahu jenis olahraga disukai anak
Freepik/Rawpixel-com

Anak tidak mau berolahraga bisa jadi karena ia tidak menyukai olahraga yang dipilihkan Mama. Sehingga, Mama harus mulai peka untuk mencari tahu dan menentukan olahraga apa yang disenangi anak.

Nah ketika anak mulai menunjukkan ketertarikan pada satu jenis olahraga, Mama bisa mulai ingatkan anak dan menemaninya untuk melakukan olahraga yang ia sukai tersebut.

Selain itu, Mama juga bisa mendaftarkan anak ke sekolah ataupun pada pelatihan khusus olahraga yang ia sukai. Namun, jangan sampai ada paksaan ya, Ma!

5. Berikan pujian atau apresiasi pada anak agar ia semangat saat berolahraga

5. Berikan pujian atau apresiasi anak agar ia semangat saat berolahraga
freepik/senivpetro

Saat akhirnya anak mulai rutin olahraga, ataupun melakukan aktivitas yang melibatkan fisik, Mama bisa memberikan apresiai untuk memberinya semangat agar terus berolahraga.

Jangan lupa berikan pujian dan dorong anak untuk setiap langkah positif yang diambilnya dalam berolahraga. Tetapi usahakan agar tidak menekan anak dengan target yang berlebihan, untuk mencegah anak stress akibat tertekan ya Ma!

Nah pada akhirnya, ingatlah bahwa penerapan pola hidup sehat sehari-hari perlu dioptimalkan dengan rutin berolahraga, pola tidur yang teratur, dan asupan makanan yang bernutrisi. Seperti rutin mengonsumsi susu, buah, sayur, dan vitamin yang membangun pola hidup seimbang.

Selamat mencoba ya Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.