5 Tips Mengatasi Stres pada Remaja dengan Cara yang Sehat

Ketidaktahuan bisa membuat remaja melampiaskan stresnya pada pola hidup yang tidak sehat

3 Mei 2022

5 Tips Mengatasi Stres Remaja Cara Sehat
Pexels/Monstera

Stres adalah masalah yang dihadapi semua orang, termasuk pada anak-anak dan remaja. Meski tak banyak disadari, banyak remaja yang mengalami stres karena kesulitan beradaptasi di lingkungan baru, meningkatnya tanggung jawab, hingga tekanan akademik.

Namun masalahnya adalah, tak semua remaja tahu bagaimana mengatasinya. Beberapa remaja mungkin mengatasi stres dengan berbicara dengan orangtua atau berjalan-jalan untuk menghirup udara segar. 

Sementara yang lain mungkin memilih makan berlebihan atau begadang sebagai pelampiasan stres mereka, yang justru bisa berdampak pada kesehatan fisik.

Untuk mencegah stres memengaruhi kesehatan fisik anak, ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan.

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 tips mengatasi stres pada remaja dengan cara yang sehat. Yuk simak!

1. Menjadi pendengar yang baik bagi anak

1. Menjadi pendengar baik bagi anak
Freepik/Artfolio

Tak dapat dimungkiri lagi bahwa setiap orang membutuhkan seseorang atau beberapa orang yang mau mendengarkan dan memberikan mendukung.

Ketika Mama melihat perubahan pada kebiasaan anak sehari-hari, seperti kurang termotivasi, tidak napsu makan, sering mengurung diri di kamar, pastikan untuk mengajak anak berbicara perlahan.

Ketika mengajak anak berbicara, Mama juga harus menjadi pendengar yang baik dan jika perlu memberikan saran yang membantunya.

Dengan adanya seseorang yang bisa diajak biacara, anak dapat dengan mudah bertukar pikiran dan ada yang mengingatkannya tentang hal yang baik dan buruk.

Hal ini berguna untuk manajemen stres yang juga mengjaarkan anak bagaimana mengelola stres dengan baik. 

Editors' Picks

2. Mengajak anak melakukan aktivitas fisik dalam rutinitas harian

2. Mengajak anak melakukan aktivitas fisik dalam rutinitas harian
Freepik

Olahraga adalah pereda stres yang luar biasa. Ketika melakukan aktivitas fisik, anak akan mengeluarkan hormon endorfin, yang berperan untuk menekan stres.

Bagian terbaiknya adalah anak tidak harus terlibat dalam sesi latihan yang berat untuk mendapatkan manfaatnya. Yang harus Mama lakukan adalah mengajak anak untuk melakukan beberapa aktivitas fisik ke dalam rutinitas hariannya.

Tak perlu sulit-sulit, cukup ajak anak berjalan, naik-turun tangga, menari, hula hoop, dan masih banyak aktivitas fisik sederhana lain. Gerakan ini akan membantu anak mengatasi tingkat stres yang tinggi dengan lebih baik.

3. Melakukan kegiatan yang anak sukai di sela-sela aktivitas

3. Melakukan kegiatan anak sukai sela-sela aktivitas
Freepik

Mama mungkin menyadari bahwa aktivitas remaja yang cukup padat setiap harinya, sehingga anak tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat atau melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Oleh karena itu, ajak anak untuk menemukan cara kreatif dalam melakukan aktivitas yang ia sukai.

Misalnya, jika anak suka melukis, Mama bisa menyempatkan waktu untuk mengajak anak mencoret-coret kanvas. Atau mungkin Mama bisa mengajak anak menonton satu atau dua film lucu saat ia perlu istirahat.

Apa pun yang membuat anak bahagia, pastikan Mama dan anak dapat meluangkan waktu untuk melakukannya di sela-sela aktivitas.

4. Mencoba aromaterapi

4. Mencoba aromaterapi
Pexels/doTERRA International, LLC

Terkadang salah satu cara termudah untuk mengatasi stres adalah dengan istirahat yang relaks. Menggunakan aromaterapi dalam bentuk lilin atau essential oil memungkinkan remaja untuk merasa lebih santai dan membumi ketika stres menimpanya. 

Wewangian seperti lavender, vanila, dan lemon semuanya membantu menenangkan ketika anak terlalu lelah dan stres, karena ini dapat memberikannya kondisi rileks.

Anak juga dapat menggunakan lotion dengan wewangian serupa, atau bahkan mendapatkan diffuser minyak di kamarnya, sehingga ia dapat tetap santai saat beraktifitas di rumah.

5. Melakukan meditasi bersama anak

5. Melakukan meditasi bersama anak
Pexels/Monstera

Satu lagi cara untuk mengatasi stres dengan cara yang sehat adalah meditasi.

Meditasi memungkinkan remaja untuk fokus pada diri sendiri tanpa harus khawatir tentang tekanan kehidupan sehari-hari. Yang harus Mama lakukan adalah meminta anak untuk berkonsentrasi pada tubuhnya dan dunia di sekitar.

Arahkan pikiran anak agar bebas dari semua kekhawatiran dan kecemasan, saat berada di zona meditasi. 

Jika Mama tidak yakin bagaimana mengarahkan anak dalam meditasi, ada banyak meditasi audio terpandu secara online yang akan membantu Mama dan anak memulai perjalanan meditasi.

Nah kini Mama telah mengetahui 5 tips mengatasi stres pada remaja dengan cara yang sehat. Mekanisme di atas dinilai merupakan cara yang sehat bagi para remaja untuk atasi stres.

Pastikan untuk mencobanya ketika remaja mulai mengalami tanda-tanda stres ya Ma! Walaupun memang tidak instan, tapi setidaknya ini dapat membantu anak melalui tekanan dan stres dari berbagai arah dalam hidup. 

Semoga berhasil ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk