Cara Memotong Dan Menata “Curtain Bangs” Remaja a la K-Style

Curtain bangs yang dipopulerkan oleh selebriti Korea Selatan mengubah penampilan anak lebih fresh!

27 Juli 2021

Cara Memotong Menata “Curtain Bangs” Remaja a la K-Style
Instagram.com/Sooyaaa__, Taeyeon_ss

Remaja dikenal suka merubah-ubah penampilan, terutama ketika berbagai tren baru sedang berkembang selama masa pandemi ini.Tak sedikit remaja yang ingin mengubah gaya rambutnya, tetapi Mama memikirkan risiko keluar rumah.

Meskipun tidak ada yang bisa menggantikan keterampilan profesional penata salon, tak ada salahnya bagi Mama untuk mencoba mengubah penampilan rambut anak agar menjadi lebih fresh! Salah satu perubahan gaya rambut yang bisa dicoba adalah curtain bangs.

Curtain Bangs adalah salah satu tren poni yang dipopulerkan oleh selebriti dan idol Korea Selatan. Tatanan rambut ini membingkai wajah, menciptakan ilusi wajah yang lebih ramping, tak perlu sering dipotong, dan mudah menyatu dengan sisa rambut ketika anak bosan dengan penampilan berponi.

Bagaimana cara untuk memotong poni dan menata curtain bangs remaja a la Korean Style? Simak caranya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Apa itu Curtain Bangs?

1. Apa itu Curtain Bangs
Instagram.com/todayis_wendy

Curtain bangs adalah gaya rambut yang berbeda dengan poni-poni lurus kebanyakan yang tebal dan berada sejajar dengan alis. Poni a la Korean style ini biasanya lebih panjang (melewati alis) dan biasanya dipotong miring. Potongan ini pendek di tengah dan secara bertahap semakin panjang ke arah telinga.

Berkat teksturnya yang lembut dan tipis, gaya poni ini bisa dipakai dengan banyak cara. Selain sangat serbaguna, curtain bangs juga secara universal dapat bekerja dengan bentuk wajah apa pun. Mama hanya perlu memodifikasinya agar sesuai dengan fitur wajah anak.

Editors' Picks

2. Cara memotong curtain bangs pada rambut anak

2. Cara memotong curtain bangs rambut anak
Todaysparent.com

Jika remaja baru pertama kali ingin menggunakan curtain bangs, mulailah dengan potongan sejajar dengan tulang pipinya. Sebagai tips, bagian terpendek dapat disejajarkan dengan pupil mata anak dan bagian sampingnya semakin panjang hingga sejajar ke garis rahang.

Berikut adalah beberapa langkah untuk mendapatkan curtain bangs:

  1. Sisir seluruh rambut anak untuk menghilangkan kusut
  2. Dengan menggunakan ujung sisir yang lancip, pada bagian depan rambutnya, Mama dapat membagi poni anak dengan membentuk sudut seperti segitiga, yang dimulai dari garis rambut. Sesuaikan ukuran "segitiga" dengan ketebalan poni yang diinginkan. Ingatlah bahwa curtain bangs dikenal dengan poni yang tipis dan halus.
  3. Setelah mendapatkan ketebalan yang diinginan, jepit rambut yang akan dipotong dengan membagi 3 bagian: kiri, tengah, kanan.
  4. Gunting bagian terpendek sejajar sesuai keinginan anak, namun pastikan tidak lebih pendek dari pupil mata. Sedikit tips, hindari menarik rambut dengan kencang anak ketika memotongnya. Karena ini bisa membuat hasil poni justru lebih pendek.
  5. Untuk dua bagian di kiri dan kanan, buatlah potongan miring dari bagian tengah hingga ke garis rahang/sepanjang dagu.
  6. Jangan lupa untuk "menipiskan" bagian poni dengan memotongnya secara lurus ke atas agar lebih natural. 

Penting untuk bekerja dengan satu bagian pada satu waktu untuk membuat garis dan sudut menjadi lebih halus, dibandingkan mengarahkan gunting untuk membuat potongan yang lurus.

Di bawah ini adalah panduan video yang dapat memudahkan Mama mengikuti langkah-langkah di atas

3. Cara menata curtain bangs pada remaja

3. Cara menata curtain bangs remaja
Wikihow.com

Setelah Mama telah menyelesaika potongan curtain bangs pada remaja, saatnya untuk menata poninya. Mama bisa mengambil pengering rambut atau hair dryer dan sisir bundar yang besar (sekitar diameter satu inchi).

Lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Angkat poni (dari bagian dalam) dengan sisir
  2. Putar ke dalam sambil memanaskannya dengan hair dryer,
  3. Setelah mendapatkan poni yang lebih bervolume, dengan menggunakan tangan, Mama bisa mengatur rambut anak di sekitar wajahnya.
  4. Kemudian lanjutkan dengan bagian kanan dan kirinya, ulangi sampai mendapatkan volume dan tatanan yang diinginkan.

4. Beberapa inspirasi gaya rambut yang bisa disesuaikan dengan curtain bangs

4. Beberapa inspirasi gaya rambut bisa disesuaikan curtain bangs
Pinterest.com/Sinta Elya

Akhirnya, inilah saatnya untuk mendapatkan beberapa inspirasi tentang banyak cara untuk memakai curtain bangs pada penampilan anak. Berikut adalah beberapa inspirasinya:

Dengan rambut gelombang

Jika anak ingin memakai poni yang lebih natural. Gaya rambut yang terlihat pada Yoona SNSD ini sangat tepat, terlebih laagi jika anak sedang menumbuhkan poninya.

Rambut yang dicepol

Curtain bangs dapat terlihat cocok dengan rambut cepol yang longgar. Untuk mendapatkan gaya rambut seperti IU, mendapatkan efek "berantakan" sangat penting. Bentuk beberapa helaian rambut anak dengan sampo kering untuk menambah volume sambil menjinakkan rambut kusut.

Kuncir setengah

Jika anak mama ingin mendapatkan penampilan yang girly, cobalah untuk mengikuti gaya rambut a la Jisoo BLACKPINK yang satu ini. Bagi rambut anak menjadi dua bagian, lalu kuncir bagian atas. Mama bisa menambahkan volume dengan menarik beberapa rambut bagian atas dan menyemprotkan dry shampoo.

Itulah cara memotong poni dan menata curtain bangs a la K-style pada anak remaja. Gimana Ma, tertarik untuk mengubah penampilan anak menjadi lebih fresh? Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.