10 Cara Tepat Mengatasi Rambut Kering pada Anak Remaja

Jangan terlalu sering menggunakan hair dryer ya!

21 Januari 2021

10 Cara Tepat Mengatasi Rambut Kering Anak Remaja
Freepik

Rambut merupakan mahkota kepala yang kesehatannya juga perlu dijaga. Terlebih lagi bagi remaja yang sedang giat-giatnya memperhatikan penampilan diri. Sayangnya, beberapa remaja mengalami masalah rambut kering.

Rambut kering dapat dilihat dari rambut yang kering saat disentuh, bercabang, mungkin juga mudah patah atau rapuh, sulit untuk ditata, dan beberapa remaja yang memiliki rambut keriting cenderung memiliki rambut kering jika tidak dirawat dengan tepat.

Tetapi memiliki rambut kering tidak berarti anak memiliki masalah kesehatan yang besar, atau ada yang salah dengan rambutnya. Paparan sinar matahari, alat penata rambut yang panas, kelembapan, bahan kimia, dan lainnya dapat menyebabkan rambut remaja rusak dan kering.

Kabar baiknya, Popmama.com akan memberikan beberapa cara yang dapat remaja lakukan jika ingin mengatasi rambut kering agar kembali berkilau dan sehat. Simak informasinya di bawah ini ya!

1. Potong ujung rambut anak yang kering

1. Potong ujung rambut anak kering
Freepik

Jika rambut anak remaja mama terlalu kering, mungkin sudah saatnya perlu ditata ulang dalam bentuk potongan baru. Meskipun rambut tidak terlalu panjang, ujung rambut bercabang dapat membuat rambut sulit diatur dan membuatnya terasa kering atau kasar.

Kunjungi salon terdekat dan potong rambut yang tidak sehat, rambut yang kering dapat memberatkan pertumbuhan rambut segar.

Saat Mama menemani anak di salon, tanyakan kepada penata rambut apakah mereka memiliki tips gaya rambut yang cocok untuk anak. Selain itu mereka mungkin merekomendasikan rutinitas penataan baru yang dapat menjaga rambut anak dari kerusakan.

9. Pakai topi atau payung jika harus beraktivitas di bawah sinar matahari

9. Pakai topi atau payung jika harus beraktivitas bawah sinar matahari
Freepik/Lookstudio

Sinar ultraviolet dapat merusak batang rambut anak seperti halnya dapat merusak kulit. Jika anak memiliki rambut kering, batasi paparan sinar matahari pada rambutnya.

Kenakan topi atau payung saat beraktivitas sehari-hari, dan hindari paparan sinar matahari dalam waktu yang lama. Jika rambut sudah terpapar sinar UV, dapat diatasi dengan menghaluskan beberapa gel lidah buaya murni pada rambut, tujuannya agar membantu memperbaiki kerusakan.

2. Konsumsi vitamin yang dapat menjaga kesehatan rambut

2. Konsumsi vitamin dapat menjaga kesehatan rambut
Freepik/user7020821

Tak hanya perawatan dari luar saja, perawatan dari dalam tubuh juga penting untuk menjaga kesehatan rambut remaja. Vitamin tertentu dapat berdampak langsung pada kesehatan rambut dan kuku.

Vitamin A, Vitamin C, biotin, dan zat besi dapat membantu anak mendapatkan rambut yang lebih sehat. Saat ini juga sedang populer untuk mengonsumsi suplemen yang hanya mengandung biotin untuk membuat rambut terlihat lebih baik.

Namun, dilansir dari Healthline.com, dalam penelitian terbaru tidak mendukung gagasan bahwa biotin dapat membuat perbedaan besar pada kesehatan rambut. Sehingga Mama mungkin juga dapat memberikan suplemen protein laut, yang telah terbukti membantu rambut menjadi lebih sehat.

3. Tambahkan omega-3 dan antioksidan ke dalam makanan remaja

3. Tambahkan omega-3 antioksidan ke dalam makanan remaja
Freepik/valeria_aksakova

Selain vitamin, protein laut juga dapat menjaga rambut anak agar tidak menipis dan dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau. Untuk mendapatkan hasil yang serupa tanpa mengonsumsi suplemen, tingkatkan jumlah protein laut dalam makanan remaja, yang termasuk:

  • Ikan salmon
  • Tiram
  • Ikan kembung
  • Tuna
  • Sarden

Daftar diatas kaya akan peptida dan omega-3, yang dapat membuat rambut remaja lebih berkilau. Mama juga dapat mempertimbangkan agar anak makan lebih banyak antioksidan untuk melawan stres oksidatif, yang membuat rambut terlihat lebih tua.

Beberapa makanan yang kaya antioksidan antara lain:

  • Kenari
  • Kacang merah
  • Bluberi
  • Brokoli
  • Tomat

Dikutip dari The Mayo Clinic yang dilansir dari Healtline.com, penting juga untuk mengonsumsi makanan dengan lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam minyak canola, untuk kesehatan rambut yang lebih baik.

Editors' Picks

4. Hindari mencuci rambut setiap hari

4. Hindari mencuci rambut setiap hari
Freepik/Torwaiphoto

Sampo menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, tetapi juga menghilangkan sebum pada rambut anak. Sebum merupakan minyak alami yang membuat rambut lebih mudah dirawat dan, jika jumlahnya tepat, bisa membuat rambut berkilau.

Terlalu banyak sebum juga menyebabkan penampilan rambut menjadi berminyak. Sehingga untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut, anak dapat mencuci rambut setiap dua hari dan lihat hasil rambut menjadi tampak lebih sehat.

Jika anak tidak bisa melewatkan satu hari tanpa keramas, paling tidak gunakan sampo khusus untuk rambut kering atau bahkan coba sampo bayi. Keduanya membersihkan rambut secara lembut tanpa menghilangkan minyak alami rambut sepenuhnya.

5. Keringkan rambut dengan handuk daripada menggunakan hair dryer

5. Keringkan rambut handuk daripada menggunakan hair dryer
Freepik/Angel.nt.111

Jika rambut remaja rapuh dan sulit ditata setelah keramas, bisa jadi rambut kehilangan terlalu banyak kelembapan selama proses pengeringan. Cobalah mengeringkan rambut dengan menepuk-nepuk kain atau handuk ke rambut yang basah setelah keramas, daripada menggunakan hair dryer.

Jika anak tidur dengan rambut basah, gunakan sarung bantal sutra agar kelembaban rambut tidak terserap ke bantal. Jika anak membiarkan rambut basah untuk waktu yang lama, sebuah penelitian dari 2011, mengamati kerusakan yang sebanding dengan hair dryer.

6. Kurangi alat penata rambut yang panas

6. Kurangi alat penata rambut panas
Freepik/Lifestyle80

Alat penata rambut panas untuk mengeringkan, mengeriting, meluruskan, atau menambah volume pada rambut remaja mungkin telah menjadi bagian dari rutinitas hariannya. Namun ini mungkin juga penyebab rambut anak menjadi kering.

Sebuah hasil studi mengatakan, batang rambut sebelum dan sesudah melakukan pengeringan rambut dengan hair dryer, menunjukkan kerusakan signifikan pada rambut peserta.

Namun, jika anak harus mengeringkan rambut segera, gunakan hair dryer namun jauhkan alat setidaknya 6 inci dari dari batang rambut untuk hasil terbaik dan rambut yang tetap sehat.

7. Cobalah mandi dengan air yang lebih dingin

7. Cobalah mandi air lebih dingin
Freepik/madeaw_ec

Air panas yang digunakan untuk membilas tubuh saat mandi, mungkin juga membuat rambut panas. Mandi air dingin memiliki beberapa manfaat kesehatan, dan salah satunya membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Setelah anak keramas dan menggunakan kondisioner rambut di kamar mandi, bilas rambut di bawah suhu air yang lebih dingin selama satu atau dua menit untuk merevitalisasi helai rambut dan menyegarkan kulit kepala.

8. Gunakan minyak esensial

8. Gunakan minyak esensial
Freepik/Sandyturkina

Minyak argan Maroko telah menjadi obat rumahan yang populer untuk rambut kering. Menggunakan beberapa tetes minyak argan di ujung rambut dapat memberikan tampilan rambut yang lebih halus dan kuat.

Minyak esensial lainnya, seperti minyak peppermint dan minyak lavender, dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan mencegah kerusakan.

Mencampurkan minyak argan, minyak peppermint, minyak lavender, dan minyak pembawa seperti minyak kelapa dapat membuat “parfum” alami untuk rambut. Serta juga dapat membuat rambut anak lebih sehat dari waktu ke waktu.

10. Menggunakan minyak kelapa sebagai tambahan pelembab alami

10. Menggunakan minyak kelapa sebagai tambahan pelembab alami
Freepik

Minyak kelapa adalah tambahan pelembab alami. Artinya, minyak ini mengisi celah di helai rambut yang kering akibat panas atau matahari.

Satu studi dari 2005, menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat bagus dalam menembus serat rambut.

Dengan menghaluskan rambut setiap helai, minyak kelapa dapat meningkatkan penampilan rambut secara keseluruhan.

Remaja dapat merawat rambut dengan perawatan deep conditioning dari minyak kelapa hangat sekali setiap minggu, seperti cara berikut ini:

  1. Mulailah dengan rambut kering dan minyak kelapa dengan suhu ruangan.
  2. Gosokkan sedikit minyak kelapa di antara telapak tangan sebelum mengaplikasikannya, dengan fokus pada ujung, mahkota kepala, dan akar rambut.
  3. Oleskan rambut dengan minyak kelapa dan ulangi proses ini, kemudian biarkan minyak di rambut selama sekitar 20 menit.
  4. Kemudian bilas hingga bersih.

Nah itu dia Ma 10 cara untuk mengatasi rambut kering pada remaja agar ia dapat meningkatkan kepercayaan dirinya lagi dengan rambut yang sehat dan berkilau. Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.